Yudi Kita
Yudi Kita Mohon Tunggu... Wiraswasta - My life is a journey

Menulis adalah jalan cerita hidup untuk mengabadikan pikiran, pengalaman dan gagasan

Serunya Perjalanan Batam-Johor to Kuala Lumpur

13 November 2019   16:53 Diperbarui: 13 November 2019   16:54 899
Dok. pribadi | Platinum Suiets

Batam selain bertetangga dengan Singapore, juga bertetangga dengan Malaysia, yaitu Johor Bahru yang merupakan negara bagian dari Malaysia. Jarak tempuh Batam to Johor lebih kurang 2,5 jam, sedangkan Batam to Singapore (Harbourfront), kurang lebih 45 menit. Untuk ke Johor via Batam dapat ditempuh melalui pelabuhan Batam Center maupun pelabuhan Harbouy Bay yang terletak di Batu Ampar, di Johor pelabuhan yang paling sering digunakan oleh warga Batam juga ada dua yaitu Stulang Laut dan Puteri Harbour, untuk Stulang Laut, pelabuhannya dekat dengan kota Johor, sedangkan Puteri Harbour dekat dengan lokasi wisata seperti Legoland. Perjalanan Batam to Johor melalui ferry itu sangat asik, kita disajikan pemandangan kapal-kapal besar yang sedang melintasi perairan ketiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapore, kapal-kapal besar tersebut terlihat sangat banyak, tentu itu sangat mengasyikan.

Dok. pribadi | Kapal-Kapal di Perairan Batam to Johor

Bagi yang ke Johor untuk tujuan terminal Bus, Kota Johor, atau Johor Central maka disarankan turun di Stulang Laut, namun jika tujuannya ke Legoland, Thomas town dan sebagainya, untuk turun di Puteri Harbour, kabarnya di Pelabuhan Puteri Harbour disediakan bus gratis untuk tujuan terminal bus larkin dan JPO. Sedangkan dari Stulang laut jika ingin menuju JPO via grab dibutuhkan biaya berkisar 40RM dengan jarak 31km.

Perjalanan saya awali dari Batam (Harbouy Bay) menuju Johor (Stulang Laut), berangkat sekitar pukul 14.30 wib, kemudian saya tiba sore di Johor, tidak lama setelah urusan cap passport dan membeli simcard Malaysia, saya turun ke lantai satu menuju jalan keluar pelabuhan untuk menunggu grab yang sudah saya order, tak lama grab kemudian tiba, nyamannya di Malaysia, kita tidak usah takut order grab dimana saja, baik di bandara, pelabuhan, terminal, mall dan sebagainya, tidak ada yang akan melarang grab untuk mengambil penumpang, karena grab disana dapat bekerja dengan aman untuk mengambil penumpangnya dimana saja.

Setelah naik grab, kami menuju ke terminal larkin, terminal bus antar kota dan negara, bias ke Singapore maupun ke daerah lainnya di Malaysia, biaya dari Stulang Laut to Terminal Larkin berkisar 12RM, setelah tiba di terminal kita akan melihat perbedaan yang cukup berbeda dengan umumnya terminal bus yang ada di Indonesia, tiket bus ke berbagai tujuan dapat kita beli via mesin maupun mengantri di counter yang telah disediakan, di dalam tiket yang berukuran seperti boarding pas tersebut sudah tertulis gate berapa yang harus kita tuju.

Dok. pribadi | Ruang Tunggu Terminal Bus Larkin

Namun diterminal Larkin ini masih sedikit membingungkan, karena didalam tiket tidak tertulis plat nomor bus yang harus kita naiki, saya beberapa kali menanyakan kepada petugas, apakah saya sudah bias naik bus, mengingat jadwal bus saya sudah tiba, kurang lebih saya menanyakan sekitar 5 kali kepada petugas, karena saya kebingungan bus mana yang harus saya naiki, namun kemudian saya menaiki bus menuju Kuala Lumpur (Terminal Bersepadu Selatan), pesan saya, diterminal larkin ini jangan sungkan-sungkan menanyakan kepada petugas jika kita masih kebingungan, dari pada ketinggalan bus, karena informasi dan panduan menaiki bus belum baik, namun untuk ruang tunggu bus, sudah sangat keren seperti di bandara-bandara umumnya.

Dok. pribadi | Terminal larkin

Oh ya, setau saya untuk jadwal bus keberangkatan terakhir Johor to Kuala Lumpur adalah pukul 11.59 waktu Malaysia, begitu juga sebaliknya dari Kuala Lumpur to Johor, untuk tiket bus di hari-hari tertentu cepat habis, karena banyaknya penumpang yang menggunakan bus, seperti saat saya melakukan perjalanan pulang dari Kuala Lumpur to Johor, saya membeli tiket pukul 20.00, untuk keberangkatan pukul 11.59, dan saya mendapatkan tiket terakhir. Agar lebih aman, tiket bus juga bisa dibeli via online, ada dapat mencarinya website yang menyediaan pembelian tiket bus online.

Harga tiket bus berkisar antara 35RM sampai 45RM, perjalanan saya dari Kuala Lumpur to Johor dengan tiket 38 RM, namun dari Johor to Kuala Lumpur saya lupa tiketnya berapa, kemungkinan perbedaan harga tiket tergantung jenis bus. Jarak tempuh dari Johor to Kuala Lumpur membutuhkan waktu 4,5 jam, perjalanan sangat nyaman dan kita dapat dengan nyaman untuk beristirahat, karena bus akan melewati jalan tol sepanjang perjalanan, bus akan berhenti 1-2 kali untuk penumpang bisa membeli makan/minum atau untuk ke toilet, di rest area.

Sekitar pukul 23.00 saya tiba di Kuala Lumpur (TBS), kemudian saya menyeberang untuk menaiki kereta KTM, disini kita harus membeli tiket 4,50RM untuk menuju KL Sentral, jarak tempuh TBS to KL Sentral hanya memakan waktu beberapa menit saja, namun jika anda malas menaiki KTM, anda bisa menaiki taksi, grab dan sebagainya untuk menuju ketempat tujuan, namun menurut saya KTM adalah pilihan terbaik dari kenyamanan maupun biaya, mengingat transportasi umum berupa KTM, MRT, LRT, KLIA Ekspres, dan sebagainya sudah sangat nyaman.