HIGHLIGHT

Efisiensi Anggaran Negara dengan Relokasi Rumah Dinas

13 April 2012 12:48:53 Dibaca :

Mendengar,menyimak, dan mengamati tingkah polah birokrasi di negeri ini saya tergelitik dan resah. Kebetulan ide ini muncul dari pengamatan penulis saat pulang melewati jalan gatot subroto ( busway koridor 9 ) yang melewati banyak rumah dinas, mulai dari rumah dinas bank Mandiri, angkatan laut, Angkatan darat, dan entah apa lagi yang plang-nya saja sudah seperti perumahan mati dan berhantu.

Hanya masalah waktu saya rasa rumah dinas - rumah dinas itu akan dijual dan tergantikan oleh hunian atau gedung yang kerennya minta ampun, secara lokasi rumah dinas tadi teramat sangat strategis. Tanpa mengesampingkan kebutuhan dan kesejahteraan mereka yang menempati rumah dinas itu saya mempunyai ide yang lebih baik.

Rumah dinas tersebut umumnya dibangun sudah sangat lama, mungkin sekitar 20 tahun yang silam, dari kondisi gedung, jalan serta fasilitas rumah dinas tersebut sangat memprihatinkan (kecuali rumah dinas angkatan laut--yang sebelum semanggi-- ). Walaupun tidak sedemikian memprihatinkan sangat namun bila dibandingkan dengan rumah sekarang pada umumnya rumah tersebut sudah sangat ketinggalan jaman dan layak di perbaiki.

Bersamaan dengan itu saya juga membaca berita mengenai permintaan anggaran sampai 101 M untuk rumah dinas para wakil rakyat saya pikir baik sekali jika saya menceritakan ide saya ini di sini,dengan harapan bisa menjadi angin segar dan solusi istimewa untuk mengatasi masalah perumahan untuk para pekerja departemen dan wakil rakyat.

Saat ini sudah tidak jarang orang tinggal di apartemen dan umumnya apartemen yang berada ditengah kota semuanya adalah apartemen yang di desain dengan baik dan mengikuti standar hunian berkelas internasional. Saya menyarankan untuk seluruh departemen & instansi pemerintah yang mendapat fasilitas rumah dinas, segera ubah metode tersebut dengan membangun sebuah apartemen terintegrasi lengkap dengan fasilitas standar kelayakan yang menyatu dengan kantor dimana departemen tersebut berada.

dengan APARTEMEN YANG MENYATU DENGAN LINGKUNGAN DEPARTEMEN ada beberapa penghematan lain yang berdampak langsung :
1. berkurangnya konsumsi bahan bakar akibat ketiadaan kendaraan dinas PNS bolak-balik dari rumah ke tempat kerja.
2. Mengurangi arus lalu lintas maupun penggunaan barikade pembuka jalan yang tidak jarang menyebabkan kemacetan dimana-mana
3. menjadikan karyawan departemen jauh lebih sehat karena tidak lagi stress dijalan karena macet ataupun lama nyampe rumah, juga membiasakan jalan kaki yang menjadikan mereka lebih sehat.
4. menghindari penyelewengan yang mungkin terjadi karena letak rumah yang menyatu dengan area kantor mengurangi kemungkinan mereka cari 'selingan'
5. bayangkan berapa banyak emisi gas yang berkurang karena mereka tidak lagi menggunakan mobil untuk beraktivitas

saya yakin lebih banyak lagi kebaikan yang bisa didapatkan dengan memindahkan rumah dinas mereka menjadi apartemen yang berada di satu area dengan departemen-nya. mungkin anda mau menambahkan daftar positif lain yang bisa kita dapat kalo para pejabat itu tinggal di apartemen kantor??

Yulia Chen

/yuliachen

Produktif ditengah kesibukan menjadi tantangan tersendiri.....
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?