TKI Ilegal (?),Masuk Saudi Lewat Bandara Jogya

18 April 2012 10:20:59 Dibaca :

Pemberhentian sementara pengiriman TKI Migran ke Saudi Arabia sejak Agustus 2011 hingga saat ini (04/2012) masih belum dibuka.Setidaknya kami belum menerima atau melihat informasi resmi tentang pembukaan kembali TKI ke Saudi.

Ditambah dengan pernyataan Menakertrans yang di muat detik.com,tanggal 5 Januari 2012,yang menyatakan bahwa Moratorium TKI ke Saudi belum dibuka.

Pernyataan ini membuktikan hingga saat ini Moratorium masih berlaku,dikatakan sumber tersebut bahwa Moratorium masih sedang terus digodok dan diperbaharui,dengan mempersiapkan segala jenis perangkat didalamnya,terutama tentang perlindungan TKI.

Namun menjadi ragu ketika hari ini Rabu (18/04/12),penulis bertemu dengan TKI Sopir suami isteri ,ketika sedang menjemput anak majikannya di sebuah Madrasah Ibtidaiyah 681.District Al Rayyan.Riyadh.

Dalam perbincangan sangat singkat dengan penulis,beliau mengatakan mereka datang bulan Januari 2012 kemarin dengan penerbangan Bandara Jogjakarta.

Ketika ditanya lebih jauh mereka seolah menutupi data PJTKI dan secepatnya menghindar dari kerumunan para rekan TKI lainnya yang sedang menunggu anak majikan keluar sekolah di pintu Madrasah,termasuk tidak menjawab pertanyaan penulis lebih jauh.

Kenyataan di atas bisa menganggu semua proses negosiasi antara RI dan Saudi tentang tujuan Moratorium yang sebenarnya,dimana pihak RI tidak akan kuat dalam mengajukan beberapa persyaratan peningkatan perlindungan yang selama ini di perjuangkan.

Dengan lolosnya TKI (ilegal) saat ini,pelecehan terhadap TKI akan terus berjalan di Saudi,karena warga disini akan beranggapan TKI di tanah air sangat memerlukan mereka,nyatanya meskipun ilegal mereka tetap ngotot dan nekad masuk Saudi.

Bukankah nekadnya TKI dan penyalur ilegal itu hanya dengan satu alasan,mereka butuh uang dan pekerjaan,meskipun resiko perlindungan bahkan keselamatn jiwanya terancam.

Selain TKI yang berhasil saya temui langsung,juga teman-teman TKI lain banyak yang mengatakan bahwa adapula TKI yang masuk lewat kota-kota lain di seluruh pelosok tanah air.

*) Catatan : Ilegal yang dimaksud di judul di atas,adalah konteknya dengan masih berlakunya Moratorium TKI informal Saudi saat ini (april/2012).Terima kasih.

Referensi : di sini

Aang Suherman

/wierodjampang

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Petani __Ekspresi apa adanya semoga bermanfaat.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?