HIGHLIGHT

TimNas U23 untuk SeaGames 2013 Myanmar

15 Mei 2012 13:09:54 Dibaca :
TimNas U23 untuk SeaGames 2013 Myanmar

.

Beralasan belum padu, Aji belum umumkan pemain © Bola-Esa

.

.

Timnas U-23 Belum Tentukan Pemain Lawan Inter Milan

Bola.net - Tim Nasional Indonesia U-23 yang dipersiapkan melawan salah satu klub raksasa Italia, Inter Milan, masih belum menunjukkan kematangannya.

Timnas yang kini tengah menjalani pemusatan latihan/training centre (TC) di Yogyakarta, akan unjuk kebolehan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 24 Mei.

“TC yang kami jalani memang belum pernah komplit. Para pemain masih keluar dan masuk. Sehingga, dapat dikatakan tim ini belum padu. Apalagi, kami belum pernah berlatih seputar taktik dan teknik permainan, “ terang pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, kepada Bola.net.

Aji mengatakan, dari target jumlah 37 pemain yang dipanggil mengikuti TC, baru 24 pemain yang datang.

"Sehingga, pola latihan menjadi tidak efektif. Salah satu alasannya yakni para pemain cenderung membela klub lantaran kompetisi masih bergulir dan tidak lama lagi akan berakhir. Apalagi, klub-klub sangat membutuhkan tenaga pemain untuk memperoleh poin demi poin supaya mewujudkan target dari manajemen, “ tuturnya.

TC timnas Indonesia U-23, sejatinya sudah berlangsung sejak 22 April lalu.

"Sejauh ini, saya juga belum bisa menentukan pemain yang akan diterjunkan melawan Inter Milan. Yang pasti, para pemain terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk membela tim Merah-Putih," tandasnya. (esa/dzi)

http://www.bola.net/tim_nasional/timnas-u-23-belum-tentukan-pemain-lawan-inter-milan-19d7f7.html

=============================================

JAKARTA, KOMPAS.com -PSSI mengumumkan 37 pemain yang akan ikut seleksi tim nasional Indonesia U-23 di Batu, Malang, Jawa Timur, 16 April mendatang. Ada 17 pemain Indonesia Super League yang dipanggil oleh PSSI. Pemain ini akan dipersiapkan untuk SEA Games 2013 di Myanmar.

Selain itu, para pemain ini akan diadu dengan tim raksasa Italia, Inter Milan, 24 Mei. Berikut nama-nama pemain yang akan mengikuti TC SEA Games Myanmar:

IPL: 1. Dio Permana/ Gelandang serang/ Persema Malang 2. Mustaib Billah/ Gelandang/ Persekat Katingan Palangkaraya 3. Ilhamur Irhaz/ Persekat Katingan Palangkaraya 4. Aji Saka/ Kiper/ Arema Malang 5. M Ridwan/ Kiper/ Bontang FC 6. Aditya Putra Dewa/ Gelandang/ PSM Makassar 7. Rasul Zainuddin/ Bek Kiri/ PSM Makassar 8. Muhammad Azwar/ Bek Kanan/ PSM Makassar 9. Rasyid/ Gelandang/ PSM Makassar 10. Kurniawan/ Gelandang/ PSM Makassar 11. Andik Vermansyah/ Gelandang Serang/ Persebaya 12. Dany Saputra/Persedikap Kab. Kediri 13. Muhammad Chairul Rifan/ Arema Malang 14. Latif/ Stoper/ Persijap Jepara 15. Sigit Meiko Susanto/ Stoper/ Persibo Bojonegoro 16. Muhammad Hargianto/Rajawali Muda Jakarta 17. Candra/ Gelandang serang/ PS Kerinci 18. Mukatam Ghozali/ Gerlandang/ Pro Duta 19. Rahmat Hidayat/ Sayap Kiri/ Pro Duta 20.Diego Michiels/ Bek Sayap/ Persija Jakarta ISL: 1. Kurnia Meiga/ Kiper/ Arema Malang 2. Hendro Siswanto/ Gelandang Bertahan/ Arema Malang 3. Suanrto/ Striker/ Arema Malang 4. Muhammad Alfarizi/ Bek Kiri/ Arema Malang 5. Andritany/ Kiper/ Persija Jakarta 6. Ramdani Lestaluhu/ Gelandang/ Persija Jakarta 7. Rudy Setiawan/ Sayap Kiri/ Persija Jakarta 8. Delton/ Gelandang Bertahan/ Persija Jakarta 9. Tomas/ Kiper/ Persebaya 10. Fernando Ferry Pahabaol/ Striker/ Persidafon Dafonsoro 11. Octo Maniani/ Sayap Kiri/ Persiram Raja Ampat 12. David Laly/ Gelandang/ Persipura Jayapura 13. Septia Hadi/ Bek/ Sriwijaya FC 14. Egi Melgiansyah/ Gelandang/ Pelita Jaya 15. Joko Sasongko/ Gelandang/ Pelita Jaya 16. Rosi/ Gelandang/ Sumbawa Barat 17. Sadam/ Striker/ Sumbawa Barat

http://bola.kompas.com/read/2012/04/13/20561139/Ini.37.Pemain.yang.Akan.Jadi.Skuad.Timnas.U-23

================================================

.

Saya merasa bahwa Kita termasuk saya, belum terbiasa mengerti dan memahami sepenuhnya tentang pembentukan TimNas yang berdasarkan kepada kompetisi dan pertandingan yang sudah baik dan terjadwal, dimana pemain2 TimNas yang tentunya adalah pemain yang terlibat dalam kompetisi liga yang terjadwal, memang termasuk andalan didalam klub masing2 didalam melakoni kompetisi yang ketat.

Beda dengan pembentukan TimNas yang berdasarkan kebutuhan sesaat dengan perburuan, yang selama kini kita kenali, mencari pemain yang handal dengan melakukan perburuan pemain di seluruh wilayah tanah air, di semua sektor kegiatan sepakbola, di Persarekatan, dan sampai di Club2 amatir. Seolah yang seharusnya terjadi dalam sistem rekruitmen pemain seperti itu, dengan melakukan TC jangka panjang. Karena memang yang terjaring adalah pemain2 yang tidak sama skill dasar permainannya maupun pengalaman pertandingannya. Maka perlu adaptasi dan penyamaan kepandaian dari semua pemain TimNas.

Beda sekarang ini, untuk TimNas yang U22, TimNas U23 dan TimNas Senior, hampir pemain2 Sepakbola yang termasuk pemain yang sudah tersedia, memang sudah ada dan memiliki kesibukan dan rutinitas pertandingan yang terjadwal. Artinya mereka benar2 melakukan pertandingan dengan metoda dan sistematika yang telah di susun oleh masing2 pelatihnya, hingga mencapai kondisi yang memberikan pengalaman bertanding dan menjalani kompetisi yang sangat ketat, Walaupun tidak tertutup kemungkinan terkadang sering diperoleh pemain diluar kompetisi pertandingan, tetapi sedikit dan kebetulan terpantau.

Maka pembentukan TimNas U23, relative sangat mudah dan tak perlu melakukan TC jangka panjang, karena skill dan pengalaman bertanding sudah mereka peroleh di kompetisi yang terjadwal itu. Tinggal menyamakan persepsi dan mengumpulkan pemain2 dengan pengarahan pelatih nasional yang terpilih. Pelatihlah yang akan meramu mereka dan memberikan strategy dan susunan pemain yang sesuai dengan apa yang di kehendaki pelatihnya.

Untuk itulah hanya di perlukan Uji coba dan uji tanding, dalam rangka membuat tim menjadi kompak dan sesuai dengan apa yang di kehendaki pelatihnya, malah terkadang dalam masa pertandingan resmi yang diikuti, seringkali ramuan Tim yang paling pas baru di peroleh di tengah tengah pertandingan. Maka sering Pelatih membuat map menuju puncak performance, kalau bisa sampai final merupakan puncak performance TimNas. Maka akan diperoleh kemenangan dan meraih trophy kejuaraan.

Saya sedang beradaptasi untuk mengikuti perubahan mendasar dalam rekruitmen pemain dan pembentukan TimNas, maka sering sekali kita mendengar berita, keluar masuknya pemain dari pelatnas, artinya belum padu dan tersinkronosasi dengan baik antara kegiatan pemain di Kompetisi terjadwal dengan Agenda Pelatnas dan Kejuaraan yang akan diikuti.

Sebaiknya semua tersusun rapi dan terjadwal, mengikuti semua agenda masing masing dan mensinkronnya menjadi map yang utuh, saling memberi dukungan dan support kepada semua yang terlibat dalam permainan sepakbola.

Bagi Club, pemain yang masuk kedalam squad TimNas, pasti akan menaikkan kredibilitas pemain dan menaikkan penggemar kepada pemain, otomatis juga akan menaikkan animo penggemar kepada clubnya. Dan sebaliknya kalau Club dan Pemain bisa memperoleh jadwal yang sinkron, maka TimNas akan memperoleh pemain2 yang benar2 handal dalam skill maupun mental bertanding. Konsentrasi permainan kepada pertandingan merupakan faktor penting dalam sepakbola.

Maka proses adaptasi dan sinkronisasi antara pemain, Club dan Timnas merupakan proses yang wajar dan merupakan proses alam biasa. dalam rangka menyesuaikan diri dan mengintegrasikan diri dalam satu sistem pengelolaan sepakbola yang benar benar akan menghasilkan sepakbola yang menghibur dan enak di tonton dan juga bisa menampung kebersamaan dan persaudaraan, yang tentu akan memberikan kenyamanan dan ketenteraman kita untuk menikmatinya.

Maka hanya di butuhkan kesabaran dan rendah hati utuk saling memberi tanpa menuntut, maka yang terjadi adalah semangat gotong royong yang memang sudah ada dan melekat didalam kehidupan dan budaya kita sejak zaman dahulu.

Simpan rasa curiga syak wasangka, buang jauh jauh su'udlon, dan dugaan yamg didasari kebencian dan dengki, yang menstigma dan mengeneralisasi, lapangkan dada untuk bisa mengerti dan menerima dengan hati lapang dan menerima sebagai saudara dalam rangka membangun kebersamaan.

Satu tujuan hanya kita dapat, hanya dengan satu jiwa  yang didasari oleh kebersamaan dan persaudaraan.

Maju terus pantang mundur, sekali layar terkembang, pantang untuk di turunkan.

Rawe rawe rantas malang malang putung.

.

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

.

Jakarta 15 Mei 2012

.

Zen Muttaqin

Zen Muttaqin

/zen-muttaqin

TERVERIFIKASI (HIJAU)

AKU BUKAN APA-APA DAN BUKAN SIAPA-SIAPA. HANYA INSAN YANG TERAMANAHKAN, YANG INGIN MENGHIDUPKAN MATINYA KEHIDUPAN MELALUI TULISAN-TULISAN SEDERHANA.HASIL DARI UNGKAPAN PERASAAN DAN HATI SERTA PIKIRAN. YANG KADANG TERLINTAS DAN MENGUSIK KESADARAN. SEMOGA BERMANFAAT.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?