Mohon tunggu...
Raihan Tri Atmojo
Raihan Tri Atmojo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, UNS. Saat ini sedang senang terhadap dunia blog dan mencoba menambah wawasan dengan berbagai macam bacaan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menyoal tentang Video "DPR - Musikal" yang Sedang Tren Itu

5 Mei 2021   21:57 Diperbarui: 5 Mei 2021   22:02 955
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Viral. Sumber ilustrasi: PIXABAY/ktphotography

Sebagai pembuka, aku cuma mau menyampaikan bahwa yang aku tulis disini adalah opini, dan ini kan memang media warga hehe. Sebelum saya berliku-liku dalam mengetik pendapat saya soal video yang berjudul 'DPR -- Musikal' yang sedang trend itu, saya, seorang mahasiswa tingkat awal akan memberikan pandangan terhadap si empunya channel video tersebut.

Yap, siapa lagi kalau bukan SkinnyIndonesia24. Kita semua tahu, channel tersebut merupakan channel yang sudah cukup senior di dunia per-Youtube-an Indonesia. Setiap video yang di upload oleh SkinnyIndonesia24 selalu trending (setahu saya), dan saya pun ikut menontonnya hehe. Dan setiap saya menonton video mereka, yang jelas tombol like saya tekan ya, jelas itu. Dan jujur, menurut saya semua video yang dikeluarkan mereka itu selalu berbobot, menyentil, dan tidak hanya menghibur tapi juga mengajak yang menonton untuk mikir. Video-video yang mereka buat sering membuatku berpikir "Oh iya, bener juga ya..." Mungkin yang lain juga merasakan hal yang demikian.

Lanjut, sekarang saya akan menuliskan 'sedikit' tanggapan saya tentang video 'DPR -- Musikal' Jadi gini, menurut saya video itu sangat bagus. Berbeda dari video-video yang sedang naik daun belakangan. Saya rasa persiapan untuk video itu pasti tidak main-main, bisa dilihat jelas dari hasil videonya. Semua orang disitu memerankan perannya dengan baik, baik kak Jovi, kak Andovi, penari latarnya, yang dekornya, dan lain sebagainya. Kalau modal, wah bisa dibilang ini video mah dah modal banget, ngundang orang pasti perlu duit, belum lagi beli perlengkapan segala macem pasti juga butuh biaya.

Pokoknya kalau masalah niat dan modal, juara deh video ini. Isi yang ditampilkan dari video juga tetap ngena, meskipun sebenarnya orang Indonesia jarang memikirkan isu tersebut. Misal, di dalam video tersebut kan ada scene dimana Mawar memaparkan draf RUU F.A.K atau Rancangan Undang-Undang Flora, Agrikultural, dan Kecantikan, eh maksudnya Kehutanan. Ssebenarnya isu kehutanan, baik di DPR ataupun di Masyarakat, itu tu isu lama. Dan sebenarnya, sebagian besar Masyarakat Indonesia ingat tentang isu lingkungan kalau ada kebakaran hutan, atau ada bencana alam lainnya. Ada juga sih yang memang fokus untuk terus memperhatikan isu lingkungan, tapi itu hanya sebagian saja. Dan biasanya yang seperti itu kebanyakan para akademisi.

Namun, meski begitu, SkinnyIndonesia24 bisa mengemas isu yang 'musiman' itu menjadi lebih menarik.Sehingga penontonnya tidak bosan, meski yang diangkat isu lama. Namun, bukan itu yang ingin disampaikan SkinnyIndonesia24 kepada penonton, tapi gambaran bagaimana orang-orang di dalam DPR. Selama ini yang kita tahu tentang DPR mungkin hanya rapat, tidur, dan ketika mengesahkan UU bikin heboh. Nah video ini menjelaskan apa yang terjadi saat rapat para anggota dewan tersebut. Tentu dengan video tersebut kita merasa 'terwakilkan' kan?

Namun, kita semua juga perlu berpikir bahwa yang ada dalam video tersebut tidak seratus persen menggambarkan apa yang ada di dalam DPR. Bukan berarti saya tidak menyukai video tersebut dan bukan berarti aku mendukung penuh kinerja DPR selama ini. Lha wong saya saja jarang melhat dengan mata kepala saya sendiri ketika para anggota dewan bekerja.

Maka dari itu, saya lebih memilih untuk menganggap bahwa video ini bisa menjadi bahan pelajaran bagi DPR, dan juga bagi rakyat yang mau jadi DPR hehe. Namun, yang merasa terwakilkan dengan video ini, monggo saja. Karena sosok mawar itu bisa temukan dimana-mana. Di DPR pasti ada sosok Mawar itu, sosok Pak Novan dan Pak Januari pasti juga ada. Di kantor-kantor pemerintah daerah, perusahaan-perusaan elit, dan lain sebagainya pasti juga ada. Namun, dengan adanya video ini terus menganggap bahwa kebanyakan anggota DPR akan begitu terus kedepannya, pasti ada masa dimana sosok mawar mendominasi di gedung senayan yang sesungguhnya. Kalaupun besok impian itu tak pernah terwujud, setidaknya kita pernah bermimpi tentang hal tersebut daripada tidak sama sekali

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun