Mohon tunggu...
Safri Sebastian Sihombing
Safri Sebastian Sihombing Mohon Tunggu... Mahasiswa dan Penulis

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) Jurusan Manajemen "Penulis dan Peneliti Sosial-Ekonomi" "Pecinta Kebajikan" "Tidak ada yang dapat mengalahkan ketekunan sekalipun kekuatan dan kejeniusan"

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ibu Kota Harus Membawa Warna Baru bagi Indonesia

20 Agustus 2019   20:03 Diperbarui: 20 Agustus 2019   20:30 84 0 0 Mohon Tunggu...
Ibu Kota Harus Membawa Warna Baru bagi Indonesia
Dok.good news from indonesia

Wacana dan keputusan pemerintah mengenai pemindahan ibu kota negara Indonesia nampaknya mulai semakin jelas dan terarah. Pilihan atau opsi tempat yang strategis untuk dijadikan sebagai ibu kota negara mulai memasuki garis finish. Namun, keputusan mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke daerah lain masih menimbulkan pro-kontra di kalangan publik. 

Pemerintah terus menggodok  dan mematangkan wacana untuk memindahkan ibu kota. Berdasarkan hasil rapat yang sudah beberapa kali dilakukan oleh pemerintah, yaitu kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) dengan kepala negara dan stakeholder terkait, bahwa presiden selaku kepala negara dan pengambil keputusan memutuskan ibu kota baru berada di luar pulau Jawa. Keputusan tersebut diambil dan ditetapkan dengan mempertimbangkan beberapa variabel yang ada.

Ibu kota negara merupakan sebuah kota tempat kedududukan pusat pemerintahan suatu negara dan tempat dihimpunnya unsur administratif sebuah negara. 

Berpindahnya ibu kota negara Indonesia diharapkan membawa perubahan yang positif terhadap segala aspek kehidupan khususnya pemerintahan di Indonesia. 

Sesungguhnya memulai untuk memindahkan ibu kota negara merupakan hal yang cukup sulit, akan tetapi berjalannya waktu justru pemindahan pusat negara akan memberikan multiflier effect bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. 

Masyarakat Indonesia berharap agar pemindahan ibu kota mempertimbangkan beberapa variabel yang memengaruhinya, bukan karena kepentingan golongan maupun oknum tersendiri. Sehingga ibu kota baru yang terpilih merupakan kota yang strategis dan tepat untuk menjadi wajah baru bagi bangsa kita.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari kira-kira 17.504 pulau yang tersebar di 34 provinsi dengan kearifan lokal, budaya, adat-istiadat yang beragam. 

Tersebarnya daerah di Indonesia menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa ini untuk mempertimbangkan dan menetapkan dimana ibu kota baru akan berdiri. Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi menjadi wilayah fokus utama pemerintah, karena daerah tersebut tepat di tengah-tengah persebaran pulau-pulau daerah Indonesia. 

Sepertinya daerah Indonesia akan berpindah dan berdiri di pulau Kalimantan tepatnya pada provinsi Kalimantan Tengah. Berdasarkan hasil kunjungan pemerintah bahwa Kalimantan khususnya provinsi Kalimantan Tengah adalah daerah yang strategis dan tepat untuk dijadikan pusat pemerintahan baru. 

Pemerintah menargetkan Kalimantan Tengah sebagai pusat pemerintahan dan administrasi sedangkan Jakarta akan menjadi pusat ekonomi atau bisnis. 

Besar harapan semua masyarakat dari berbagai golongan agar ibu kota baru yang kemungkinan besar berdiri di provinsi Kalimantan Tengah membawa warna baru bagi kemajuan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN