Mohon tunggu...
Tsalitsa Masud
Tsalitsa Masud Mohon Tunggu... Lisa

Kalau tidak bisa melakukan semua, jangan tinggalkan semua, yang bisa kita lakukan Do it your best.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat

23 April 2020   20:40 Diperbarui: 23 April 2020   20:45 214 0 0 Mohon Tunggu...

Apasih definisi dari Masyarakat Madani  (Civil Society) itu?

Masyarakat Madani  (Civil Society) adalah suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Menurut Anwar Ibrahim (Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia), Masyarakat Madani adalah system sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Hal ini, masyarakan madani merupakan tiang utama dalam kehidupan politik berdemokratis, wajib bagi setiap masyarakat madani yang tidak hanya melindungi warga Negara dalam berhadapan dengan Negara. Namun, masyarakat madani juga dapat merumuskan dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

Konsep sejarah masyarakat madani (Civil Society) sendiri berasal dari peradaban masyarakat barat. Masyarakat madani (Civil Society) dicirikan dengan masyarakat terbuka, masayarakat yang bebas dari pengaruh kekuasaan dan tekanan negara, masyarakat kritis dan berpartisipasi aktif serta masyarakat egaliter. Masyarakat madani merupakan elemen yang sangat signifikan dalam membangun demokrasi.

Tujuan Masyarakat Madani adalah Berkembangnya modal manusia (human capital) dan modal sosial (social capital) yang kondusif bagi terbentuknya kemampuan melaksanakan tugas-tugas kehidupan dan terjalinya kepercayaan dan relasi sosial antarkelompok. Serta, Penyebutan karakteristik masyarakat madani juga dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa dalam merealisasikan wacana masyarakat madani diperlukan prasyarat-prasyrat yang menjadi nilai unversal dalam penegakan masyarakat madani. Seperti, Ruang Publik yang Bebas, Demokratisasi, Toleransi, Pluraniame ( sikap mengakui dan menerima kenyataan masyarakat )   , serta Keadilan Sosial.

Lalu apa peran elemen masyarakat dalam mewujudkan masyarakat madani?

Di Indonesia jumlah umat islam kurang lebih 85%, tetapi karena kualitas SDM-nya masih rendah juga belum mampu memberikan peran yang proporsional. Hukum positif yang berlaku di negeri ini bukan hukum islam. Karena, system sosial politik dan ekonomi juga belum dijiwai oleh nilai-nilai islam, bahkan tokoh-tokoh islam belum mencerminkan akhlak islam.

VIDEO PILIHAN