Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

5 Alasan Mengapa Facebook Kurang Populer di Jepang

22 September 2017   08:07 Diperbarui: 22 September 2017   21:56 9772
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: theegg.com

Kemarin saya hisashiburi ketemu teman Jepang di restoran Indonesia. Karena dia pertama kali datang ke restoran Asia, saya memberikan rekomen makanan yang enak yang mungkin dia suka, kwetiaw goreng! Dia pun ingin coba makanan itu dan saya pesan mie goreng, biar nanti kami bisa tukeran saling icip-icip, haduh Indonesia banget ya hahaha. 

Setelah makanan datang, saya langsung keluarkan HP dan foto makanan saya karena cantik sekali. Ada sekuntum bunga anggrek ungu sebagai hiasannya. Wah, anggrek di Jepang kan mahal sekali, nanti saya bawa pulang ah bunga ini, kata saya gak tahu malu, hahaha. Gak disangka semua anggrek yang ada di makanan kami oleh teman Jepang saya dikumpulkan dan ditaruh di plastik untuk saya bawa pulang, hahahaha. Haduh ini mah ngerampok bunga ya, kata saya becanda pura-pura malu-malu meong tapi dalem hatinya sueneng bangett! :D

Saat saya foto makanan ternyata temen saya perhatikan gerak-gerik saya. Dia pun bertanya, "Weedy san, SNS yatteru no?" Kaget juga saya ditanya begitu, emm iya, saya punya akun Facebook, Twitter, dan Instagram. Dulu saya tidak aktif dan kurang suka main begituan, tapi setelah saya buat buku, sepertinya saya butuh SNS untuk mempromosikannya, Facebook untuk meng-share tulisan, dan Instagram untuk menyimpan draft foto-foto yang akan saya jadikan image untuk tulisan. 

"Hee Naruhodo ne (oh begitu ya)... Nanka omishirosou (sepertinya menarik ya)." 

Di Jepang, kata paling populer untuk menyebut media sosial adalah SNS: Social Networking Service. SNS itu di dalamnya bisa Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Entah mengapa, saya tidak merasakan suasana kalau teman-teman Jepang, ibu-ibunya di lingkungan rumah, teman-teman kenalan, murid-murid Jepang, anak-anak kecil heboh bermain media sosial seperti apa yang saya rasakan ketika kemarin saya mudik di Indonesia. 

Indonesia demam Facebook
Saya kaget loh, ibu saya punya akun FB!! Hahaha...haduh maa, ngakak deh saya pas adik saya cerita kalau kemarin dia yang membuatkan akunnya. Bener-bener sudah pada demam FB semuanya, anak-anak kecil, remaja, orang tua, kakek nenek, segala umur dan segala lapisan sosial, kaum pelajar, pegawai, ibu rumah tangga, bahkan yang lucunya nih waktu saya mudik dan ketika sedang nunggu ojek di pangkalan, gak sengaja denger perbincangan dua orang abang-abang jualan yang lagi pada jidori, gantian selfie bergaya dengan berbagai pose! 

Dengan bangganya mereka kayanya masukin ke Pesbuk, ngedenger logat daerah mereka haduh ini mulut saya sudah gak kontrol untuk nyengir, untung bawa selampe bisa pura-pura tutup mulut sambil batuk-batuk kecil padahal ngakak. Lucu banget sih, Bang! 

Pokoknya nggak ada yang nggak tahu pesbuk eh Facebook kayanya.

Balik lagi ke Jepang, kenapa ya teman-teman saya di sini jarang main media sosial. Sampe pas ada acara kumpul-kumpul saya tanya aja apakah ada yang punya akun SNS. Ada dua orang teman saya punya akun FB ternyata. Tapi kebanyakan tidak aktif. Memang sih, dua orang teman saya itu sudah beberapa tahun tidak pernah posting apa-apa, terakhir dia posting itu saat acara Shichi Go san, acara perayaan anak umur 3, 5, 7 tahun.

Kenapa ya orang Jepang kurang suka bermain media sosial?

  1. Budaya malu
    Pemalu. weheartit.com
    Pemalu. weheartit.com
    Ada temen Jepang yang punya akun FB, saya pernah lihat dia posting foto dirinya sedang pergi wisata, karena jarang lihat foto dia di akunnya itu, pas dia pasang waduh mezurashii, saya langsung memberikan komentar dan memuji gaya dan kecantikannya. Kaget dia, "Waduh Weedy san arigatou," katanya. Dan banyak sekali komentar dari teman-teman Jepangnya yang masuk, tapi habis itu kayanya hilang postingannya entah deh dihapus atau di setting private. Pas saya tanya, katanya aduhhh hazukashiiii akuuu, aku maluuu! Ngedenger jawabnya cuma begitu ngakak lah saya, ampun deh belum tahu kamu yaaa di Indonesia bisa satu album sendiri loh ada yang suka mosting muka hahahaha! Lain lubuk lain belalang ya :D

  2. Risih pamer kemesraan
    Nah ini lucu lagi, orang Jepang itu aneh banget deh. Jangankan di dunia maya ya mereka orangnya maluan untuk pamer kemesraan lah ini di dunia nyata ajaaaa mereka bisa loh malu-malu kuciang. Dulu saya sempet diledekin temen-temen apartemen ketika mereka lihat saya pegangan tangan dengan suami, "Aduh Weedy san to danna san, romantis sekali ya, itsumo rabu-rabu, seperti orang falling in love!" Wkwkwkw saya cuma heran lah ini kan pegangan tangan doang pegimana sampe ciuman (pipi) depan umum ya atau pelukan hahaha bumi gonjang ganjing kali :D

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
    Lihat Lyfe Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun