Mohon tunggu...
Bachtiar Yunizel
Bachtiar Yunizel Mohon Tunggu... Administrasi - Sales Communication Coach

Founder Citra Reksa Tama Education & Business Event, Sales Communication Coach, Trainer lapangan para penjual Sang pembelajar menulis sejak 1993

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menjual "Percaya Diri"

18 September 2017   14:29 Diperbarui: 19 September 2017   05:45 817
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

"orang akan membeli si penjualnya, sedangkan produk atau jasa yang anda tawarkan adalah bonusnya" Demikian kata banyak pemerhati dan konsultan penjualan dalam menjelaskan bagaimana pentingnya kepribadian dalam proses penjualan. Salah satu kepribadian yang penting dalam penjualan adalah keyakinan dan kepercayaan yakni kepercayaan pada diri sendiri dan kepercayaan kepada produknya.

Kepercayaan kepada diri sendiri tidak saja untuk menjual. Pada hampir semua buku yang berisi jalan sukses, faktor yang satu ini seringkali muncul dan menjadi bagian penting yang di bahas cukup mendalam. Mereka yang percaya pada diri sendiri, dipastikan akan mampu menghargai dirinya sendiri. Dengan kepemilikan harga diri yang tinggi dia akan merawat dirinya dengan baik, berprilaku dengan baik, berbicara dengan baik dan berpenampilan dengan baik. Dia tidak akan sudi melakukan hal-hal rendah, karena akan merusak harga dirinya.  Sebaliknya, harga diri yang rendah, mereka akan berpenampilan dan berbicara se mau nya saja, karena dalam perspektif mereka, diri mereka sendiri tidak memiliki nilai tertentu untuk di jaga dengan baik. 

Mereka dengan percaya diri tinggi, akan merasa berharga dan akan mampu menghargai orang lain dengan baik. Bagi mereka orang lain adalah orang yang juga punya harga diri dan pasti ingin dihargai sebagaimana dirinya menghargai diri nya sendiri. Kemampuan menghargai orang lain dengan baik akan menjadi modal yang sangat penting bagi setiap orang yang ingin menjual dengan baik.

Modal kedua adalah kepercayaan terhadap produk yang dia jual. Jika si penjual belum sepenuhnya yakin akan produknya, bagaimana dia mampu meyakinkan orang lain. Padalah menjual masih bisa di difinisikan sebagai transfer of trust,memindahkan keyakinan penjual kepada si calon pembeli.

Dengan dua hal ini, setiap penjual akan menemukan sendiri bagaimana cara meyakinkan konsumen. Kalau mereka mendapatkan training, hasilnya tentu akan lebih baik. Tetapi jika mereka belajar secara autodidak sekalipim, kemampuan presentasi mereka pasti akan terbangun dengan sendirinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun