Ladut Guido de Arizo
Ladut Guido de Arizo Mohon Tunggu... Petani - Clove Farmer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Petani yang Berpenghasilan Miris

Merengkuh Kenikmatan Pesona Alam Labuan Bajo

23 Juli 2019   13:09 Diperbarui: 28 Juli 2019   16:21 153
Sodara Roman Gegan(Guide/bertopi) bersama tamu tamunya dari England ketika pergi ke Pulau Komodo (dokumentasi pribadi)

"Woww...This place so Amazing, pekikan Frank, salah seorang tamu Inggris dari atas perahu melihat hamaparan laut di Labuan Bajo"

Apa yang terlintas didalam batok kepala kita tentang Labuan Bajo? Apa karena Komodo, atau yang lain? Hemm..Labuan Bajo tak hanya punya Komodo saja lho. Nikmati juga keliling pulau-pulau cantik yang berada di Kota Labuan Bajo ya.

Kota Labuan Bajo di Manggarai Barat-Flores dikelilingi pulau-pulau dengan pantai dan pemandangan cantik. Tidak perlu ke Pulau Komodo jika waktu dan dana terbatas. Sekali merengkuh dayung, beberapa pulau cantik di sekitar Labuan Bajo dapat dinikmati.

Sebenarnya terdapat beberapa pulau-pulau kecil di sekitar Labuan Bajo yang bisa dikunjungi dan semuanya menawarkan pemandangan laut yang indah. Namun dalam trip kali ini, baik Penulis, Gegan Galeno dan beberapa tamu asal England (inggris) ingin santai dan menikmati perjalanan.

Kami berangkat menggunakan perahu motor tempel yang disewa untuk satu hari. Kami berangkat dari Dermaga Bajo Kampung Ujung, salah satu desa di Labuan Bajo yang berlokasi di tepi pantai. Tidak lama setelah perahu yang kami tumpangi meninggalkan bibir pantai, pemandangan kampung nelayan yang padat pelan-pelan berubah menjadi laut lepas berwarna hijau kebiruan.

Kami sangat menikmati segarnya udara dan sinar matahari pagi yang hangatnya masih cukup ramah. Pulau pertama yang menjadi tujuan kami adalah Pulau Kanawa, pulau kecil yang berlokasi di barat laut Kota Labuan Bajo.

Kebetulan dari tempat kami bertolak lokasi pulau ini agak jauh, butuh sekitar tiga jam perjalanan. Namun tidak mengapa, kami sengaja memilih kecepatan santai supaya tidak terlalu basah dan bisa menikmati pemandangan alam sekitar.

Sepanjang perjalanan pun cukup banyak titik-titik pantai yang bagus untuk berhenti sejenak sekadar untuk mengabadikan gambar indah yang tersaji. Kami pun berhenti di Panawa untuk berenang dan menyelam kura-kura, sembari berswafoto bersama tamu England yang kece badai ini. Kebetulan Pemandangan bawah laut Pulau Panawa ini kaya akan keindahan terumbu karang dan air lautnya yang jernih.

Swafoto dipantai Panawa | dokpri
Setelah puas menyelam dan mengambil gambar di lokasi tersebut, kami pun melanjutkan perjalanan menuju pulau Padar. Menjelang siang hari akhirnya kami pun tiba di sana. Umm.. pokoknya unik dan asyik banget.

Pulau Padar merupakan pulau kecil dengan savananya dan pasir putih sepanjang pantai. Air laut di dekat pulau ini sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Pulau padar merupakan salah satu tempat yang punya view bagus untuk mengabadikan gambar. Banyak pula para turis yang nota bene instagrameble ternama dinegaranya mengaku terpukau dengan keindahan bukit Padar ini.

dokpri-pulau padar
Dari pantai Pulau Padar ini kita bisa melihat daratan pulau yang menyambung antar satu dan yang lain. Karena sudah siang, setelah berfoto foto, kamipun menikmati santapan yang dimasak oleh crew kapal. Idealnya, berwisata ke pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo akan lebih nikmat dengan membakar ikan dan menikmati kelapa muda.

Setelah puas menikmati Pulau Padar, kami pun bertolak ke tujuan berikutnya, yaitu Pulau Rinca. Matahari yang sudah tegak di atas kepala dan ombak yang cukup tinggi membuat perjalanan ke pulau ini terasa lebih berat. Tetapi semua terbayarkan saat kami tiba di pulau kecil yang yang berlokasi di dekat Pulau Komodo ini.