Mohon tunggu...
Akbar Pangestu Sapurba
Akbar Pangestu Sapurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Handal

Streamer at Facebook Gaming

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengertian dan Kegunaan Analisis Jabatan

7 Desember 2021   02:58 Diperbarui: 7 Desember 2021   19:16 173 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Halo Jumpa lagi bersama saya Akbar Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara khusus tentang analisis jabatan

Jabatan merupakan fondasi dasar merupakan pijakan dasar terhadap segala macam aktivitas yang berkaitan dengan manajemen kepegawaian atau manajemen aparatur sipil negara sebagai sebuah Dasar.

Sebagai sebuah pedoman maka analisis jabatan ini harus diutamakan terlebih dahulu sebelum proses-proses lainnya. Sebab ketika dalam melakukan sebuah perencanaan pegawai maka ia menjadi pijakan yang paling utama adalah analisis jabatan.

Selain itu analisis jabatan ini juga digunakan melakukan restrukturisasi jabatan atau inisiatif perbaikan kualitas sebuah jabatan atau juga design jabatan pengembangan kualitas karir pemilihan terhadap sebuah Prestasi Kerja dan juga evaluasi terhadap kinerja seseorang. 

Segala yang berkaitan dengan kepegawaian atau kinerja seorang pegawai pedoman dasarnya adalah job analysis atau analisis terkait dengan analisis jabatan ini. 

Mari kita lihat bersama pengertian tentang analisis jabatan analisis jabatan terdiri dari dua kata yaitu analisis elastisitas berpikir untuk menjagakan pokok persoalan menjadi bagian unsur serta kemungkinan keterkaitan fungsi.  

Jabatan adalah sekumpulan tugas dan tanggung jawab yang akan atau sedang dan telah dikerjakan oleh pegawai dalam kurun waktu tertentu. Nah dari dua kata tadi maka sastrohadiwiryo mencoba mendefinisikan berdasarkan pengertian dan dua kata tadi maka analisis jabatan adalah suatu aktivitas untuk mengkaji mempelajari mengumpulkan mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu jabatan secara sistematis dan sistemik.

Hal ini tidak berbeda jauh dengan pendapat beberapa ahli pakar dikatakan bahwa Anjab analis jabatan adalah suatu proses pelajari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan operasi dan tanggungjawab suatu pekerjaan. Ada juga mengatakan bahwa suatu proses yang sistematik untuk mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan yang meliputi tugas-tugas pekerjaan pekerjaan tanggung jawab. Kewenangan dan kondisi kerja dan mengenai sel syarat kualifikasi yang dibutuhkan seperti pendidikan keahlian kemampuan pengalaman kerja dan lain-lain agar seseorang dapat menjalankan tugas dalam suatu jabatan dengan baik. 

Begitupun juga dari yang lain bahwa analisis jabatan atau usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan tersebut.

Nah dari beberapa pengertian oleh para ahli tadi maka kita pada sebuah kesimpulan bahwa azab job analysis ini dapat kita Artikan sebagai sebuah upaya untuk mempelajari dan menganalisis sebuah jabatan berdasarkan ruang lingkup dengan demikian dalam analisis jabatan kita dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi serta ruang lingkup ruang lingkup dan kapasitas kapasitas yang dimiliki oleh jabatan tersebut.

Nah teman-teman Mari kita lihat Apa saja kegunaan dari tancap ukuran yang pertama untuk pengadaan tenaga kerja tenaga kerja sini kita sebut dalam konteks pemerintahan tersebut sebagai aparatur sipil negara atau asn Jabatan itu merupakan standar personalia yang digunakan sebagai pembanding para calon tenaga kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan