Cerpen

Sebuah Layanan Konseling terhadap Tindak Kekerasan

21 Maret 2017   19:11 Diperbarui: 21 Maret 2017   19:17 33 0 0

Beberapa aksi kekerasan telah menjadi ancaman bagi masyarakat saat ini,baik aksi ini dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok sudah menjadi pembicaraan orang setiap hari. Bahkan banyak sekali link baik dari facebook,line maupun berita berita di majalah yang setiap harinya membahas tentang tindak kekerasan . hal ini menjadikan warga semakin resah karena tindakan yang menyimpang ini tidak hanya terjadi perumahan saja namun bisa terjadi dimanapun saja seperti di jalanan maupun disekolah. Kekerasan inipun ada beberapa macamnya  yaitu bisa dilakukan dengan hanya mencaci maki dan ada pula yang sampai memukul dan meninju.

Perilaku tindak kekerasan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga banyak dari kalangan anak anak baik usia dini maupun usia remaja. Hal ini terjadi bisa karena dua factor yaitu factor internal maupun factor eksternal, factor internal seperti dari keluarga biasanya terjadi karena kurangnya kasih sayang(broken home) dan kurangnya pengawasan dari orang tua namun bisa juga anak beraksi kekerasan karena factor eksternal seperti lingkungan yang kurang baik maupun pertemanan di rumah maupun di sekolah. Sebagai orang tua pasti akan resah jika anak dari mereka terpengaruh oleh tindakan tindakan yang menyimpang tersebut. 

Seperti di beberapa daerah telah terjadi tindak kekerasan yang dilakukan oleh anak anak yang putus sekolah maupun pengangguran namun anak anak yang masih menempuh sekolahpun juga banyak yang terkena kasus karena melakukan  tindak kekerasan . seperti yang terjadi saat ini banyak kasus pembegalan , perampokan yang hal ini dilakukan oleh anak anak yang masih duduk di smp maupun sma. Sekolah sebagai wadah dan telah diberi amanah oleh masing masing orang tua pasti juga akan ikut memikirkan  perilaku perilaku dari siswa yang menyimpang dari aturan dan norma yang telah ditetapkan. Sekolah juga berupaya memfasilitasi siswa dengan layanan bimbingan dan konseling ,  dimana layanan konseling kelompok ini adalah suatu upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam katagori penyembuhan dan pencegahan. 

Melalui layanan konseling kelompok ini dapat membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga dapat berkembang secara optimal. Konseling kelompok ini bersifat memberikan kemudahan dalam pertumbuhan dan perkembangan individu, dalam arti bahwa konseling kelompok memberikan dorongan dan motivasi kepada individu untuk membuat perubahan perubahan atau bertindak dengan memanfaatkan potensi secara maksimal.semoga dengan adanya layanan konseling kelompok ini bisa menjadi bahan buat menindak lanjuti perilaku perilaku yang menyimpang di sekitar kita.