Kesehatan

Obesitas Anak

19 Mei 2017   07:50 Diperbarui: 19 Mei 2017   17:16 18 1 1

Obesitas adalah terjadinya peningkatan berat badan yang disebabkan oleh bertambahnya jaringan lemak tubuh secara berlebihan pada individu. Obesitas yang terjadi pada masa anak-anak dapat beresiko tinggi untuk menjadi obesitas pada masa dewasanya nannti. Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga kegemukan pada masa anak menyebabkan semakin banyaknya jumlah sel otot dan tulang rangka sedangkan obesitas pada orang dewasa hanya terjadi pembesaran sel-sel saja sehingga kemungkinan penurunan berat badan ke normal akan lebih mudah. Anak yang mengalami obesitas pada masanya 75% akan menderita obesitas pula pada masa dewasanya dan berpotensi mengalami berbagai penyebab kematian dan kesakitan antara lain penyakit kardiovaskular dan diabetes melitus dan akibat yang ditimbulkan obesitas ini akan mempunyai dampak terhadap tumbuh kembangnya anak itu sendiri.

Kegemukan tidak hanya disebabkan oleh kebanyakan makan dalam hal karbohidrat, lemak, maupun protein, tetapi juga karena kurangnya aktivitas fisik.  obesitas pada anak adalah faktor penentu yang sangat penting terhaap obesitaas pada usia dewasa. Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tinggi pada remaja memprediksikan peningkatan resiko kematian dan  penyakit kardiovaskuler. lebih dari 60% anak overweight sebelum masa pubertas akan berlanjut hingga masa dewasa awal, hal ini penting untuk diperhatikan karena obesitas memiliki dampak yang dignifikan terhadap kesehatan, status psikososial, kualitas hidup dan usia harapan hidup.

obesitas masih merupakan masalah kesehatan bagi anak dan dewasa. obesitas pada anak adalah faktor penentu yang sangat penting terhadap obesitas pada usia dewasa. Untuk mengurangi angka kejadian obesitas, The United States Dietary Guidelines For Amercans merekomendasikan untuk anak-anak sekolah melakukan aktivitas fisik paling tidak selama 60 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari bermanfaat bukan hanya untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental, hiburan dalam mencegah stres. rendahnya aktivitas fiisik merupakan faktor utama yang mempengaruhi obesitas.