Mohon tunggu...
Dzuria Hilma Qurotu
Dzuria Hilma Qurotu Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Statistika Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Waspada Cuaca Ekstrem! Berikut Tips Agar Tubuh Selalu Fit

8 Oktober 2022   01:14 Diperbarui: 8 Oktober 2022   01:26 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Waspada Cuaca Ekstrem!

Saat ini Indonesia mulai masuk di musim penghujan yang sebenarnya sudah diperkirakan masuk pada Bulan September kemarin secara tidak serempak, namun hujan mulai mengguyur sebagian besar wilayah-wilayah di Indonesia mulai sekitar 3 hari yang lalu. Berdasarkan wawancara yang dilakukan Program iNews Siang kepada kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D pada Jumat, 7 Oktober 2022 saat ini Indonesia tengah mengalami transisi musim kemarau ke musim penghujan yang sering ditandai dengan cuaca ekstrem seperti petir, angin kencang dan puting beliung. Curah hujan juga tidak merata di beberapa wilayah di Indonesia, ada yang memiliki intensitas tinggi hingga berpotensi banjir. Namun, ada beberapa wilayah yang masih memiliki intensitas air hujan rendah. Nah, karena kondisi cuaca yang kurang menentu, kita perlu lebih intensif memperhatikan kondisi kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang pada cuaca ekstrem seperti ini. Berikut tips mudah menjaga stamina tubuh agar tetap fit menjalankan kegiatan sehari-hari :

1. Rajin berolahraga dan banyak minum air putih

Olahraga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Dengan cuaca tak menentu dan kesibukan keseharian yang selalu padat membuat mereka tak sempat untuk berolahraga. Padahal hal tersebut dapat memicu terserang berbagai macam penyakit. Ketika cuaca tidak menentu, olahraga dapat dilakukan di dalam ruangan, misalkan push up, naik turun tangga atau yoga. Berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh lebih fresh. Selain berolahraga, tubuh juga memerlukan konsumsi cairan yang lebih agar terhindar dari dehidrasi dan meluruhkan berbagai racun di dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan sehat dan bersih

Di musim penghujan akan banyak tempat-tempat yang tergenang oleh air hujan dan mengakibatkan lingkungan menjadi kotor. Makan makanan yang bersih dan sehat sangat berpengaruh terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri di dalam makanan yang kotor misalnya diare, mual dan muntah. Oleh karena itu, perlu lebih diperhatikan bagaimana menjaga makanan agar tetap bersih dan sehat serta terhindar dari berbagai kuman penyakit misalkan dengan tidak membiarkan makanan selalu terbuka dan meletakkan makanan di tempat lebih tinggi agar terhindar dari percikan air hujan dan debu.

3. Membersihkan lingkungan dan tidak membiarkan adanya genangan air

Genangan air pasti akan banyak muncul di musim penghujan, dan genangan air yang dibiarkan terlalu lama dapat dijadikan sebagai tempat berkembang biak nyamuk yang nantinya mungkin membahayakan kesehatan keluarga. Nyamuk sangat suka dengan tempat-tempat gelap dan lembab dan akan berkembang biak di air yang tenang. Oleh karena itu, perlu pengecekan secara berkala pada tempat-tempat yang memungkinkan sebagai sarang dan tempat berkembang biak nyamuk diantaranya dengan rutin membersihkan bak mandi dan tidak membiarkan ada wadah terbuka yang dapat menampung air hujan.

4. Segera mandi dan keramas setelah terkena air hujan

Air hujan mengandung gas atau senyawa asam. Oleh karena itu, jika terkena air hujan lebih baik segera untuk mandi dan keramas agar bersih dari senyawa asam yang terkandung dalam air hujan tersebut. Selain itu, terkena air hujan juga mengakibatkan perubahan suhu yang ekstrem pada tubuh sehingga mengakibatkan efek demam atau flu. Mandi dan keramas dapat membuat suhu tubuh kembali stabil. Dianjurkan juga menggunakan air hangat agar tubuh terasa lebih fresh dan menghindari tubuh merasa kedinginan.

Itulah beberapa cara agar dapat menjaga stamina tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit di masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan seperti ini yang menimbulkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia. Menjaga kesehatan tubuh sangat penting karena tubuh juga perlu perhatian lebih di tengah cuaca tidak menentu dan kegiatan manusia yang super padat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan