Mohon tunggu...
Fitri.y Yeye
Fitri.y Yeye Mohon Tunggu... Administrasi - otw penulis profesional

Wanita biasa.\r\nPenulis Novel Satu Cinta Dua Agama & Rahasia Hati

Selanjutnya

Tutup

Money

Tips Merayu Agar Pelanggan Tidak Lari

4 Mei 2011   12:33 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:05 3520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apakah anda seorang penjual yang baik? Jika belum mari belajar. Saya juga sedang belajar bagaimana menjadi sorang "perayu" yang benar, hingga bisa menjadi penjual yang baik dan menyenangkan. Menjadi penjual memang tidak mudah, karena anda akan dihadapkan pada konsumen yang beraneka macam ulahnya. Mulai dari konsumen yang nurut, tidak banyak nuntut sampai konsumen rewel. Anda harus punya jurus jitu agar pelanggan anda tidak lari dari tempat anda.

Berikut ini tips untuk merayu pelanggan agar tidak meninggalkan anda tanpa belanja.

Pertama : Perhatikan Penampilan

pastikan penampilan anda menarik hati pelanggan, pakaian wajah terutama senyum jangan lepaskan dari bibir anda. Tetaplah perlihatkan wajah ramah dan bersahabat hingga pelanggan betah berada di dekat anda.

Kedua : Percaya Diri

Ini adalah poin penting yang harus anda miliki. Tidak hanya pada diri anda. Tetapi anda harus percaya dengan apa yang anda jual, sehingga anda dapat dengan mudah meyakinkan pelanggan pada produk atau barang yang anda tawarkan.

Ketiga : Pahami selera pelanggan,

untuk yang ini anda harus banyak bersabar. Karena di sinilah pelanggan mulai memperlihatkan ulahnya. Anda harus menjadi pendengar yang baik, saat mereka mengungkapkan penilaiannya terhadap produk anda. Suka ataupun tidak suka dengan komentarnya anda harus mampu memberikan jawaban bijak yang menyenangkan hatinya. Bukan sebaliknya yang membuat dia marah dan malas berbelanja di tempat anda.

Keempat : Memuji Pelanggan

saat anda telah memahami selera konsumen maka anda harus bisa meringankan lidah anda untuk memujinya. Tidak ada salahnya kan memuji orang lain? Apalagi calon pelanggan anda. Karena pada dasarmya manusia memang senang menerima pujian. Tetapi tetap ingat jangan memuji berlebihan.sekedarnya saja. Dan yang kira-kira bisa diterima logika.

Jika hal ini anda lakukan setiap hari, yakinlah anda akan mmpunyai pelanggan setia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun