HIGHLIGHT

Berburu Oleh-oleh di Singapore, Siapa Takut? Ada yang Murah Meriah, lho...!

15 Desember 2011 08:32:58 Dibaca :

Kebiasaan orang-orang Indonesia setiap kali melancong adalah berburu oleh-oleh. Oleh-oleh buat orang tua, anak, ponakan,om,tante, pembantu, tetangga, teman di kantor ( Uff...! ) Entah sejak kapan tradisi ini muncul. Rasanya ngga enak kalau habis pergi-pergi ngga bawa oleh-oleh. Apalagi kalau menjelang berangkat sudah ada yang ngomporin: oleh-olehnya, ya..! Atau lebih ngga enak lagi kalau kita sudah pernah diberi oleh-oleh juga kok rasanya keterlaluan kalau ngga gantian. Selain ada rasa bangga juga, sehh ..pas ngasih oleh-oleh diceletukin : O, habis jalan-jalan ke anu ya... ( snob banget, ya kedengarannya..he..he..he.. )

Beli oleh-olehnya ,sehh... mau-mau saja tapi bagaimana , nehh... kalau ” semanggi terang ” alias semangat tinggi tenaga kurang. Nah, kita perlu tahu tempat-tempat yang menjual oleh-oleh murah meriah.

Kalau anda melancong ke Singapore meskipun $ 1 Sing nilainya sekitar 7000 rupiah something, anda ngga usah bingung-bingung. China Town is the cheapest destination in town. Di sini pernak-pernik souvenir dengan figur Merlion cuma dibandrol $ 10 Sing 3 biji. Dari gantungan kunci, kaca hias, patung mungil Merlion sudah dalam kemasan kotak, hiasan magnet untuk kulkas, dompet, korek api, pembuka tutup botol, gunting kuku, taplak meja, tas jinjing dengan tulisan gedhe-gedhe Singapore. Tas jinjing malah ada yang Cuma $2 Sing. Kalau anda beli banyak, bujuk saja si engkoh penjualnya untuk ngasih tambahan bonus. Lumayan kan dapat tambahan gantungan kunci. Di Mustafa Centre – Shopping Centre yang buka 24 jam nonstop berlokasi di Chander Road- ada juga dijual macam-macam souvenir seperti itu tapi harganya bisa dua tiga kalinya. Jangan lupa souvenir berupa benda tajam dan magnet kudu masuk bagasi nantinya di pesawat. Demikian juga cairan apa pun di atas 100 ml. Termasuk parfum dan bodylotion.

Jangan lupa belanja coklat. Di Mustafa Centre dua kotak coklat dengan figur Merlion ukuran sedang dibandrol $ 9 Sing - $ 11 Sing. Ada juga coklat mungil yang dibungkus kertas kado warni-warni dengan haisan pita cantik cuma dibandrol $ 1 Sing. Di Lucky Plaza Orchad Road, 3 kotak coklat figur Merlion dengan ukuran lebih kecil dibandrol $ 10 Sing. Rasa coklatnya, sehh biasa-biasa saja. Kalau mau coklat yang enak , harga miring bisa dicoba Hershey’s made in USA. Kacang almondnya original and gedhe-gedhe.. Ada yang berbentuk coklat batang @ 41 gr dikemas dalam satu paket isi 6 batang harga $ 6.6 Sing. Atau berbentuk kecil-kecil seperti bidak halma , harganya untuk kemasan 240 gr $ 5.8 Sing. Yang lebih mahal lagi ada. Coklat Swiss made in France, merk Lindt, dalam kotak eksklusif kemasan 247 gr harga $ 22 Sing. Dijamin rasanya unforgettable, dech. Anda juga bisa mampir ke toko khusus coklat namanya Viskonsep Chocolate Gallery terletak di 797 North Bridge Road,khusus menjual coklat aneka rasa dan bentuk. Ada yang rasa durian,lho..Kisaran harga $ 10 Sing - $ 40 Sing.

Anda penyuka marsmellow atau bosan kok oleh-olehnya coklat melulu ? Boleh coba yang ini : marsmellow warna warni berbentuk batang gendut-gendut kemasan 300 gr harga $ 5.6 Sing. Bentuk dan warnanya yang ngegemesin,pasti membuat siapa pun ingin menggigit,

Pengin memberi oleh-oleh rada eksklusif dengan harga miring ? Di China Town ada parfum dalam kemasan kecil-kecil nan cantik dijual per kotak isi 5 harga berkisar $20 Sing – $30 Sing. Bisa dibagi-bagi seorang satu, kan. Tapi saran saya jangan beli di situ. Bisa jadi aspal. Beli saja di Changi. Harganya lebih mahal memang meskipun masih ada yang kisarannya $ 50 Sing. Tapi pasti original. Kalau budget anda terbatas, beli saja oleh-oleh buat diri sendiri ( Lho...?? Iya, diri sendiri kan perlu oleh-oleh juga he....he...he.. )

Anda penyuka merk Charles and Keith ? Harga di Singapore ternyata lebih murah daripada outlet mereka di Indonesia. Apalagi kalu holiday season seperti saat ini. Sudah lebih murah masih discount pula. Saya nemu tas Charles and Keith cantik and murah di Changi. Discountnya 40 % boo...’ Kalau dikurskan ke rupiah ngga sampai 300 ribu.Tour guide saya ikut-ikutan beli ( Lhooo..kok terbalik saya malah yang kasih info ke dia.. )

Jangan bingung mencari toko-toko di Changi. Ngga jauh dari pintu pemeriksaan imigrasi ada baliho besar memuat peta lokai toko-toko. Petanya sangat informatif dan colourful sehingga kita tidak akan kesulitan mencari.

Kalau belanja barang-barang elektronik di Lucky Plaza Orchad Road hati-hati. Harga dasarnya murah lalu pedagangnya mulai ngoceh tambah pajak ini,pajak itu. Pajak barang di Sing Cuma satu jenis yaitu GST dan besarnya 7 %. Jadi kalau ada pajak di luar itu atau nilainya lebih besar berarti bohong.

Kalau ke Universal , jangan lupa mampir ke Universal Studios Store. Macam-macam merchandise Universal di jual di situ. Harga untuk kaos agak mahal sekitar $ 19 Sing - $ 30 Sing. Kualitas kaosnya tentu saja beda banget dengan yang di China Town maupun Mustafa. Lebih bagus tentunya. Full cotton. Kalau budget terbatas sekali lagi beli saja buat diri sendiri ( he..he..he.. ). Ada botol minum khas Universal Studios ukurannya tinggi banget untuk ukuran botol minum yaitu 40 cm. Bentuknya aneh : langsing di tengah tapi cembung di atas dan di bawah. Pokoknya lucu ., dech. Botol ini tidak dijual di Universal Studios Store tetapi di sepanjang jalan di dalam lokasi Universal Studios. Harganya sekitar $ 13 Sing, sudah diisi dengan soft drink lebih dari 1 liter. Lumayan buat menghilangkan rasa haus. Kalau punya anak cowok pasti seru banget dapet oleh-oleh macam itu. Selain dia pasti juga bangga punya botol minum dengan logo Universal Studios original ( Pamer. Com....he..he...he.. )

Jadi, hayooo siapa yang sudah pegang tiket jalan-jalan ke Sinagpore akhir tahun ini ? Jangan takut berburu oleh-oleh. Yang murah meriah banyak,lho.....

Happy Holiday...!

Josie Indry

/yudis

seorang ibu,dokter, praktisi manajemen perumahsakitan
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?