HIGHLIGHT

Sehari Bersama Nissan Juke: Mobil Sporty yang Bikin Happy

22 Oktober 2012 17:25:32 Dibaca :
Sehari Bersama Nissan Juke: Mobil Sporty yang Bikin Happy
Spanduk Acara Ultah Komunitas Nissan Juke Indonesia Association

Minggu, 21 Oktober 2012 saya mengikuti acara ulang tahun pertama komunitas Nissan Juke Indonesia Association (NJIA), dan Test Drive Nissan Juke Indonesia Association ke Sentul City bersama 15 orang kompasianer lainnya. Surprise juga bisa terpilih ikutan acara ini, sebab baru pertama kalinya saya mengikuti acara keren seperti ini. Apalagi ketika ditanya via telepon oleh bagian Marcom kompas.com.

"Omjay bisa mengendarai mobil matic?" Saya pun langsung menjawab, "Belum pernah mas".

Saya mengatakan sejujurnya bahwa saya memang belum pernah mengendarai mobil jenis matic, dan terbiasa menggunakan mobil jenis manual. Saya biasa pakai mobil toyota avanza dengan kopling, gas, dan rem. Saya belum pernah mengendarai mobil dengan sistem otomatis, dimana di bagian kaki hanya ada gas dan rem saja. Kata teman saya, kalau pakai matic lebih enak dalam mengendarainya, terutama di saat macet. Kita tak perlu gonta-ganti kopling atau ganti gigi perseneling.

Mobil Nissan Juke dijual dengan jenis matic yang memiliki engine type 1.5L DOHC 4 CYL Inline (HR15DE). Dengan transmission Xtronic CVT (Continuous Variabke Transmission) membuat mobil ini memiliki nilai tersendiri. Itulah sedikit informasi yang saya dapatkan melalui websitenya di http://www.nissan.co.id.

Undangan ulang tahun komunitas Mobil Nissan Juke dan test drive dengan mobil Nissan Jupe eh Juke sungguh menantang. Saya belum tahu sama sekali karakteristik mobil ini, dan kelebihannya dibandingkan mobil sejenisnya. Hal itulah yang membuat saya sangat antusias dengan adanya acara ini.

Tentu dengan perasaan senang saya hadiri kegiatan hebat ini, meskipun harus berkorban meninggalkan 12 orang mahasiswa saya di jurusan PGSD Universitas Terbuka. Saya terpaksa tak mengajar di hari minggu, dan mengirimkan sms kepada mereka satu persatu agar mengerjakan tugas yang saya berikan, dan mengirimkannya via email. Kesempatan emas ini tak boleh saya sia-siakan.

1350883882288548196
Omjay sedang Narsis di depan Mobil Nissan Juke (Dokumentasi Pribadi)

Pukul 07.00 wib, saya sudah berada di dealer mobil Nissan MT Haryono. Sempat juga nyasar, dan mencari-cari lokasi. Alhamdulillah, ketemu juga lokasi tempat dimana para kompasianer yang terpilih untuk berkumpul melakukan meeting point, setelah dapat sms dari mbak Melati (admin kompasiana), dan mengingatkan ke semua peserta test drive mobil Nissan Juke agar jangan lupa hadir di acara ultah NJIA tepat pukul 07.30 wib.

Di lantai 2 kantor Nissan, 15 orang kompasianer yang akan mengikuti kegiatan ini dibriefing dulu oleh teman-teman dari pengelola kompas.com yang dipimpin oleh pak S. Sebastian.  Kami diminta untuk berhati-hati di dalam perjalanan, dan tidak perlu ngebut. Ikuti mobil di depan, dan kita akan ke lokasi sentul city secara konvoi atau beriringan. Kamipun diberitahu nama teman semobil.

Ada kesalahan dalam penyebutan nama. "Mas Nurul Huda" dipanggil oleh bagian marcom kompas.com dengan sebutan "mbak Nurul Huda". Kamipun menjadi tertawa dibuatnya.

Saya sudah tak sabar ingin segera menaiki mobil Nissan Jupe eh Juke yang keren ini. Banyak teman blogger kompasiana langsung mengambil gambar mobilnya setelah berada di luar.

Oh ya ada yang lupa! Sebelum naik ke lantai 2, saya sempat berkenalan dengan pembawa acara atau presenter acara kegiatan ini. Namanya Kenia Gusnaeni Normansyah, S.SOS, M.M. Saya memanggilnya mbak Kenia yang ternyata alumni SMA Labschool Jakarta, di mana dulu saya juga pernah mengajar di sana. Saya mendapatkan kartu nama mbak Kenia. Saya katakan kepadanya bahwa saya sekarang mengajar TIK di SMP Labschool Jakarta. Wow, alumni Labschool cantik-cantik ya!, hehehe

Usai briefing kami dikasih kaos ALL Size berwarna putih dengan tulisan NISSAN dibagian belakang dan JUKE di bagian depan untuk kami kenakan selama kegiatan berlangsung. Untunglah kaosnya muat buat tubuh Omjay yang endut ini, hehehe. Mas Srondol membisiki saya agar siap jadi reporter acara ini yang akan direkam oleh kameranya yang canggih. Hasilnya akan diupload ke youtube di internet berupa video reportase dari blogger reporter yang digawanginya. Mas srondol memang jagonya dalam video editing.

Sebagai seorang blogger, saya merasakan keberuntungan diajak kompasiana ke sentul city untuk merayakan hari ulang tahun komunitas mobil nissan juke yang pertama. Ada 100 mobil Nissan Juke hadir dalam acara ulang tahun ini. Satu persatu mobil berdatangan ke kantor dealer Nissan dan membuat ramai pagi itu. Saya pun terkesan karena ada mobil Nissan Juke berplat BG ikutan hadir dalam acara ini. Mobil nissan berwarna burning red, solid white, solid black, grey metallic, silver metalic, dan pacific blue beriringan sepanjang jalan. Seperti ada pelangi di mata ini.

Kami berangkat dari dealer nissan di JL MT Haryono Kav. 10 sekitar pukul 8.40 pagi. Ada 5 mobil Nissan Juke 1500cc yang disiapkan oleh nissan untuk ditumpangi 15 orang blogger kompasiana, sedangkan 1 mobil nissan Juke dengan turbo 1600cc dipakai pengelola rubrik automotif kompas.com. Sebelum berangkat, ada pemberitahuan penting dari pengelola kompas.com tentang mobil mana saja yang akan diisi oleh para kompasianer.

1350979254558300997
Bagasi Mobil Nissan Juke yang Luas (Dokumentasi Pribadi)

Setelah semua urusan beres, meluncurlah rombongan kami yang diikuti hampir 100 mobil nissan juke menuju sentul city dengan melalui tol jagorawi. Wah ramai sekali konvoinya. Saya semobil dengan mas Nurul, Kang Tedy, dan mas Adiya yang mengemudikan kendaraan Nissan Juke. Kami mendapatkan mobil berwarna Grey Metallic. Saya menyebutnya, "abu-abu monyet", hehehe.

Selama perjalanan seru juga, dan saya merasakan kenyamanan sekaligus kemewahan berada di dalam mobil nissan juke yang sporty dan bikin happy. Kami sempat berdiskusi dengan teman semobil, dan saya katakan "harga memang tak bisa bohong". Itulah hal pertama yang saya katakan kepada teman-teman semobil. Dengan harga yang pas, membuat pengendara puas dengan kecanggihan, kenyamanan, keamanan, dan keunikan mobil nissan juke ini.

Mengendarai mobil Nissan Juke memang memiliki sensasi tersendiri. Itulah yang dirasakan mas Adiyasa ketika mengemudikan mobil ini. Gasnya empuk, dan remnya pakem banget. Siapapun pasti akan merasakan sensasi yang berlebih dan memukau dengan fasilitas yang ada di mobil nissan Juke. Apalagi bila anda berada di dalam Nissan Juke RX Red Edition. Dari brosur yang saya dapatkan, Nissan Juke semakin memukau dengan Red interior Panel, Sporty Leather Seat, Center Armrest with Console, Roof Spoiler, New Grey Color Grille, dan berbagai teknologi terdepan lainnya.

1350976404508081515
Brosur Mobil Nissan Juke yang dibagikan dalam Goodybag (Dokumentasi Pribadi)

Dengan Safety SRS Airbag System, Seat belt, Immobilizer, Alarm, ABS, EBD, dan BA membuat mobil ini terasa kenyamanan dan keamanannya. Tak salah bila banyak orang membeli mobil ini dengan Rr parking sensor dan keyless serta start/stop engine yang canggih. Faktor-faktor itulah yang membuat mobil ini memiliki kelasnya tersendiri sebagai mobil sporty City yang bikin "Happy". Orang senang berada di dalamnya berlama-lama. Keamanan dan kenyaman menyatu dalam mobil Nissan Juke yang memiliki 5 grade yaitu: engine, exterior, interior, Safety, dan dimentions.

Sepanjang jalan menuju sentul City saya justru tertidur, dan bermimpi indah. Dalam mimpi saya mengemudikan mobil ini dengan gadis cantik di sebelah kiri saya. Ketika saya hendak menciumnya, tiba-tiba saya terbangun dari mimpi, karena mas Adiyasa menekan rem mobil secara mendadak. Pakem banget remnya, sehingga saya yang berada di belakang bersama kang Teddy benar-benar merasakan kenyamanan berada dalam mobil Nissan Juke dengan assesoris lengkap. Kami menikmati lagu-lagu indah dengan penyanyi bersuara merdu dari radio atau audio digital yang dipasang dalam mobil. Wow enak tenan rek!

Tak berapa lama, kami pun sampai di Taman Budaya, sentul city, dan saya merasakan bagaimana mobil Nissan Juke diparkir oleh mas Adiyasa. Alarm dan Rr parkir sensor berjalan sangat baik sehingga tak memerlukan tukang parkir untuk memarkirkan mobil Nissan Juke ini.

1351044225995351052
Mobil Nissan Juke yang Omjay Tumpangi dengan Mas Nurul, Mas Adiyasa, dan Kang Teddy (Dokumentasi Pribadi)

Ultah komunitas mobil Nissan Juke yang Meriah.

Setiba di lokasi acara, kami diminta untuk melakukan registrasi ulang, dan mendapatkan goodybag dari panitia ulang tahun Nissan Juke yang pertama. Ramai dan meriah suasananya. Saya melihat banyak stand sponsor berdiri ikut memeriahkan acara. Dari sisi dana, nampak benar acara ini didukung 100 % oleh Nissan Indonesia. Adanya komunitas mobil Nissan Juke Indonesia (berdiri 15 Mei 2011) sangat membantu mereka dalam memasarkan produk mobil Nissan yang memang sangat inovatif dalam dunia automotif di dunia internasional. Sudah lebih dari 600 member dalam komunitas NJIA ini, dan sudah ada 14 award atau penghargaan yang didapatkan selama NJIA berdiri selama 1 tahun. Tak salah bila komunitas mobil ini menjadi primadona dan disukai oleh kaum tua dan muda.

Pembawa acara mbak Kenia langsung membuka acara dengan hangat. Sambutan demi sambutanpun digelar. Ketua NJIA, Mas Andre dan Presiden direktur Nissan Motor Indonesia, Mr. Kintaro Izumida memberikan sambutannya. Film tentang mobil Nissan Juke pun diputar. Setelah pemutaran film, acara langsung dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Seru sekali suasananya, karena ada juga anggota komunitas yang berulang tahun hari itu. Lagu panjang umur, dan happy birthday atau selamat ulang tahunpun kami nyanyikan secara bersama-sama dan membuat suasana acara menjadi meriah dan penuh berkah.  Salut buat kekompakan komunitas mobil ini yang mengingatkan saya akan kekompakan komunitas blogger bekasi di ultahnya yang ketiga beberapa waktu lalu.

13509766141761682530
Kue Ulang Tahun yang Menggoda (Dokumentasi Pribadi)

Usai pemotongan tumpeng, mbak Kenia (MC) memberitahu kami untuk mengikuti materi ECO Driving, dan bagaimana caranya menghemat bahan bahan minyak (BBM). Tentu materi ini sangat menarik, dan sangat ditunggu oleh mereka yang hadir pada saat itu. Saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

13509767852078769654
Presentari Materi Eco Driving dari Mas Caraka (Dokumentasi Pribadi)

Dalam materi ECO Driving yang disampaikan oleh mas Caraka dari professional trainer Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC), kami menjadi lebih tahu bagaimana mengemudikan kendaraan menjadi lebih baik. Mas Caraka memberikan contoh-contoh nyata termasuk video yang sangat menarik. Saya begitu menikmati materi ini dan memfotonya slide demi slide yang dapat anda lihat di facebook omjay di sini dan di sana. Untuk materi Eco driving ini, saya akan buatkan dalam tulisan tersendiri di sini.

Tak terasa, waktu telah bergulir menuju makan siang. Kegiatan dihentikan sejenak untuk menikmati makan siang yang disiapkan secara prasmanan, istirahat, dan sholat dzuhur.  Usai istirahat, sholat, dan makan siang direncanakan materi yang lebih seru lagi tentang perawatan mesin dan menjaganya dari kerusakan parah akibat kesalahan pemakaian.

Pada saat beristirahat, saya bertemu dengan mantan murid Labschool (Rani) yang hadir dalam acara ultah komunitas NJIA. Kamipun langsung berfoto bersama untuk melepas rindu. Rani yang memakai jaket levis ternyata hadir lengkap dengan anggota keluarganya. Surprise banget! Hari ini saya bertemu alumni Labschool yang cantik-cantik. Ultah komunitas NJIA mempertemukan kami.

