Mohon tunggu...
0011 Fattah Chaerul Majid
0011 Fattah Chaerul Majid Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa

Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Widya Pratama Pekalongan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Data Mining dalam Era Milenium

14 September 2022   14:50 Diperbarui: 14 September 2022   15:02 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam dunia informatika Data Mining merupakan sebuah disiplin ilmu yang sangat penting sebagai ilmu dasar proses pengolahan data. Tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi Data Mining juga diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan. Telebih lagi pada era modern ini sangat penting.

Lalu bagaimana konsep dari Data Mining tersebut?

Data Mining merupakan sebuah proses pengumpulan data yang diolah menjadi sebuah informasi yang berguna untuk mengambil sebuah keputusan ataupun sebuah pengetahuan. 

Data tersebut bisa juga diambil dari tools, database system, website, computer society. Selain itu, data tersebut juga dapat diambil juga dari bidang bisnis, sains, dan media sosial. 

Semua data tersebut menggunakan cara teknik Data Mining yang mengambil dari terminologi mining atau menambang. Dalam Data Mining bisa juga membuat kita menemukan pengetahuan yang belum diperoleh sebelumnya dan menemukan sebuah ilmu baru. Data mining sebenarnya berdasar pada ilmu database. Pengetahuan atau Knowledge yang didapat dari Data Mining mempunyai potensi untuk dapat digunakan di masa yang akan datang.

Data Mining merupakan sebuah proses yang interaktif. Proses yang dilewati dalam Data Mining (Knowledge Discovery) diantaranya adalah database, data intergation, data cleaning yang merupakan proses pembersihan data yang tidak sesuai, data werehouse yang merupakan pengumpulan data sebagai gudang, data selection proses pemilihan data yang relevan, data mining, data pattern evaluation, kemudian knowledge sebagai alat pengambil keputusan.

Dalam proses penelitian data mining, persiapan penyiapan atau mencari data diperlukan untuk memperlancar proses data mining. kebijakan dalam pencarian data juga dibutuhkan untuk menghindari hal yang bersifat negative yang berpotensi terjerat hukum.

Penjelasan diatas merupakan konsep yang paling mendasar dalam Data Mining, dan masih banyak hal lagi yang dapat dieksplor lebih dalam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun