Jika Saya "Travelling" ke Jepang

12 Juli 2012 12:33:00 Dibaca :


Jika berbicara budaya, maka negara Jepang pantas berada pada urutan pertama untuk kategori budaya terunik di dunia. Dari seluruh negara-negara di Dunia, yang membuat dunia semakin kagum dan dapat memetik banyak hikmah yakni negara Jepang. Negara Jepang dikenal teguh memegang kepercayaan dan melestarikan budayanya. Bagaimana tidak, negara yang terkenal dengan bunga sakura ini memiliki rentetan kepercayaan serta tradisi yang tetap lestari turun temurun. Tidak jarang, budaya Jepang ini begitu mendunia seperti halnya olahraga Sumo yang merupakan sebuah ritual berlatarbelakangkan agama.

Jepang terkenal akan lukisan-lukisan bertemakan alam Jepang. Media yang digunakan berupa kertas persegi empat tanpa bingkai. Kaligrafi tulisan kanji yang diadopsi dari negeri tirai bambu pun, menjadi karakter yang khas dengan kebudayaan Jepang. Arsitektur bangunan Jepang tak kalah menarik. Dinding rumah dari kertas, pintu geser, lampion serta atap melengkung yang identik dengan arsitektur Cina. Banyak hal  di Jepang, yang memang terinspirasi dari Cina, namun disesuaikan agar selaras dengan kehidupan alam Jepang.

Jika saya mendapatkan kesempatan pergi ke Jepang. Ada banyak tempat yang saya ingin kunjungi. Memetik hikmah dari setiap perjalanan karena setiap tempat memiliki pesonanya tersendiri dan setiap tempat memiliki ceritanya tersendiri. Mulai dari tempat bersejarah sampai tempat rekereasi Jepang. Memaknai betapa pentingnya filosofi sebuah tempat yang kita kunjungi. Berikut adalah tempat-tempat yang ingin saya kunjungi.

Ø Ueno Park (Ueno Koen Onshi ) terletak di Taito, Tokyo, Jepang. Tempat ini merupakan tempat yang paling terkenal di Jepang. Disini akan kita temui keindahan bunga sakura. Pada bulan Maret hingga Mei adalah waktu yang tepat untuk menikmati kecantikan bunga ini. Hanami adalah salah satu kegiatan favorit di jepang, berpiknik sambil menikmati indahnya bunga sakura. Ditilik dari sejarahnya, Ueno Park ini dulunya adalah sebuah kuil yang dianggap membawa kesialan, maka dari itu kuil tersebut akhirnya dihancurkan. Satu hal yang menjadi nilai plus untuk taman ini adalah berdiri dengan kokoh sebuah patung  yang sangat terkenal yaitu Saigo Takamori bersama seekor anjingnya (Hachiko). Cerita ini sangat melegenda di Negara Jepang, terkait dengan kesetiaan seekor anjing terhadap tuannya. Disini juga terdapat 3 museum yaitu: Museum Nasional Tokyo, Museum Sains Nasional dan Museum Nasional Seni Barat , ruang konser, sebuah kuil Tosho-gu, Pond Shinobazu dengan kuil Benzaiten-nya, Gojo suci, dan kebun binatang Ueno, membuat daerah ini menjadi area rekreasi dan wisata paling populer bagi penduduk jepang dan orang asing.

Ø MuseumEdo-Tokyo



“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”. Salah satu tempat yang ingin saya kunjungi adalah Museum Edo-Tokyo. Museum Edo-Tokyo merupakan museum sejarah Tokyo yang didirikan pada 1993. Fitur permanen dari pameran yang ada di museum ini adalah replika jembatan Nihonbashi, teater Nakazamura, dan bangunan dari zaman Edo, Meiji, dan Showa.Bentuk bangunan khas dari museum yang terletak di Ryogoku ini mengikuti model sebuah gudang tua dengan gaya kurazukuri. Pusat interpretif dan panduan di museum ini tidak hanya akan menambah pengetahuan Anda tentang Jepang di masa lalu, tetapi juga di masa mendatang yang menyangkut hal pendidikan, transportasi, ilmu pengetahuan, dan politik.


