Mohon tunggu...
030 Arviana Dwi listyowati
030 Arviana Dwi listyowati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Keep going

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Edukasi Diabetes Melitus dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Diselenggarakan oleh Mahasiswa PMM UMM di Kelurahan Jodipan

20 September 2022   00:40 Diperbarui: 21 September 2022   18:41 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kelompok 97 gelombang 6 PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dibawah bimbingan Bapak Bustanol Arifin, Spd.,Mpd. Selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) melakukan edukasi terkait diabetes melitus dan pemeriksaan kesehatan gratis di kelurahan jodipan.

Menurut WHO, Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit metabolik kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi insulin atau tidak adanya insulin.
Diabetes Melitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Menurut International Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2021 Indonesia menempati urutan kelima negara penderita diabetes sedunia dengan jumlah 19,5 juta jiwa. Hal ini menimbulkan rasa keinginan mahasiswa PMM UMM kelompok 97 gelombang 6 untuk berkontribusi dalam mencegah kejadian diabetes melitus.

Pemaparan materi terkait diabetes melitus (Dokpri)
Pemaparan materi terkait diabetes melitus (Dokpri)

Langkah yang ditempuh untuk mewujudakannya yaitu dengan pemaparan materi tentang pengertian diabetes melitus, bagaimana diabetes melitus dapat terjadi, tanda-tanda, sebaran kasus, komplikasi, cara mencegah dan cara mengatasi diabetes melitus. Selain pemaparan materi, dilakukan pula pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan gula darah, lingkar perut, tinggi badan, dan berat badan sebagai langkah preventif pencegahan diabetes melitus.

Pemeriksaan kesehatan (Dokpri)
Pemeriksaan kesehatan (Dokpri)

Seluruh rangkaian kegiatan disambut antusias oleh 50 warga jodipan yang hadir . Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah bagi para penjawab kuis dan pembagian konsumsi pada seluruh peserta. Tak luput ucapan terimakasih pada pihak Kelurahan Jodipan atas dukungannya sehingga kegiatan bisa berlangsung dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan