Kenyamanan Adalah Metode Terbaik Pengobatan
Menjadi seorang tenaga kesehatan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dijalankan. Contoh kecilnya adalah setiap tenaga kesehatan rela untuk mengorbankan waktu, tenaga, dan keluarganya untuk mencapai tujuanya yaitu, merawat dan melihat pasien hingga sehat Kembali. Sebagai tenaga kesehatan harus bisa berinteraksi, memahami sifat, kebiasaan dan tingkah laku pasien untuk menciptakan hubungan kemanusiaan dengan didasari rasa nyaman.
Mengapa tenaga kesehatan harus menciptakan hubungan kemanusiaan dengan dilandasi rasa nyaman ? dan bagaimana cara membentuk rasa nyaman antara tenaga kesehatan dengan pasien ?Â
Pasien merupakan orang yang sakit bisa sakit fisiknya ataupun sakit psikologisnya, Ketika tenaga kesehatan merawat pasien dengan didasari rasa nyaman itu akan memaksimalkan kesenangan dan meminimalisir penderitaan pasien yang dialami karena sakit sehingga pasien bisa memotivasi dirinya untuk cepat sembuh dari sakit yang dialaminya.
Kenyamanan adalah sebuah perasaan yang hampir semua individu bisa merasakan dan menjadi kebutuhan dasar di setiap individu yang bisa diciptakan oleh diri sendiri ataupun diciptakan oleh orang lain yang berada disekitar individu tersebut.
Hal dasar yang dapat dilakukan tenaga kesehatan untuk menciptakan rasa nyaman dengan pasien adalah melakukan SOLER saat berinteraksi dengan pasien.
- S (Face Your Client Squarely)Â
- Dalam artian nakes saat berkomunikasi atau sedang melayani pasien menghadap kea arah klien dan memberikan senyum kepada pasien
- O (Open and Non Judgemental Facial Expresion)
- Saat nakes sedang menangani atau melayani pasien perlihatkan ekspresi wajah yang menunjukan keterbukaan dan menerima pasien tersebut.
- L (Lean Towards Client)
- Gestur tubuh juga sangat diperhatikan saat berkomunikasi atau sedang melayani pasien, denga gestur tubuh yang agak condong kea rah pasien, pasien bisa menganggap bahwa kita peduli kepada pasien.
- E (Eye Contact)Â
- dengan eye contact nakes bisa membangun interaksi dan menimbulkan rasa nyaman kepada pasien saat berkomunikasi dan melayani pasien.
- R (Relaxed and Friendly Manner)
- Sikap ramah dan santai saat menerima pasien bisa membuat pasien lebih merasa nyaman dan membuat pasien merasa nyaman menceritakan keluhanya.
Memberikan pelayanan yang nyaman kepada pasien sudah menjadi tanggung jawab para tenaga kesehatan selama bertugas di fasilitas kesehatan agar pasien bisa sehat Kembali, bisa melihat pasien sehat Kembali merupakan sebuah kebahagian tersendiri bagi tenaga kesehatan.