Mohon tunggu...
Akbar Pangestu Sapurba
Akbar Pangestu Sapurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Handal

Streamer at Facebook Gaming

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Motivasi agar Anda Lebih Bersemangat Bekerja

4 Oktober 2021   12:07 Diperbarui: 4 Oktober 2021   12:11 277 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apa yang memotivasi Anda di tempat kerja? Apakah Anda termotivasi oleh gaji? Tempat kerja yang nyaman? Jabatan? Target yang menantang? Atau bos dan rekan kerja yang bersahabat?

Ternyata, seseorang bisa termotivasi oleh  hal-hal yang berbeda di tempat kerjanya. Motivasi yang baik akan membuat seseorang bekerja dengan maksimal dan memberikan output yang terbaik pula buat timnya, buat perusahaannya.

Dalam artikel ini berikut ini saya akan menjelaskan pada Anda, bagaimana kita memahami motivasi seorang karyawan dan apa faktor-faktor yang akan menentukan tinggi atau rendahnya motivasi tersebut.

Terima kasih Anda sudah membaca artikel ini. Saya Akbar Pangestu dari Mahasiswa UIN MALANG. Jangan lupa untuk subscribe karena dalam artikel ini saya banyak bercerita tentang topik-topik seputar manajerial,  leadership, komunikasi dan lainnya, yang akan membantu Anda untuk menjadi seorang leader,  manajer yang lebih baik.

Sekarang kembali ke pertanyaan awal yang tadi kita mulai di awal artikel ini.

Apa yang memotivasi Anda? Setiap orang termotivasi oleh hal yang berbeda-beda. Jika Anda pernah belajar ilmu manajemen, ada banyak teori tentang motivasi.

Misalnya saja ada teori, X, teori Y,dimana teori X berpendapat orang pada dasarnya cenderung malas, cenderung tidak suka bekerja, sehingga dia itu harus diatur, harus diberikan regulasi,harus dikontrol dengan baik. Itu pendekatan teori X.

Sementara satunya lagi, ada juga teori Y, dimana mengatakan teori ini. bahwa seseorang itu pada dasarnya ingin memberikan yang terbaik, pada dasarnya manusia itu makhluk yang baik, dia ingin bekerja yang terbaik.

Oleh karena itu jangan terlalu banyak dikontrol, jangan terlalu banyak diatur, biarkan dia berkreasi sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

Lantas, yang mana yang tepat dari kedua ini? Nah, untuk itu hari ini saya menjelaskan pada Anda apa yang memotivasi seseorang menggunakan pendekatan pohon motivasi.

Jadi kalau kita perhatikan pohon, di bagian bawahnya ada akarnya, yang menjadi pondasi. Kemudian di atasnya itu ada, batang pohonnya beserta daun-daunnya, yang menjadi bangunan yang kokoh untuk membangun motivasi itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan