PILIHAN HEADLINE

Wahai Pemimpin Banten, Kapan KRL Rute Rangkasbitung Beroperasi?

16 Februari 2017 14:57:47 Diperbarui: 16 Februari 2017 21:17:42 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Wahai Pemimpin Banten, Kapan KRL Rute Rangkasbitung Beroperasi?
Peron sementara untuk KRL Commuter Line yang sudah mulai dipasang di Stasiun Rangkasbitung, Banten, Jumat (13/1/2017). Pada akhir Januari atau paling lambat pada awal Februari 2017, layanan KRL Commuter Line mulai melayani hingga Rangkasbitung untuk pemberangkatan dari Stasiun Tanah Abang. (Kompas.com/Alsadad Rudi)

Komuterline jurusan Rangkasbitung yang dijadwalkan beroperasi Februari ini, belum kunjung terlaksana. Persiapan peron, mesin tip, counter pembelian karcis sudah tersedia sejak beberapa minggu lalu belum juga digunakan. Bukan mubazir, tetapi jadwal operasi yang lama membuat ribuan penumpang yang setiap hari menggunakan kereta api ekonomi bertanya-tanya kapan KRL rute Rangkasbitung beroperasi.

Banyak dari penumpang kadang membuat spekulasi sendiri, misalnya karena sedang ada pesta demokrasilah, atau karena sedang proses pengaturan jadwal baru yang rumitlah, atau bahkan kekurangan gerbong kereta. Sampai sekarang belum ada jawaban dan pengumuman pasti kepada para pemoda transportasi. Tetapi untuk diketahui bahwa kereta ekonomi rute Angke-Rangkasbitung selama ini singgah ke stasiun tersebut hampir belasan kali. Jika satu gerbong ekonomi memuat hampir tiga ratus (penuh), maka jika sepuluh sepuluh gerbong, satu kali perjalanan memuat hampir seribu penumpang.

Pintu masuk stasiun Rangkasbitung yang telah dilengkapi fasilitas KRL | dokpri
Pintu masuk stasiun Rangkasbitung yang telah dilengkapi fasilitas KRL | dokpri

Mungkin karena pertimbangan penumpang yang begitu padat sehingga sampai sekarang belum ada keputusan yang resmi untuk jadwal operasi. Sementara hal ini merupakan kebutuhan yang cukup mendesak karena penumpang dari Rangkasbitung-Jakarta maupun jalur sebaliknya setiap harinya makin meningkat. Banyak kemajuan untuk moda transportasi yang satu ini tatkala Presiden Jokowi menjabat presiden karena KRL sampai sekarang sudah melayani hingga rute Maja-Jakarta.

Kabupaten Lebak mungkin merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten yang tingkat pertumbuhannya cukup lambat, karena dari segi pelayanan transportasi saja begitu demikian, apalagi untuk segi yang lain. Bertepatan dengan pilkada Banten ini, masyarakat pemoda transportasi khusus rute ini meminta pemimpin yang baru agar tidak hanya mengobral janji-janji saat kampanye, tetapi melaksanakan janjinya, termasuk mengupayakan pelayanan transportasi comuterline dengan optimal. Ini juga untuk mendukung tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya Kabupaten Lebak agar lebih baik.

Siapa saja yang terpilih untuk memimpin masyarakat Banten ke depan, tolonglah untuk memperhatikan pelayanan transportasi comuterline di rute Jakarta-Rangkasbitung ini. Masyarakat dan pemoda transportasi kereta ekonomi yang selama bertahun-tahun merasakan bobroknya transportasi ini beraharap agar ke depan lebih baik lagi. 

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana