Mohon tunggu...
Akbar Pangestu Sapurba
Akbar Pangestu Sapurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Handal

Streamer at Facebook Gaming

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengertian dan Kegunaan Analisis Jabatan

7 Desember 2021   02:58 Diperbarui: 7 Desember 2021   19:16 1337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Jumpa lagi bersama saya Akbar Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara khusus tentang analisis jabatan. 

Jabatan merupakan fondasi dasar merupakan pijakan dasar terhadap segala macam aktivitas yang berkaitan dengan manajemen kepegawaian atau manajemen aparatur sipil negara sebagai sebuah Dasar.

Sebagai sebuah pedoman maka analisis jabatan ini harus diutamakan terlebih dahulu sebelum proses-proses lainnya. Sebab ketika dalam melakukan sebuah perencanaan pegawai maka ia menjadi pijakan yang paling utama adalah analisis jabatan.

Selain itu analisis jabatan ini juga digunakan melakukan restrukturisasi jabatan atau inisiatif perbaikan kualitas sebuah jabatan atau juga design jabatan pengembangan kualitas karir pemilihan terhadap sebuah Prestasi Kerja dan juga evaluasi terhadap kinerja seseorang. 

Segala yang berkaitan dengan kepegawaian atau kinerja seorang pegawai pedoman dasarnya adalah job analysis atau analisis terkait dengan analisis jabatan ini. 

Mari kita lihat bersama pengertian tentang analisis jabatan analisis jabatan terdiri dari dua kata yaitu analisis elastisitas berpikir untuk menjagakan pokok persoalan menjadi bagian unsur serta kemungkinan keterkaitan fungsi.  

Jabatan adalah sekumpulan tugas dan tanggung jawab yang akan atau sedang dan telah dikerjakan oleh pegawai dalam kurun waktu tertentu. Nah dari dua kata tadi maka sastrohadiwiryo mencoba mendefinisikan berdasarkan pengertian dan dua kata tadi maka analisis jabatan adalah suatu aktivitas untuk mengkaji mempelajari mengumpulkan mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu jabatan secara sistematis dan sistemik.

Hal ini tidak berbeda jauh dengan pendapat beberapa ahli pakar dikatakan bahwa Anjab analis jabatan adalah suatu proses pelajari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan operasi dan tanggungjawab suatu pekerjaan. Ada juga mengatakan bahwa suatu proses yang sistematik untuk mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan yang meliputi tugas-tugas pekerjaan pekerjaan tanggung jawab. Kewenangan dan kondisi kerja dan mengenai sel syarat kualifikasi yang dibutuhkan seperti pendidikan keahlian kemampuan pengalaman kerja dan lain-lain agar seseorang dapat menjalankan tugas dalam suatu jabatan dengan baik. 

Begitupun juga dari yang lain bahwa analisis jabatan atau usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan tersebut.

Nah dari beberapa pengertian oleh para ahli tadi maka kita pada sebuah kesimpulan bahwa azab job analysis ini dapat kita Artikan sebagai sebuah upaya untuk mempelajari dan menganalisis sebuah jabatan berdasarkan ruang lingkup dengan demikian dalam analisis jabatan kita dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi serta ruang lingkup ruang lingkup dan kapasitas kapasitas yang dimiliki oleh jabatan tersebut.

Nah teman-teman Mari kita lihat Apa saja kegunaan dari tancap ukuran yang pertama untuk pengadaan tenaga kerja tenaga kerja sini kita sebut dalam konteks pemerintahan tersebut sebagai aparatur sipil negara atau asn Jabatan itu merupakan standar personalia yang digunakan sebagai pembanding para calon tenaga kerja. 

Dalam analisis jabatan terdapat spesifikasi. Syarat spesifikasi jabatan inilah yang menjadi dasar untuk pembentukan prosedur perekrutan para pegawai-pegawai atau para calon tenaga kerja itu kemudian kegunaannya untuk pelatihan job description yang terkandung didalam sebuah analisis jabatan akan menjadi dasar atau pedoman bahkan bisa menjadi sebuah materi dalam memberikan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan sebuah kinerja.

Jadi ketiga teman-teman diutus untuk mengembangkan sumber daya manusia seperti bimtek pelatihan jadwal ataupun pendidikan pendidikan yang berkaitan dengan jabatan-jabatan tertentu. 

Maka job description yang ada di dalam analisis jabatan dapat digunakan sebagai materi atau bahan dalam sebuah ia ketiga untuk informasi. Jarang sebuah penilaian kinerja standar yang digunakan untuk menilai kinerja adalah  jabatan berdasarkan tugas pokok dan fungsi dan tugas pokok dan fungsi dari akan kita ketahui dalam sebuah analisis jabatan.

Oleh karena itu Uraian jabatan yang terkandung akan bermanfaat sebagai sebuah pedoman dalam menilai sebuah kinerja. Apakah pekerjaan seorang tadi menempati jabatan tertentu Apakah sesuai dengan tupoksi yang diuraikan dalam fase Jabatan itu tidak apabila tidak sesuai maka itu menjadi informasi terhadap jabatan dan individu yang menempati jabatan. 

Keempat kegunaannya keempat adalah untuk penilaian prestasi di dalam sebuah analisis jabatan juga tercover beberapa target target capaian yang harus dilakukan oleh individu-individu yang menempati Jabatan itu maka karena target capaian yang ada di dalam sebuah analisis jabatan bisa menjadi ukuran untuk menilai sebuah prestasi kinerja terhadap individu-individu yang menempati jabatan. Yang berikut untuk promosi dan transfer pegawai informasi dan data pegawai ada dialami jabatan akan berguna sebagai dasar program dalam memutusi seorang pegawai atau juga dalam memproduksi seorang jadi data-data dan sumber informasi yang terkandung di dalam analisis jabatan akan menjadikan terprogram dalam mengatasi seorang pegawai ataupun dalam mempromosikan untuk organisasi tersebut.

Data dan informasi yang berkaitan dengan jabatan itu pun dapat berguna bagi organisasi karena dengan data dan informasi tersebut dapat membantu organisasi untuk mencari tahu sejauh mana tujuan tujuan yang hendak dicapai organisasi tersebut.

Apabila tujuan Maka hal itu menjadi evaluasi terhadap ini adalah teguran yang mereguk adalah untuk induksi ketika sebuah organisasi publik mereka pegawai baru. Maka informasi jabatan Uraian jabatan yang ada di dalam analisis jabatan akan sangat bermanfaat bagi para pegawai atau karyawan. Sebab tentu pegawai akan mencari tahu Apa tugas pokok dan fungsi apa Uraian jabatan yang hendak ia lakukan di dalam jabatan tersebut. Apa tugas pokoknya Apa fungsi menjadi sangat penting karena itu berguna untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi dari jabatan yang dipertanyakan itu.

Kegunaannya yang terakhir adalah untuk lagi-lagi informasi jabatan juga sangat berguna dalam taraf konsultasi baik antara pihak atasan yang baru atau pegawai baru maupun pegawaian lah ketika seorang pegawai merasa ragu-ragu dan tugas pokok dan fungsinya maka dia akan melakukan konsultasi dengan atasannya.

Nah ketika rasanya memberikan pencerahan terkait dengan tugas pokok dan fungsinya maka Uraian jabatan yang terkandung di dalam analisis jabatan tadi menjadi dasar menjadi pedoman untuk sebuah konsultasi penjelasan saya tadi

Tentang pengertian pengertian analisis jabatan dan juga kegunaan-kegunaan analisis jabatan. Oke sampai jumpa di lain waktu lagi teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun