Pembangkit Listrik di Indonesia Kapasitas Terbesar di Dunia

07 Oktober 2013 18:57:49 Dibaca :

Kebutuhan akan energi listrik yang tinggi diperlukan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun untuk menciptakan energi yang tinggi tersebut, tidak boleh lagi menggunakan energi fosil. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengungkapkan, saat ini negaranya telah mengembangkan pembangkit listrik batu bara dengan teknologi Ultra Super Critical Generation. Dengan adanya pembangkit tenaga listrik ini, diperkirakan dapat menghemat energi hingga 43 persen. "Kami akan membawa teknologi tersebut ke Indonesia. Kami akan membangun dua pembangkit listrik dengan kapasitas 1 juta kilowatt (kw), yang merupakan kapasitas terbesar di seluruh dunia," kata dia dalam APEC CEO Summit, di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013). Abe melanjutkan, untuk membiayai proyek ini diperkirakan membutuhkan dana sekira USD4 miliar. Setelah rampung, maka listrik tersebut akan dijual selama 25 tahun. "Ini adalah sesuatu yang bisa kami capai, karena kami memiliki teknologi tinggi yang memadai," ungkap dia. Abe menambahkan, guna mendapat suplai batu bara yang cukup maka Jepang akan bekerja sama dengan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sebagai pemasok. Adaro ditunjuk karena dinilai sebagai salah satu suplier batu bara terbesar. "Adaro akan bertanggung jawab atas pasokan batu bara ke pembangkit listrik ini," tambah dia. Menurut Abe, Jepang akan menggabungkan teknologi dalam proyek ini, sehingga dapat mencapai energi yang besar. "Proyek unggulan ini merupakan buah dari kerja keras kita selama ini," tukas dia.(okezone/7/10/13)( koran Pesbuk)

Hasil Kerja keras yang spektakuler  seiring dengan memperingati hari kesaktian Pancasila, Pemerintah kita membuka lebar- lebar investasi dari  Negara -Negara yang tergabung  dalam APEC  maupun dari luar APEC baik  dari Pemerintah maupun swasta.

Nampaknya upaya yang dilakukan ini membawa hasil terbukti

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengungkapkan "Kami akan membawa teknologi tersebut ke Indonesia. Kami akan membangun dua pembangkit listrik dengan kapasitas 1 juta kilowatt (kw), yang merupakan kapasitas terbesar di seluruh dunia," kata dia dalam APEC CEO Summit, di Bali International Convention Center (BICC)

Semoga upaya -upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia beserta komponen yang terkait membawa Indonesia menjadi Negara yang  unggul dibidang tehnologi tinggi, terbukti terus ada kemajuan dibidang tehnologi yang telah dirintis Pak BJ Habibie dan dilanjutkan oleh generasi- generasi  berikutnya yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang dapat membawa Indonesia menjadi Negara yang lebih maju.

yusuf basir

/yusufbasir

Hidup Bahagia Dunia akhirat
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?