Ada Reog Ponorogo di Minang Kabau

09 September 2012 08:09:27 Dibaca :
Ada Reog Ponorogo di Minang Kabau

Penyerahan berkas verifikasi Pemilu tadi sore,  yang berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dharmasraya. Partai Demokrasi  Indonesia Perjuangan (PDIP) salah satu peserta pemilu memberikan suasana yang lain, dalam iringan mobil rombongan PDIP beserta simpatisannya dilengkapi dengan gelar acara kesenian sesampai di Kantor KPUD Dharmasraya.

Atraksi kesenian tersebut berupa Reog Ponorogo,  kesenian ini menarik perhatian Pegawai Kantor KPUD beserta pengunjung, karena dari sekian partai yang melakukan penyerahan berkas, hanya PDIP yang memberikan atraksi kesnian. Spontan saja, penduduk yang bermukim disekitar kantor KPUD ikut menyaksikan gelar kesenian yang notabene Suku minang.

Dalam keterangannya, Sekretaris DPC PDIP  mengatakan, Partainya selalu melestarikan budaya leluhur agar terus terpelihara ditengah maraknya budaya barat yang cendrung menarik perhatian generasi muda saat ini.

budaya salah satu perhatian saat ini, tadinya kami juga akan mengikutkan kesenian randai, saluang tapi karena waktu yang mepet dan kurangnya persiapan maka (kesenian) tidak jadi batal ditampilkan. Terang ketua PDIP.

Reog Ponorogo, salah aset budaya yang sangat berharga yang kelak wajib dilestarikan, tidak hanya suku Jawa saja, tapi seluruh masyarakat Indonesia. Budaya salah satu identitas bangsa, dan menjadi sebuah cerminan diri dari sebuah bangsa yang besar.

Walaupun bukan berasal dari Minang Kabau, namun Reog Ponorogo sangat menghibur para pengunjung. Realita ini menandakan bahwa, kesenian dan budaya tidak membuat kita terkotak-kotak, dan keragaman budaya Indonesia merupakan sebuah aset untuk menjadikan Negara ini menjadi  bangsa yang besar.

Jefri Hidayat

/www.jefrihidayat.com

TERVERIFIKASI (HIJAU)

domisili di Sumbar, lajang, 30 tahun. Twitter @jefrineger
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?