Mohon tunggu...
Money

Nyawa di Atas Meja Penukar Uang

12 Mei 2018   23:15 Diperbarui: 12 Mei 2018   23:49 694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

NYAWA DIATAS MEJA PENUKAR UANG

Bagi masyarakat yang hidup di negara-negara maju,mendengar kata bank sudah bukan merupakan hal yang asing bagi kita.Bank sudah merupakan tempat yang dijadikan untuk melakukan berbagai transaksi yang berhubungan dengan keuangan seperti tempat untuk mengamankan uang,pengiriman uang,melakukan pembayaran atau melakukan penagihan dan juga untuk melakukan investasi. Tetapi dalam negara-negara berkembang ,seperti Indonesia,pemahaman tentang bank ini baru sepotong-sepotong dan bahkan  terkadang sebagian masyarakat sama sekali belum memahami bank secara utuh. 

Karena sebagian masyarakat hanya memahami bank sebatas tempat meminjam dan menyimpan uang saja. Jadi pengenalan dunia perbankan secara utuh dimasyarakat sangatlah minim,sehingga tidak mengherankan keruntuhan dunia perbankan di tanah air dalam memahami dunia perbankan yang sering diartikan secara keliru dan belumlah optimal terutama melalui ilmu pemasaran.Meningkatnya arus peredaran uang di dalam negeri menjadikan sektor yang paling strategis dalam perdagangan dan pembangunan. Bank sangat terkait dengan penyediaan modal bagi usaha atau perdagangan,sehingga roda perekonomian dapat terus berputar.Disinilah peranan perbankan nasional khususnya dalam intervensi pemodalan kepada pelaku-pelaku usaha yang mengutamakan pemberdayaan masyarakat.

Dan dalam kehidupan pribadi pasti berhubungan erat dengan kehidupan sosial,namun ada kalanya bertentanagan.Sebagai bankir kita  jangan menciptakan pertentangan antara kehidupan pribadi dan etika sosial.Menurut etika perbankan,setiap uang milik bank tidak boleh diambil atau ditarik oleh setiap pejabat bank untuk dimiliki secara pribadi.

Hal ini bertentangan dengan etika perbankan.Karena pejabat bank tersebut sadar akan etika perbankan yang melarang mengambil uang bank untuk kepentingan pribadinya,maka pejabat bank tersebut wajib untuk mengembalikan uang bank.Kesadaran ini  kita sebut dengan kesadaran moral.Ajaran islam melarang mengambil uang dan barang milik orang lain untuk kepentingan diri sendiri.

Secara sederhana bank  diartikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatan usahanya adalah mengimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan  kembali dana itu kemasyarakat serta memberikan jasa-jasa bank lainnnya. Sedangkan yang dimaksud sebagai lembaga keuangan disini yaitu setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan dimana kegiatannya apakah hanya menghimpun dana atau kedua-duanya.

Selain itu bank juga merupakan lembaga keuangan antara masyarakat yang kelebihan dana dengan masyarakat yang kekurangan dana.Dana yang disimpan di bank aman karena terhindar dari kehilangan dan kerusakan.Tetapi penyimpanan di bank ini  disamping aman juga menghasilkan bunga dari uang yang disimpannya oleh bank dana simpanan masyarakat ini disalurkan kembali kepada masyarakat yang kurang dana.

Perbankan mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang kegiatan dunia usaha. Khususnya bagi perusahaan maupun individu yang membutuhkan modal dalam rangka megembangkan usaha,bagi perusahaan kecil maupun usaha kecil  mempunyai salah satu kelemahan dalam  melakukam pencatatan dan lemah juga dalam menejemen.

Kelemahan ini dapat  membawa dampak terhadap penggunaaan dan perusahaan yang tidak terkendali.Untuk menghindari pemborosan penggunaan dapat memanfaatkan bank sebagai tempat menyimpan uang.Dalam hal itu penggunaan dana perbankan sebagian besar disalurkan untuk kredit dengan pemberian kredit tersebut bank akan mendapakan keuntungan berupa bunga,dana yang dihimpun oleh bank sebagian besar disalurkan kepada masyarakat berupa kredit.

Tetapi untuk saling memberikan keuntungan kedua belah pihak,pihak bank dapat membantu untuk melakukan pembinaan dalam melakukan pencatatan yang baik sehingga penggunaan dana dapat terkontrol  dan membawa dampak usaha kecil tersebut dapat membuat rencana untuk melakukan pengembangan usahanya.Rencana yang telah disusun  dan dijalankan perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian secara terus-menerus agar tidak menyimpang dari yang sudah direncanakan.Dalam hal ini pemasaran bank diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah serta juga akan memberikan kepuasan kepada para nasabahnya.

Dimana kemajuan suatu bank disuatu negara dapat dijadikan ukuran kemajuan negara yang bersangkutan.Semakin maju suatu negara,maka akan semakin besar peranan perbankan dalam mengendalikan negara itu dan keberadaan dunia perbankan pun semakin dibutuhkan pemerintah dan masyarakat. (Kasmir,SE.,MM:2004)Bagi suatu negara bank dapat dikatakan sebagai Darahnya Perekonomian Suatu Negara.Bank dapat dikatakan sebagai lembaga keuangan,karena bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kemasyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lain dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun