HIGHLIGHT

Catatan Harian Seorang Guru: Buat Siapa Kamu Ngeblog?

17 September 2012 17:41:23 Dibaca :
Catatan Harian Seorang Guru: Buat Siapa Kamu Ngeblog?
Buat Siapa Kamu Ngeblog?

Banyak teman yang mengatakan kalau blog yang saya buat dan kelola adalah blog gado-gado dan rujak. Isinya ada untuk umum, ada untuk guru, dan ada untuk murid. Pokoknya semuanya menyatu menjadi satu seperti gado-gado pakai lontong yang lezat, dan rujak yang pedes. Tak heran bila pengunjung blog pribadi saya di http://wijayalabs.com selalu banyak dikunjungi oleh orang lain. Ratusan blogger atau pembaca pastilah berkunjung ke tempat ini setiap harinya. Saya pun bersyukur karena telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu pemenang guru era baru (guraru) acer award 2011.

Omjay di Pelatihan Guru Menulis DepokOmjay di Pelatihan Guru Menulis Depok

Saya bersyukur kepada Allah, karena blog yang saya buat dan kelola ini tak pernah sepi dari pengunjung. Hal itu dapat terlihat dari jumlah pengunjung yang terpasang secara otomatis di dalam blog yang saya kelola dengan sangat baik.  Itu artinya, blog pribadi yang saya buat memang layak dibaca dan dikomentari. Saya berusaha untuk membuat sebuah postingan yang bukan hanya baik, tapi terbaik. Itulah sebabnya blog yang saya kelola tak pernah sepi dari pembaca karena memberikan pencerahan buat mereka. Ada saja orang yang tidak saya kenal mampir ke dalam blog pendidikan yang saya kelola dengan penuh suka cita.

Blog pribadi guru tak harus melulu untuk peserta didiknya. Blog juga bisa berperan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada blogger lainnya. Tak perlu ragu bila blog digunakan juga sebagai sarana promosi diri. Narsis sedikit bahkan sampai abis sudah menjadi ciri khas seorang blogger. Pemilik blog harus mampu menghargai dirinya sendiri, dan katakan kepada dunia bahwa dia memiliki potensi unik yang tidak dimiliki oleh orang lain. Pemilik blog harus memiliki percaya diri yag kuat bahwa dirinya adalah orang hebat.

Saya sudah niatkan blog yang saya buat ini seperti rujak dan gado-gado. Makanan ini menyehatkan dan menyegarkan. Siapapun bisa menikmatinya. Tua muda, miskin kaya, laki perempuan, siang malam, silahkan saja mengunjungi rumah virtual saya di dunia maya. Rumah ini akan selalu buka 24 jam, dan tentu saja semua komentar yang dituliskan akan diimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari spam dan komentar yang asal tulis.

Blog juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Guru dan murid dapat berinteraksi di dalamnya. Bahkan blog bisa dijadikan media tes online dalam bentuk essay dan pilihan ganda. Saya sudah mengujicobakannya dalam penelitian Tindakan kelas (PTK), dan laporan PTKnya saya presentasikan dalam simposium nasional hasil penelitian dan inovasi pendidikan di Bali (2011) yang diselenggarakan rutin tiap tahun oleh balitbang kemendikbud.Tahun ini, saya tak mengikutinya, karena PTK yang saya buat tentang pemanfaatan email sebagai media portofolio dan penilaian autentik siswa belum masuk dalam siklus ketiga, dimana dalam siklus ini saya merasa lebih yakin bahwa email dapat dimanfaatkan sebagai media portofolio dan penilaian autentik siswa.

Saya merasakan, adanya blog guru, membuat peserta didik menjadi gemar membaca. Awalnya mungkin sebagai pemaksaan, tetapi lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Dimana peserta didik menjadi gemar membaca dan senang menulis. Tentu semua itu melalui proses yang cukup panjang, dan guru harus menjadi pemandu agar pemanfaatannya tepat sasaran. Guru harus menjadi role model bagi para peserta didiknya dalam memanfaatkan blog sebagai alat rekam yang ajaib. Keajaibannya akan terasakan seiring dengan kegiatan kita menulis setiap hari. Itulah teknik SEO tertinggi daripada ilmu SEO manapun. Menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi.

Blog yang saya buat dan kelola ini sebenarnya untuk siapa? Saya buat blog ini untuk semua pembaca blog saya. Baik itu murid-murid saya, maupun  siapa saja yang menyukai tulisan yang biasanya saya ambil dari pengalaman sebagai seorang guru yang menjadi blogger. Menulis dimanapun bagi saya, memiliki kebahgiaan tersendiri. Hal yang paling bahagia adalah menulis di blog pribadi. Sebab kita sendiri yang menjadi adminnya. Kita bisa bergerak bebas dan menelurkan ide-ide orisinil dalam tulisan-tulisan yang kita buat.

Blog bagi saya adalah alat rekam yang baik, dan ajaib. Tugas -tugas siswa dapat terekam di sini, dan dengan begitu akan melatih mereka untuk senang menulis. Minimal mereka dapat berkomentar dengan baik, setelah membaca tulisan gurunya. Siapa yang membaca dengan baik, pastilah akan memberikan komentar dengan baik pula. Bukankah blog dapat dijadikan media untuk meningkatkan minat baca siswa?

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Wijaya Kusumah

/wijayalabs

TERVERIFIKASI (BIRU)

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?