Media highlight

Analisis Berita Online Viva.co.id

11 September 2017   02:16 Diperbarui: 11 September 2017   02:53 292 0 0

MENGANALISIS BERITA ONLINE VIVA.CO.ID

Viva.co.id merupakan portal berita online yang membahas berbagai jenis kejadian atau peristiwa informatif.  Didalam viva .co.id terdapat berbagai macam rubrik yang beragam dan unik. Mulai dari berita politik, metro, bisnis, dan masih banyak yang lainnya.

Viva.co.id mulai diluncurkan pada tanggal 17 Desember 2008. Awalnya, portal ini bernama viva news. Pemilik viva.co.id adalah PT Viva Media Baru dan PT Viva Media Asia. Jenis situs dari viva.co.id berbasis portal berita dan komunitas.

Jika dilihat dari sisi konten teks, web berita online viva .co,id  sangat baik, pembaca tidak mudah lelah membaca berita atau informasi yang ditayangkan pada portal ini. Porsi dari karakter pemberitaan yang diterbitkan oleh viva.co.id sudah dapat dikatakan sesuai dengan penulisan berita online. Alur gaya penulissan dan panjang kalimat sebuah berita online sudah masuk dalam kriteria., meskipun tidak semua berita sesuai dengan kriteria tersebut. Pembaca bisa menjumpai berita yang terlalu pendek dan tidak detail.

Kalau dilihat dari gaya penulisannya, gaya penulisannya tidak membosankan karena porsi yang pas dan gaya bahasa yang disajikan membuat pembaca tidak mudah bosan. Berita yang ditayangkan biasanya hanya bagian-bagian penting saja

Functionality dari web ini sangat mudah digunakan karena tidak terdapat banyak iklan yang muncul ketika kita menggunakannya. Berita atau rubrik- rubrik yang ditampilkan didisain sedemikian rupa yang memudahkan pembacanya. Tampilan dari viva,co.id sangat menarik dengan paduan warna yang cerah membuat mata kita tidak mudah sakit. Hal yang diasa masih kurang adalah jenis font dan ukuran huruf yang kadangkala menyulitkan dalam mencari sebuah berita. Demikian pula dari sisi animasinya, tidak mudah memilih rubrik dari portal berita viva.co.id.

Viva. Co.id juga memiliki fasilitas untuk komunikasi dengan pembacanya. Terdapat kolom komentar yang sudah disediakan oleh viva.co.id. Namun sayangnya, dari hasil pantauan, tidak banyak yang menggunakan fasilitas ini dengan mengirimkan komentar.

Contohnya adalah adalah berita mengenai mobil konsep datsun

Jika kita lihat dari isi beritanya, sebenarnya sudah cukup menarik tetapi kurang detail dan gaya bahasanya kurang berhasil menonjolkan keunggulan dari obyek yang sedang diberitakan.

Ada pula contoh berita yang kurang menarik dan membosankan seperti pada  berita yang bisa di akses melalui link berikut ini

Tidak mudah memang, membuat sebuah liputan atau informasi menjadi berita yang menarik. Perlu diusahakan agar pengunjung portal atau pembaca terus mempunyai keinginan membaca atau membuka portal tersebut.

Oleh: Christopher Wintang Aji