Mohon tunggu...
Bana
Bana Mohon Tunggu... -

Nanaba

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Tentang High Fantasy dan Low Fantasy

3 September 2017   09:53 Diperbarui: 4 Desember 2018   09:05 2356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Ini sebenarnya curhat saja sih, saya berharap gak ada yang baca artikel curhatan ini. 

"Terus kalau gitu kenapa kamu publish di kompasiana kalau gak mau ada yang baca?!" 

"Emmm, mungkin karena dalam hati kecil saya, saya ingin tulisan saya dibaca"

"..."

Well, tulisan ini terilhami dari beberapa post di grup facebook tentang kepenulisan, ada beberapa pertanyaan yang bikin saya bertanya-tanya dan mulai riset di internet, salah satunya adalah tentang High Fantasy dan Low Fantasy. Seperti yang saya bilang, pertanyaan ini ditanyakan di grup tentang kepenulisan, jadi pertanyaan yang kayak gini sebenarnya udah makanan sehari-hari grup tersebut. Pertanyaannya pun langsung bisa dijawab oleh mastah-mastah di grup sana, dan saya mendapatkan kesimpulan yang seperti ini: High Fantasy= kisah fantasy di dunia 'kedua', artinya di dunia baru yang jauh berbeda dengan dunia 'pertama', yaitu dunia dimana sang penulis ada, sedangkan Low Fantasy= kisah fantasy di dunia 'pertama', tempat dimana sang penulis ada, namun biasanya cerita tentang seseorang yang mulai menyingkap kenyataan yang sebenarnya tidak terlihat.

Dari sini saya mulai bertanya-tanya. Saya adalah seorang penulis amatir yang pengen jadi penulis karena banyak baca buku fantasy, dan mendengar pengeritan ini saya berpikir, kalau begitu Lord of The Ring itu High Fantasy dan Harry Potter itu Low Fantasy, namun ketika saya pikir Harry Potter itu Low Fantasy, saya tidak bisa habis pikir karena sang penulis seolah membuat 'dunia kedua' di dalam 'dunia pertama'. Terus, Harry Potter itu apa, Low Fantasy, apa High Fantasy? 

Pertanyaan ini belum bisa terjawab oleh pemikiran saya yang dangkal dan malas mencari tahu ini, anehnya, saya malah nulis gak jelas di sini daripada baca-baca tentang kedua pengertian itu.

*ting*

Ohh, ada notifikasi facebook, ada post di grup 'kepenulisan', yang ini isinya tentang sesuatu yang disebut Isekai, dan ohh, ini berhubungan dengan dengan High Fantasy dan Low Fantasy. Pertanyaannya sederhanya, apa Isekai itu masuk High Fantasy atau Low Fantasy.

Dan, saya duduk menunggu jawaban para mastah.

Isekai, adalah salah satu genre novel yang sangat-sangat-sangat-sangat populer di jepang, tema yang bisa dibilang overused oleh para penulis jepang. Isekai memiliki arti 'dunia lain' dan biasanya cerita tentang 'seseorang yang masuk ke dunia lain'. Hemm, berarti masuk ke 'dunia kedua', apa ini artinya Isekai itu High Fantasy?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun