"Me Time" ala Emak-emak Rempong

11 Mei 2017 06:37:56 Diperbarui: 11 Mei 2017 08:14:40 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Menjadi ibu rumah tangga bukan perkara yang mudah. Dituntut harus ekstra sabar dan bisa mengatasi berbagai hal. Ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga full di rumah bukan tidak mungkin akan membuat emak-emak menjadi sangat sibuk dengan pekerjaan yang tiada habisnya. Kerempongan kerap melanda setiap hari tiada henti tak kenal waktu. 

Apalagi ketika anak-anak terus bertambah, kerempongan kian mengganas. hehe. Situasi yang tak terduga ini membuat emak "terpaksa" larut di dalamnya. mungkin buat emak yang paham atau siap sedari awal akan kesibukan barunya ini akan merasa fine-fine saja menjalaninya. Tetapi tidak buat emak yang belum siap, siatuasi yang ruwet di rumah, anak rewel, kelelahan akibat beres-beres yang tak ada akhirnya membuatnya  seakan dunia ini penjara. Tertekan, terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Alih-alih memutuskan tinggal di rumah untuk mengurusi anak-anak dan rumah, nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Lebih capai dan lebih menguras emosi. 

Emak, bagaimanapun sibuknya mengurus anak-anak, bayi, atau rumah, alangkah lebih bijaknya jika memiliki me time. Me time itu adalah waktu yang khusus untuk emak melakukan aktivitas menyenangkan tanpa gangguan dari apapun dan siapapun. ini sangat berguna lo mak, emak akan kembali fresh ketika sudah melakukannya. Ketika pikiran fresh, tidak stress maka dampaknya ke sekitar pun akan positif. Emangnya bisa emak-emak me time? bisa dong. Me time tidak perlu yang jauh-jauh atau lama-lama. Emak bisa me time bahkan hanya di rumah saja. yuk kita cari me time yang paling coock untuk emak tanpa perlu meninggalkan rumah.

1. Menyanyi

Emak suka menyanyi? dengan menyanyikan lagu favorit emak akan merasa senang. Menyanyi bisa dilakukan di rumah. Tidak perlu pergi ke tempat karaoke dan  lain-lain. Cukup di rumah dengan menghayati setiap lirik lagunya. Saya sering melakukannya, dan berhasil membangun situasi pikiran yang lebih menyenangkan. 

2. Membaca Buku Favorit

Membaca sangat bermanfaat untuk emak, selain memberikan hiburan juga menambah wawasan. Bacalah buku atau novel favorit Emak di kamar. 

3. Menonton Film Favorit

Menonton film bisa dilakukan sambil momong baby, atau bahkan sambil menyusui. Film favorit dapat memberikan dampak positif buat pikitran emak. Emak akan bahagia menontonnya. Kebahagiaan itu akan menular pada baby emak.  

4. Menulis

Menulis jelas sangat bermanfaat buat Emak. Dengan menulis Emak dapat mengeluarkan segala pemikiran beserta unek-uneknya. Emak akan merasa ringan ketika semua permasalahan telah ditumpahkan dalam bentuk tulisan. Ketika tak ada seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah Emak, menulis sangat efektif untuk meredam kegelisahan Emak. 

5. Olahraga Ringan

Olahraga jelas sangat bermanfaat untuk tubuh dan pikiran emak. Emak akan merasa lebih segar dan bugar. Lakukan olahraga ringan di rumah paling tidak seminggu dua kali. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja. Jika menguasai bisa melakukan gerakan yoga juga untuk relaksasi emak. Atau bagi emak yang memiliki kolam renang tuh bagus banget untuk meredam stress. 

Itulah aktivitas me time yang dapat membantu emak supaya tidak stress dengan kerempongan-kerempongan yang melanda. Pilih yang menurut Emak paling mungkin bisa dilakukan. Dan saya yakin Emak juga pasti memiliki me time yang lebih asyik dari yang sudah saya sebutkan tadi. Semoga bermanfaat!

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL wanita

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana