Mohon tunggu...
0816 Yulia Alda
0816 Yulia Alda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Martiana

semangat terus.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Lunturnya Kebudayaan di Indonesia karena Pengaruh Era Modern

8 Desember 2021   18:45 Diperbarui: 8 Desember 2021   18:54 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebudayaan adalah satu warisan dari leluhur atau nenek moyang yang tidak ternilai harganya. Indonesia merupakan negara maritim yang di kelilingi banyak pulau bahasa dan kebudayaan yang sangat beragam. Keberagaman kebudayaan Indonesia menjadi daya tarik untuk negara lain mempelajari selain beragam budaya Indonesia dikenal juga sangat unik dan menarik dan manjadi daya tarik wisatawan yang melihatnya. 

Namun untuk saat ini kebudayaan Indonesia luntur karena ada pengaruh perkembangan teknologi yang telah membuat budaya Indonesia di lupakan oleh generasi muda sekarang. Kehadiran teknologi juga membuat generasi muda itu mengubah dengan cepat misalnya pada masyarakat yang harus saling berinteraksi dan membutuhkan satu sama lain. Masalah budaya ini juga sering ditiru terutama untuk generasi zaman sekarang. Para pemuda juga sekarang lebih mementingkan budaya luar daripada budaya kita sendiri. 

 Jika dibandingkan dengan teknologi atau permainan modern sangat jauh sekali untuk membuat anak agar tidak malas belajar mereka juga dalam hal memainkan mainan modern daripada mementingkan dari sendiri dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Jika dibandingkan dengan remaja jaman dahulu dengan generasi saat ini sangat jauh berbeda sekali dengan teknologi sangat jarang sekali yang punya. 

Untungnya budaya tradisional juga dikarenakan perkembangan teknologi semakin canggih permainan modern juga lebih menarik asik dikalangan remaja.  Sebagai generasi penerus bangsa seharusnya bisa menetapkan budaya tradisional agar tidak bisa dijajah dan dicuri lagi oleh negara lain. 

Maka setelah adanya kesadaran ini kita juga semestinya harus berusaha menerapkan itu dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Teknologi saat ini sudah canggih kita juga bisa melestarikan dengan teknologi agar bisa bermanfaat bagi negara kita. 

Maka dari itu melestarikan kebudayaan Indonesia bisa dengan cara hal ini tersebut karena Indonesia merupakan negara kepulauan, daerah bahasa serta kebudayaan yang layak untuk di lihat oleh dunia internasional. Diharapkan juga kita sebagai generasi muda harus lebih pintar agar tidak dibodohi lagi oleh kecanggihan teknologi saat ini dan harus menyamaratakan teknologi dan budaya agar terlihat lebih balance.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan