PILIHAN

Sandiaga Goes to Medan: Memberi Kuliah Umum Komunikasi Bisnis

19 Mei 2017 05:12:18 Diperbarui: 19 Mei 2017 08:08:26 Dibaca : 45 Komentar : 2 Nilai : 3 Durasi Baca :
Sandiaga Goes to Medan: Memberi Kuliah Umum Komunikasi Bisnis
Dokumen Pribadi (Kunjungan Bapak Sandi dkk)


Kira-kira apa ya yang menjadi tujuan Bapak Sandiaga Salahuddin Uno datang ke Medan? Kampanye-kah? Bukan. pastinya tidak ada hubungan dengan pemilihan Gubernur Jakarta. Langsung dari TKP, bertempat di ruang sidang FISIP USU tanggal 18 Mei 2017 diadakan Kuliah Umum. Wah. Mengangkat topik “Komunikasi Bisnis Sebagai Elemen Penting Dalam Kewirausahaan”. Dari pintu masuk ke ruang sidang berjubel orang telah menantikan Bapak Sandi. Terlebih banyak sekali wartawan yang hadir untuk meliput. Nah, sempat ditanya wartawan ya? Ya senyum aja, mungkin ini efek dari sohib-an dengan wartawan olahraga ibukota #em-em.

Bapak Sandi menjelaskan bahwa kita harus menjadi pendengar yang baik dimana 45% komunikasi itu dimulai dari mendengar. Lanjutnya, kunci berkomunikasi efektif dalam berwirausaha yaitu  Jelas, Empati, dan Menciptakan Dampak Positif. Jangan lupa bahwa harus ada sumber yang jelas. Pendapat yang dikutip dari Steve Jobs (hasil terjemahan): “Hal luar biasa akan terjadi ketika Anda mendengarkan konsumen”. 

Komunikasi dapat merubah persepsi. Sebagai entrepreneur harus memiliki konsentrasi dan komunikasi yang baik. Awal mula bisnis Bapak Sandi bermulai dari 3 (tiga) orang karyawan dan hingga kini kurang lebih 20 (dua puluh tahun) memiliki 50.000 (lima puluh ribu) karyawan di seluruh Indonesia. Tergabung juga dalam HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

Dokumen Pribadi (Presentasi Kuliah Umum)
Dokumen Pribadi (Presentasi Kuliah Umum)

Di akhir sesi, diberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada dua peserta. Pertanyaan pertama yaitu bagaimana memberikan ide kepada orang lain? Yaitu dengan belajar sendiri dan melalui Selling Idea. Adanya judul, penting dalam berkomunikasi. Pertanyaan kedua yaitu bagaimana peluang usaha dalam komunitas? Yaitu dengan berkomunikasi dan menginspirasi membentuk gerakan. Yang memberikan pertanyaan terbaik diberikan 1 (satu) buah buku yang ditanda tangani langsung oleh Bapak Sandi. Keren.

Wily Wijaya

/wily_wijaya

TERVERIFIKASI

Life is simple, demikan motto hidup saya. Menyukai dunia travelling dan touring..
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL regional

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana