Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga highlight

Marc Marquez Juara MotoGP Misano

11 September 2017   00:15 Diperbarui: 11 September 2017   00:34 1852 2 1
Marc Marquez Juara MotoGP Misano
Juara Misano (dok.motogp.com)

Sejatinya saya malas menonton MotoGP seri Misano Itali Minggu 10 September 2017 karena Valentino Rossi absen di Misano gara-gara kecelakaan saat latihan Enduro minggu lalu. Kaki kanan Vale patah dan harus dioperasi. Operasi berlangsung sukses dan sekarang Vale sedang dalam masa pemulihan. Ia harus beristirahat selama 40 hari dan sudah pasti absen di seri homerace Misano. Nyebelin yak.

Marc Marquez memenangi seri Misano dalam kondisi trek yang basah abis karena hujan. Kondisi trek yang licin berat menyebabkan rider berjatuhan di kelas Moto3 dan Moto2. Kelas MotoGP treknya sih mendingan dikit tapi tetep aja horor. Padahal sejak pertengahan lap Danillo Petrucci memimpin balapan, tapi pas last lap dibabat Marquez yang langsung ngacir tak terkejar.

Danillo Petrucci akhirnya finis kedua diikuti Dovizioso yang finis ketiga. Ada drama menjelang finis. Motor Zarco yang kehabisan bensin, memaksa Zarco turun dari motornya dan mendorong si motor ke garis finis demi dapat poin. Akhirnya Zarco berhasil dapat poin karena ia finis ke 15. Adegan dorong motor buat dapet poin juga pernah dialami oleh Dovizioso.

podium 3 (dok.motogp.com)
podium 3 (dok.motogp.com)

Jalannya Balapan

Balapn terdiri dari 28 lap. Vinales memulai balapan dari posisi pole tapi karena startnya jelek maka ia turun posisi dan Lorenzo menyodok ke depan. Karel Abraham jatuh dan out dari balapan. Lap kedua posisi top three adalah Lorenzo, Marquez dan Dovizioso. Petrucci lewati Vinales buat posisi 4 di lap ketiga.

Lap keempat, Cal Crutchlow berusaha lewati Vinales buat posisi 5, sementara Lorenzo pede di posisi terdepan. Petrucci membuktikan diri bahwa ia jagoan di trek basah dengan cara makin mendekati Dovizioso dan bersiap mengambil alih posisi 3 darinya. Mencatat fastest lap 1:48:551 Petrucci makin menempel ketat Dovizioso.

Lap keenam Marquez terancam karena Petrucci dan Dovizioso datang menyerbu. Petrucci membuktikan ketangguhannya dengan membabat Dovizioso dan Marquez sekaligus. Petrucci di posisi kedua sekarang. Lap ketujuh Lorenzo mencatat fastest lap 1:47:801 tapiiii... ia slip dan jatuh berbarengan dengan Cal Crutchlow. Misano selesai untuk Lorenzo, ia melangkah gontai di gravel. Berbeda dengan Crutchlow yang bangkit dan balik ke trek lagi.

finish keempat (dok.motogp.com)
finish keempat (dok.motogp.com)

Jatuhnya Lorenzo membuat Petrucci ganti jadi pemimpin balapan. Lap kedelapan beberapa bagian trek mengering seiring dengan keluarnya matahari. Crew Marquez terlihat mengeluarkan motor pengganti, bersiap untuk kondisi flag to flag. Lap kesembilan Loris Baz jatuh.

Terlalu menekan gas motornya membuat Marquez oleng namun nggak sampai membuat ia jatuh dari motornya. Lap duabelas Hector Barbera menjadi pembalap berikutnya yang jatuh. Disusul oleh Aleix  Espargaro yang jatuh juga. Terlihat Dani Pedrosa bersusah payah balapan di posisi 19. Nggak tau ini kenapa motornya Pedrosa parah amat.

Lap keenambelas, Sam Lowes jatuh. Marc Marquez mencatat fastest lap 1:47:549. Sisa 5 lap lagi, Dovizioso menjaga jarak aman di posisi tiga. Kondisi trek yang tricky membuat Dovi berhati-hati buat bertarung. Salah-salah nanti jatuh dan gagal mendulang poin. Namun tidak dengan Marquez. Marquez tuh rider yang mau ambil resiko. Perlahan ia makin mendekati Petrucci.

Sisa 3  lap, Marquez mencari celah untuk menyalip tapi Petrucci setia menutup racing line Marquez. Namun ketika memasuki lap akhir, di trek lurus Marquez gaspol melewati Petrucci. Petrucci berusaha melawan tapi terlambat... Marquez udah tancap gas meninggalkan Petrucci. Marquez terlalu kuat, Petrucci tau ia sulit melawan karena ban mulai habis. Maka ia biarkan Marquez menyentuh garis finis duluan. Marquez juara Misano.

Saya salut dengan strategi yang dilakukan Marquez. Ia menyimpan pelurunya untuk saat terakhir... save the best for last. Namun acungan jempol tertinggi saya berikan untuk Johann Zarco yang mendorong motornya melewati garis finish. Jadi rider itu kudu pantang menyerah memang. Berikut hasil selengkapnya MotoGP seri Misano :

Hasil lengkap MotoGP Misano (dok.motogp.com)
Hasil lengkap MotoGP Misano (dok.motogp.com)


Berikut posisi klasemen sementara MotoGP 2017 :

Posisi klasemen sementara MotoGP 2017 (dok.motogp.com)
Posisi klasemen sementara MotoGP 2017 (dok.motogp.com)



Sumber : MotoGP.com