Mohon tunggu...
Alan Dillon
Alan Dillon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang remaja yang memiliki impian besar dalam dunia bisnis. Kesadarannya pada kebugaran dan kesehatan membuatnya hobi olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tidak Perlu ke Gym! Saatnya Membentuk Tubuh di Rumah dengan Kalistenik

9 Juni 2024   09:43 Diperbarui: 9 Juni 2024   09:54 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kevin Lo (Instagram/@kevindlo)

Memiliki tubuh atletis sering kali diasosiasikan dengan keanggotaan gym yang mahal dan peralatan fitness yang canggih. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa mencapai tubuh idaman tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun? Ya, dengan memanfaatkan berat badan sendiri atau biasa disebut dengan kalistenik. Olahraga ini mengandalkan berat badan tubuh sendiri untuk melatih kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran secara keseluruhan. Dengan kalistenik, Anda dapat berolahraga di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu peralatan mahal.

Apa itu Kalistenik?

Kalistenik berasal dari kata Yunani "kalos" yang berarti "indah" dan "sthenos" yang berarti "kekuatan". Kalistenik adalah bentuk latihan fisik yang menggunakan berat badan sebagai resistensi untuk melatih otot, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran kardiovaskular. 

Bentuk latihan ini mencakup berbagai gerakan dasar seperti push up, pull up, squat, dan plank, serta variasi yang lebih kompleks seperti handstand push up dan muscle up. Berbeda dengan latihan beban yang membutuhkan alat seperti dumbbell atau barbell, kalistenik hanya memerlukan sedikit ruang dan bisa dilakukan di mana saja.

Manfaat Kalistenik

1. Efektivitas Biaya dan Akses yang Mudah

Latihan kalistenik tidak memerlukan peralatan khusus atau keanggotaan gym, sehingga sangat ekonomis. Anda bisa melakukannya di rumah, taman, atau dimana pun pada ruang yang cukup. Hal ini membuat kalistenik lebih efektif dan efisien.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Ketahanan Otot

Studi menunjukkan bahwa latihan kalistenik secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, latihan kalistenik seperti push up dan pull up efektif dalam meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun