Mohon tunggu...
Bayu Wibisana
Bayu Wibisana Mohon Tunggu... Tentara - kompasiana memang KREN

Tinggal di Kota Berastagi Kab. Karo sekitar -/+ 65 KM dari Kota Medan

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Dandim 0205/TK Letkol INF Benny Angga bersama Forkopimda Kabupaten Karo Resmikan Kampung Pancasila

18 Maret 2022   19:02 Diperbarui: 18 Maret 2022   19:46 702 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

TANAH KARO. Jumat 18/03/2022. Bertempat di Jambur/Balai Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo-Sumut dilaksanakan kegiatan acara Peresmian Kampung Pancasila di Kab. Karo  wilayah Kodim 0205/TK, kegiatanpun dihadiri oleh Bupati Karo Ibu Cory S. Sebayang; Wakil Bupati Bpaka Theopilus Ginting; Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro; Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar,SH.SIK; Mewakili Kajari Kab. Karo Kejaksaan Bapak Reza Nasution,SH; Kasdim 0205/TK Mayor Inf Muchtar; Para Danramil Jajaran Kodim 0205/TK; Para Perwira Staf Kodim 0205/TK; Ketua Persit KCK Cab XLI Kodim 0205/TK Ny. Laila Benny Angga beserrta anggota; Kadis PMD Kab. Karo Bapak Abel Tarigan; Kakesbgpol Pemda Kab. Karo Bapak Tetap Ginting; Camat Berastagi Bapak D.C. Sembiring; Danramil 03/Berastagi Lettu Arm Sudirman Sinulingga; Kades Gurusinga Bapak Sutra Gurusinga; Kapolsek Berastagi Kompol L. Marpaung; Tokoh Adat Desa Gurusinga Bapak Rahmat Gurusinga; Tokoh agama Desa Gurusinga Ust. Agus Salim Nasution dan Karang Taruna Desa Gurusinga, serta hadir juga Pembina Pramuka Sakawira Kartika Kodim 0205/TK Ibu Farida A.S. Pelawi beserta anggota, serta Guru dan Murid SDN Gurusinga.  

dokpri
dokpri

Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Benny Angga dalam kegiatan Peresmian Kampung Pancasila memberikan sambutan yaitu bahwa Pancasila Merupakan sistem nilai yang digali dari Nilai-nilai Luhur Bangsa Indonesia,  dimana Nilai-nilai tersebut telah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka,  bahkan pada masa Kerajaan, telah berkembang Nilai-nilai Dasar yang merupakan karakter masyarakat Indonesia. Indonesia Adalah Bangsa yang besar dengan segala Kebhineka-annya Keaneka Ragaman Suku,Budaya, Bahasa dan Ras, namun akhir akhir ini dalam kehidupan kemasyarakatan mulai resah khawatir dengan adanya krisis keteladanan dalam mengimplementasi Nilai-nilai Luhur Pancasila, sebagai Landasan Ideologi dalam Berbangsa dan Bernegara, yaitu dengan timbulnya berbagai gejala dan bibit disintegrasi Bangsa , Praktek dan Perilaku dalam bermasyarakat. Cobaan dan tantangan arus Globalisasi yang dapat menimbulkan perpecahan, Seperti adanya Berita Hoax, Aksi Terorisme dan Radikalisme yang berkembang saat ini. Dengan demikian Pancasila Merupakan Cita-cita Moral Bangsa yang memberikan pedoman dan kekuatan Rohaniah bagi tingkah laku hidup sehari hari dalam menjalankan kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, sesungguhnya apabila Pancasila dipahami , dihayati dan diamalkan secara jujur dan benar serta konsekuen oleh setiap anggota Masyarakat.

dokpri
dokpri

Pancasila dapat menjadi perekat dan mengarahkan kekuatan kemajemukan Bangsa, untuk mencapai tujuannya yang Besar dan Mulia, yaitu tegaknya Kedaulatan Negara untuk kepentingan seluruh Bangsa Indonesia,  Pancasila tidak saja mengandung Nilai Budaya Bangsa, tetapi juga menjadi Sumber Hukum Dasar, sehingga Bangsa ini tidak kehilangan norma moral sebagai penuntun dan pegangan dalam melaksanakan gerakan Reformasi dan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda Bangsa dan Negara untuk menggapai masa depan yang dicita-citakan. Pemasyarakatan adalah sarana dalam mensosialisasikan warga Masyarakay tentang Nilai-nilai yang perlu diketahui, sebagai warga Negara diharapkan faham akan Hak dan kewajibannya patuh melaksanakan segala ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang didasarkan atas kesadaran. Diharapkan pembudayaan Nilai-nilai Pancasila dapat meningkatkan kesadaran Nasional dan Ketahanan Nasional sebagai penangkal Degradasi Wawasan Nasional yang kita rasakan dalam perkembangan zaman sekarang ini.

dokpri
dokpri

Demikian juga di wilayah kita Kabupaten Karo, Kerukunan hidup masyarakat yang Beraneka Ragam Suku, Etnis, Agama, Ras dan Antar Golongan/Budaya juga harus tetap terpelihara. Dengan momentum di bentuknya Kampung Pancasila Desa Gurusinga Kecamatan Berastagi ini adalah untuk memelihara dan mengembalikan semangat Nilai-nilai Luhur Pancasila agar tumbuh dan berkembang sehingga dapat menjaga rasa Persatuan dan Kesatuan dengan baik, dapat membendung pengaruh, tantangan, dan ancaman globalisasi demi penyelamatan masa depan Bangsa. Dengan Peresmian Kampung Pancasila ini dapat memperkokoh karakter dan jati diri serta membangun individu yang mampu mengendalikan diri dari pengaruh era globalisasi, dan peresmian Kampung Pancasila ini dapat memberikan semangat Pancasila khususnya bagi generasi penerus Bangsa serta dapat memberikan manfaat yang luas bagi Kabupaten Tanah Karo simalem ini.

dokpri
dokpri

Bupati Karo Ibu Corry S. Sebayang juga memberikan sambutan yaitu bahwa Pancasila adalah idiologi Negara , Dasar Negara yg menjadi konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah Pandangan hidup untuk menjaga dinamika kerukunan antar umat beragama,dimana Indonesia terdiri dari berbagai suku,Ras dan agama dalam wadah NKRI yang ber Bhineka Tunggal Ika. Agar Pancasila menjadi Pembelajaran,Pemahaman dan pengamalan dalam kehidupan sehari hari terutama bagi generasi muda, serta agar masyarakat Tanah Karo Menjunjung toleransi,saling menghormati, kerja sama antar umat bergama sehingga tercipta kerukunan yang hakiki mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan yang ada secara Humanis dan diharapkan segala persoalan tidak sampai ke Pengadilan.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan