HIGHLIGHT

Kegiatan Ketika Menganggur/Tidak Punya Pekerjaan

11 Juni 2012 10:03:49 Dibaca :

Hal yang paling membosankan ketika menganggur tidak punya pekerjaan adalah selalu menunggu telephone panggilan kerja atau diterima kerja ketika menerima telephone panggilan kerja yang paling males adalah mengunjungi tempat interview kerja yang jauh dari rumah sehingga kalo menggunakan kendaraan umum atau bis / angkot harus beberapa kali berganti ganti kendaraan umum serta polusi udara kotor yang dihirup selama perjalanan mungkin semasa muda belum kerasa dampak yang didapat akibat menghirup udara kotor tetapi ketika sudah tua akan terasa penyakit yang datang akibat menghirup udara kotor.

Ketika sampai ditempat inteview harus menghadapi penginterview yang kadang kadang membuat tegang, gugup dan kadang kadang akan terbawa santai tergantung situasinya kalau pekerjaan yang diinginin banyak peminatnya biasanya melalui pengalaman yang saya alamin yang membuat tegang karena harus bersaing satu sama lain tetapi kalau diri kita mempunyai kemampuan diri kita tidak akan terasa tegang tapi akan biasa biasa saja karena kita sudah yakin akan lolos seleksi interview. atau test tersebut jadi kalau kita mempunyai kemampuan situasi yang dihadapi akan dengan tenang kalaupun ada kegugupan atau ketegangan mungkin ada sesuatu masalah dirumah seperti lupa mematikan kompor didapur atau lupa mengunci rumah ketika pergi.

Kegiatan ketika menganggur biasanya yang terjadi pada diri saya adalah kegiatan monoton (kegiatan berlangsung tanpa ada perubahan) seperti kegiatan yang saat ini saya lakukan seperti bangun tidur dipagi hari shalat subuh beberapa jam kemudian siap siap mengepel lantai dan mencuci piring yang kotor atau biasanya kalau lantai masih keadaan bersih tidak saya pel dan melakukan mencuci piring biasanya piring sudah dicuci dimalam hari. setelah melakukan kegiatan mengepel lantai dan mencuci piring kegiatan yang selanjutnya dilakukan adalah membuka internet yang dilanjutkan melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan kalau beruntung diri kita akan cepat dipanggil untuk interview atau test tapi kalau kurang beruntung kita akan menunggu, seminggu, dua minggu, satu bulan, dua bulan ataupun tiga bulan.

Untuk mengurangi kejenuhan karena selalu berdiam diri dirumah yang saya lakukan adalah mencari makanan murah yang sesuai dengan keuangan saya karena selama menganggur yang saya lakukan adalah harus mengirit pengeluaran agar dapat menyimpan uang dan menggunakan uang untuk hal hal yang penting seperti mengeprint lamaran kerja, foto copy lamaran kerja, beli amplop dan beli perangko atau kilat khusus yang lamarannya untuk dikirim keperusahaan. dan untuk mengurangi kejenuhan yang lainnya yang saya lakukan adalah jalan jalan ke mall sekedar untuk melihat lihat untuk mengurangi kejenuhan atau membeli makanan ataupun minuman yang murah murah yang ada di mall ataupun diluar mall.

Agar membuat diri tetap termotifasi yang saya lakukan adalah terus melakukan pengiriman lamaran kerja sebanyak mungkin dan tentu lamaran yang saya kirim yang sesuai dengan kemampuan saya dan untuk menghilangkan kejenuhan maupun membuat motivasi diri saya sendiri saya berusaha untuk usaha kecil kecilan seperti yang saya lakukan saat ini usaha penyewaan mobil walaupun mobil yang saya miliki hanya satu dan hasil yang saya dapatkan belum sesuai dengan keinginan saya akan tetap saya tetap syukuri dengan hasil yang saya dapat. dan kadang kadang saya selalu melihat kebawah mengenai orang yang pusing untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti sandang, pangan, papan dan ada yang memikirkan apakah besok bisa makan atau tidak sehingga sehari harinya harus menahan lapar karena tidak mempunyai uang untuk membeli makanan maupun pakaian dengan selalu melihat kebawah membuat saya terus mensyukuri hidup dan terus mencari jalan lain agar mendapatkan pekerjaan dan usaha tetap terus berjalan kalaupun usaha tidak berjalan yang saya harapkan saya mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan.

Walaupun diri saya menganggur tapi saya selalu memperhatikan kesehatan seperti tidur jangan terlalu malam dan dibiasakan tidak keluar terlalu malam kecuali memang benar benar ada kebutuhan maka saya akan keluar malam. dan tindakan agar tidak saya lakukan karena udara malam sangat jahat kalau sering keluar malam sepengetahuan saya akan banyak penyakit yang datang mungkin di masa muda belum terasa penyakit yang akan datang tetapi ketika tua akan terasa penyakit yang menghinggapi diri sendiri.

Kegiatan lain yang saya lakukan selain mencari peluang / lowongan kerja melalui koran dan internet saya juga berusaha menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan teman saya dengan harapan apabila ada informasi lowongan kerja maka lowongan kerja tersebut bisa saya dapatkan.

Intinya selama menganggur yang saya lakukan tetap berusaha agar mendapatkan pekerjaan dengan keinginan saya jadi bagi teman teman yang masih menganggur seperti saya selamat berjuang semoga mendapatkan pekerjaan yang diingin inginkan. amin.

Taufiq Rilhardin

/www.taufiqtravel.com

Taufiq Rilhardin lahir di jakarta tanggal 29 april 1978 dan sekarang tinggal di meruya selatan, kembangan, jakarta barat
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?