Ø YAMAGATA



Yamagata sebuah kota kecil di pinggiran dan hanya dihuni oleh 250 ribu jiwa.. Hal yang menarik dari Yamagata  pelestarian tradisi yang kuat untuk menggelar festival film.Kota Yamagata berada di lingkungan bukit. Karena berada di wilayah bukit, bisa dibayangkan Yamagata sangat sejuk. Ada satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat, yaitu jalan Nanoka-machi, sepanjang sekitar tiga kilometer. Jalan ini merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan dari pemerintah daerah Yamagata. Bangunan pemerintahan dan pertokoan, menyatu di sepanjang jalan Nanoka-Machi ini.Di sekitar jalan Nanoka-machi terdapat banyak sekali pusat perbelanjaan kebutuhan sehari-hari. Terutama kebutuhan makanan, pakaian, serta perlengkapan rumah tangga. Semua menjajakan produk barangnya, dengan harga yang sangat bervariasi. Terlebih, setelah digelar festival film dokumenter, kota ini makin hidup. Semua produk yang dijajakan sangat unik, khusus untuk menarik para pengunjung.
Di kota Yamagata, ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk bisa dikunjungi dengan jalan kaki. Misalnya saja, di bangunan yang disebut Kyodokan. Kyodokan dibangun pada era dinasti Meiji. Di sini, kita bisa menemukan ringkasan sejarah Jepang dan display-display peralatan medis kala dinasti Meiji berkuasa.

Ø Istana Hiroshima: Tempat Wisata di Jepang Bernilai Sejarah.


Istana Hiroshima adalah bangunan bersejarah di kota Hiroshima yang dibangun pada masa kekuasaan Mori Terumoto. Istana Hiroshima menjadi tempat wisata di Jepang yang populer dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Istana Hiroshima disebut juga sebagai Istana Koi karena pada awal berdirinya istana ini dikelilingi oleh tiga buah parit luas yang berisi ikan koi. Aliran air parit Istana Hiroshima berasal dari sungai Hongawa.

Istana Hiroshima yang berdiri saat ini merupakan penyederhanaan dari bangunan lama yang terdiri dari tiga lapis gerbang. Meski bangunan istana sempat terbakar karena serangan bom atom pada Perang Dunia II, Pemerintah Jepang memugar Istana Hiroshima sehingga kembali ke bentuk semula. Inilah tempat wisata di Jepang yang sarat nilai historis karena telah berpindah kepemimpinan selama beratus-ratus tahun lamanya.

Ø Air Terjun Kegon: Tempat Wisata di Jepang Lokasi Bunuh Diri.


Cerita kepahlawanan Jepang mengenal istilah harakiri sebagai aksi bunuh diri para ksatria yang gagal berjuang di medan perang. Untuk kategori tempat wisata di Jepang, telah ada air terjun Kegon yang populer sebagai lokasi bunuh diri paling populer di negara Jepang. Tempat wisata di Jepang ini terletak di Taman Nasional Nikko, wilayah Tochigi, Jepang. Keindahan air terjun Kegon berasal dari aliran Danau Chuzenji yang mengalir menuju Sungai Daiya. Tempat wisata di Jepang yang satu ini merupakan satu diantara tiga air terjun terindah di Jepang. Dua air terjun indah di Jepang lainnya adalah air terjun Fukuroda dan air terjun Nachi. Air terjun Kegon menjadi tempat wisata di Jepang yang spesial karena banyak seniman Jepang yang mengabadikan moment bunuh diri mereka disana. Meski banyak orang Jepang yang mencoba bunuh diri di kawasan air terjun Kegon, ternyata tempat wisata di Jepang ini masih dibuka untuk umum sampai sekarang.

Ueono Park, Museum Edu-Tokyo, Air terjun Kegon, Istana Hiroshima dan Yamagata adalah tempat-tempat yang paling ingin saya kunjungi. Jepang dikenal sebagai “macan asia”. Etos kerja yang tinggi, indeks minat baca hampir 100 %, disiplin adalah sebagian hal yang patut ditiru oleh bangsa lain. Sepatutnya negeri ini memetik hikmah dari negara yang bangkit setelah pemboman di kota Hiroshima dan Nagasaki 9 Agustus 1945 lalu.

*Dina Fauziah

Aktivis BPM Sampoerna School of Education

NB : Semoga suatu hari nanti penulis dapat mengunjungi negeri Sakura ini..Aamiin

Ayyash Ibnu Sofian

/www.dinafauziah.com

Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komisariat MADANI
Bergerak tuntaskan perubahan!

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?