Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Jembatan Penghubung Diuji Coba, Akses Mudah Nostalgia Sop Janda

12 Agustus 2017   13:19 Diperbarui: 13 Agustus 2017   09:04 161 1 1
Jembatan Penghubung Diuji Coba, Akses Mudah Nostalgia Sop Janda
(Jembatan penghubung yang diujicoba/sumber foto adalah dokumentasi pribadi)

Digenjotnya pembangunan infrastruktur diseluruh pelosok negeri memberikan efek positif  yang bisa dirasakan oleh masyarakat.Terlepas dari pro dan kontra tetap ada sisi positif yang bisa diapungkan terutama dalam hal kemudahan akses dan waktu tempuh yang menjadi lebih cepat.Sisi lainnya tentu pengembangan diberbagai hal lainnya termasuk dalam hal urusan menikmati sedapnya Sop Janda Bu Darmi dikawasan MM2100 Cibitung.

Sop Janda Bu Darmi yang berada dibelakang kawasan industri MM2100 memang sudah terkenal dikalangan pemburu kuliner sop tulang iga dan daging.Apalagi aksesnya jika berada dikawasan MM2100 cukup mudah yakni  Jl. Akses MM2100, Kp. Rawa Julang, Desa Gandamekar, Cikarang Barat dengan titik koordinat GPS -6,2966770, 107,0771665 di belakang kawasan industri MM2100 lebih mudah aksesnya lewat Kantor Pos MM2100.

(semangkok sop janda bu darmi/sumber foto dilansir dari urbancikarang)
(semangkok sop janda bu darmi/sumber foto dilansir dari urbancikarang)

Saat penulis masih bekerja di PT. Sony Electronics Indonesia tahuan 2000-an, Sop Janda Bu Darmi selalu menjadi tujuan untuk menikmati pedasnya sop tulang iga dan daging sapi ala Bu Darmi.Sop Janda sendiri bukan singkatan dari Jawa Sunda tetapi berdasarkan informasi karena Bu Darmi saat membuka usahanya pada tahun 1997-an berstatus janda.Jadi sop janda sendiri diambil dari status beliau yang memang menjanda kala itu.

Pertama kali bingung karena sop daging pakai cabe dan tidak tanggung-tanggung banyak lagi sehingga timbul pikiran ini sedang makan sop daging pakai cabe atau makan cabe disiram sop daging.Soal rasa jangan ditanyalah dan berkat informasi dari mulut ke mulut RM. Sop Janda Bu Darmi dikawasan MM2100 pun kian ramai dikunjungi para pecinta sop daging dan tinggal 'search' dimbah google dengan kata sandi Sop janda bu Darmi Cibitung maka kita akan segera mendapatkan informasinya.

koleksi pribadi
koleksi pribadi

Namun sejak bekerja dikawasan industri EJIP Cikarang aktivitas berburu kuliner sop janda Bu Darmi pun jadi berkurang,malah kalau dibilang sudah jarang.Jauhnya akses karena harus keluar dari kawasan EJIP menuju tol Jakarta-Cikampek baru masuk ke kawasan industri MM2100 tentu membutuhkan waktu lebih dari dua jam (bisa ngambek boss kalau saya maka disana).Belum lagi macet yang sering terjadi dijalan tol baik yang menuju atau dari arah Jakarta.

Kini jembatan penghubung yang sudah dibangun sejak empat tahun lalu sudah mulai diujicobakan per 9 Agustus 2017.Jembatan penghubung antara kawasan industri EJIP Cikarang via kawasan industri Lippo ke kawasan industri MM2100 Cibitung memudahkan akses menuju RM. Sop Janda Bu Darmi dengan menggunakan kendaraan roda empat (kebetulan untuk kendaraan besar seperti bis atau truk belum boleh melintasi jembatan penghubung tersebut).

Walau diujicoba hanya mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB, setidaknya kehadiran jembatan penghubung tersebut memudahkan kita menuju kawasan industri MM2100 Cibitung.Sekaligus memudahkan akses menikmati sop janda ala Bu Darmi yang resepnya sebenarnya hampir sama dengan sop iga lainnya yakni lada,bawang merah,bawang putih,cabe dan jahe yang tentunya dikombinasikan dengan bumbu rahasia ala Bu Darmi.

Penulis pun berencana dengan rekan pekerja pabrik lainnya menikmati kembali pedasnya sop janda Bu Darmi yang terkenal itu sekaligus bernostalgia dengan suasan disana yang sudah ramai dengan kehadiran rumah makan sop iga dan daging lainnya.