Acara berikutnya lebih menarik lagi. Kami yang hadir ditunjukkan dengan canggihnya teknologi Lupromax. Pelumas mesin ini biasa dipakai untuk kendaraan militer. Saya sempat takjub ketika didemokan pemakaian pelumas ini dengan peralatan yang sudah disediakan. Lupromax memang luar biasa! Sangat pantas sekali mendapatkan penghargaan dari MURI. Mas Hazmi Srondol langsung mengabadikan adegan ketika demo pemakaian Lupromax yang mempesona melalui kamera canonnya.

1351045543305574069
Kaos Lupromax (Dokumenasi Pribadi)
13509770761941652989
Presentasi dari Lupromax (Dokumentasi Pribadi)

Setelah materi selesai, kami langsung diarahkan menuju tempat test drive mobil Nissan Juke. Satu persatu kompasianer dipersilahkan mencobanya dengan cara maju dan mundur serta belajar parkir. Ketika saya hendak mencobanya, hujan turun sangat derasnya. Kami semua terpaksa keluar dari lokasi untuk berteduh. Kegiatan test drive bagi saya secara pribadi, tidak berjalan sempurna, karena saya belum sempat mencobanya. Hujan turun cukup lama dan membuat kita terpaksa menunggu lama di pendopo taman sampai hujan mereda.

13509772222034042569
Menunggu Giliran Test Drive Mobil Nissan Juke (Dokumentasi Pribadi)

Ternyata hujan tetap saja turun. Akhirnya, panitia memutuskan untuk pulang sambil menggunakan mobil Nissan Juke di saat hujan. Bagus juga akhirnya, kami menjadi tahu kondisi mobil Nissan Juke di saat hujan. Di dalam mobil saya merasakan Nissan Juke sudah dipersiapkan dalam kondisi apapun termasuk hujan besar. Kami menikmatinya di dalam mobil, dan tanpa terasa mobil sudah mendekat ke dealer nissan MT Haryono kembali dengan cuaca yang sangat cerah.

13509774221916829412
Kondisi mesin Nissan Juke 1.6L Turbo (Dokumentasi Pribadi)

Begitu sampai, saya langsung memotret kondisi mobil dan mesinnya. Lalu saya bandingkan mesin mobil 1500cc (1.5L) dengan 1600cc (1.6L Turbo) yang secara kebetulan parkir berdampingan. Sayapun langsung mewawancarai mas Aris Jambul dari pengelola automotif kompas.com, dan direkam dengan kamera mas Hazmi Srondol. Alhamdulillah sudah tayang di youtube.

Dari body mesin terlihat, 1600cc atau 1.6L jauh lebih padat isinya dan nampak sekali lebih canggih mesiannya daripada 1500cc. “Harga memang gak bisa bohong”, begitulah mas Nurul Huda menirukan gaya saya berbicara. Nissan selalu memanjakan para pemakai produknya. Sebagai blogger saya cukup bangga juga karena mendapatkan berita tentang nissan juke 1,6L Digturbo yang tidak diperoleh oleh media arus utama. Kami besyukur hari ini dapat mengenal lebih dekat mobil Nissan Juke yang menggoda.

135104494212548784
Kondisi Mesin Nissan Juke 1.5L yang saya tumpangi

Akhirnya, sehari bersama Nissan Juke: mobil sporty yang bikin happy membuat saya kagum dengan kecanggihan mobil sport yang satu ini. Sensasi mobil ini memang bikin "happy". Terima kasih sudah diberi kesempatan menikmati kecanggihannya. Semoga saya mendapatkan rezeki dari Allah, dan dapat membeli mobil Nissan Juke yang sports car ini. Mohon doa dari pembaca.

Catatan: Buat pembaca yang mau menonton video kegiatannya bisa dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=PoLhQQegCTM, hasil dari editan mas Hazmi Srondol.

13509555151756508277
Wawancara Omjay dengan Mas Aris dari Kompas.com (Dokumentasi Pribadi)
https://twitter.com/wijayalabs Sehari Bersama Nissan Juke: Mobil Sporty yang Bikin Happy #1stJukeDay http://kom.ps/AC9DqI via @kompasiana https://www.facebook.com/wijaya.kusumah https://www.facebook.com/irma.susanti.161/posts/316520401789334?comment_id=1580339 https://www.facebook.com/wijaya5445454545?ref=tn_tnmn Salam blogger persahabatan Omjay http://wijayalabs.com

Wijaya Kusumah

/wijayalabs

TERVERIFIKASI (BIRU)

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?