Mohon tunggu...
Yosep Efendi
Yosep Efendi Mohon Tunggu... Dosen - Penikmat Otomotif

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Setelah Mengetahui ini, Masih Mau Mudik Naik Sepeda Motor?

13 Juni 2017   13:06 Diperbarui: 16 Juni 2017   14:05 3443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemudik sepeda motor di jalur Jawa Barat | sumber: kompas.com

Mudik sudah seperti tradisi, yang menggerakkan jutaan masyarakat Indonesia, pulang ke kampung halaman. Jika Anda bagian dari jutaan pemudik 2017, apa yang sudah disiapkan? Uang, tiket atau kendaraan untuk mudik?. Transportasi apa yang Anda pilih untuk mudik tahun ini? Transportasi umum, mobil pribadi atau sepeda motor? Jika Anda menggunakan transportasi umum, berarti Kita sama. Saya pun mudik ke Palembang dari Yogyakarta menggunakan transportasi umum.

Jika mudik dengan mobil pribadi, pastikan mobil anda benar-benar siap untuk menempuh perjalanan jauh. Caranya, periksa kondisi mesin, sistem kemudi, rem, suspensi dan sebagainya. Selain mobil, pengendaranya pun harus siap. Siap mental jika terjadi kemacetan atau masalah di jalan, siap fisik, logistik dan siapkan aplikasi  Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) di smartphone Anda. Aplikasi RTTMC berguna untuk memantau kondisi lalu lintas. Jika tidak siap semuanya, lebih baik naik transportasi umum, agar selamat diperjalanan.

Aplikasi RTTMC, Teman Mudik Anda |gambar dok. pribadi
Aplikasi RTTMC, Teman Mudik Anda |gambar dok. pribadi
Jika dengan sepeda motor, sepertinya lebih baik Anda berpikir berkali-kali lagi untuk itu. Bila diperkenankan, saya sarankan "jangan mudik menggunakan sepeda motor!". Sebab, berkendara sepeda motor jarak jauh beresiko tinggi. Tidak bermaksud menakut-nakuti, tapi data sudah membuktikan. Berikut ini datanya:

Data Kecelakaan Saat Mudik (sumber: Materi Kemenhub/ kompasiana.com)
Data Kecelakaan Saat Mudik (sumber: Materi Kemenhub/ kompasiana.com)
Menurut data kemenhub pada tabel di atas, jelas bahwa kecelakaan masih didominasi oleh sepeda motor. Angkanya tak main-main, mencapai 70%. Kita mungkin sepakat bahwa kecelakaan bukan hanya disebabkan oleh pengendara sepeda motor, pengendara mobil pun bisa saja mengalami kecelakaan dan menjadi penyebab kecelakaan. Namun, data Kemenhub tersebut harus kita analisis: mengapa bisa demikian? Sebab, sepeda motor bukan alat transportasi yang aman untuk perjalanan jauh seperti mudik.

Sepeda Motor Bukan Alat Transportasi Mudik dari Persfektif Teknologi

Mari kita bahas dari persfektif teknologi. Pertama, faktor oli pelumas sepeda motor. Jika sepeda motor dipaksa beroperasi berjam-jam, membuat mesin menjadi sangat panas dan oli menjadi cepat "rusak". Jika oli cepat "rusak" karena suhu tinggi, berakibat buruk pada mesin, yaitu penurunan performa dan peningkatan keausan komponen.

Selain itu, oli juga berfungsi mendinginkan mesin. Jika oli terus-terusan dalam temperatur tinggi, efek pendinginan gagal. Meskipun sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan sering berhenti untuk mengistirahatkan mesin, namun butuh waktu berjam-jam untuk mendinginkannya. Akibatnya, waktu mudik jadi sangat lama. Yakin, tidak ingin cepat bertemu dengan keluarga di kampung halaman?

Kedua, faktor campuran bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran mesin sepeda motor. Meskipun pemudik sepeda motor banyak yang melakukan perjalanan saat malam hari, tapi tak sedikit yang menempuhnya di siang hari. Disadari atau tidak, kondisi panas matahari mempengaruhi suplay udara untuk proses pembakaran mesin.

Ketika  cuaca sekitar panas, jumlah partikel udara tidak padat seperti udara dingin. Hal itu berdampak pada tidak idealnya campuran bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran mesin sepeda motor. Akibatnya, performa sepeda motor menjadi menurun. Anda dapat membuktikan dengan membandingkan berkendara saat siang yang panas dan malam yang dingin. Performa sepeda motor saat malam (udara dingin) lebih baik ketimbang saat siang.  Berkendara malam hari juga banyak resiko, terutama masalah penerangan jalan, jalan berlubang yang tak kelihatan dan faktor ngantuk.

Jika fenomena pertama (oli) dan kedua (bahan bakar) secara bersama-sama terjadi pada sepeda motor pemudik, maka akibatnya bisa fatal. Misalnya, saat pemudik sepeda motor akan menyalip kendaraan lain, ternyata percepatannya tidak optimal --tidak seperti biasanya-. Kondisi tersebut bisa saja berakibat gagal menyalip kendaraan, karena percepatan kendaraan tidak sesuai prediksi. Masih beruntung jika di arah berlawanan tidak ada kendaraan lain, jika ada kendaraan lain maka bisa berakibat fatal, bisa terjadi kecelakaan.

Hal tersebut bukan sekedar prediksi, tetapi sudah dibuktikan oleh data statistik. Berdasarkan data OTOMANIA KOMPAS, menyebutkan bahwa 70% kecelakaan terjadi saat akan mendahului kendaraan lain (sumber). Meskipun, -mungkin-, aksi mendahului sudah diperhitungkan dengan matang, namun ada saja faktor lain yang tidak bisa diprediski, misalnya performa mesin turun mendadak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun