Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ragam Kisah Unik tentang Sampah di Jepang

9 September 2017   05:59 Diperbarui: 9 September 2017   16:47 8784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sampah rumah tangga yang bisa di bakar (Moerugomi) dokpri.

Dulu waktu pertama tinggal di Jepang, hal yang bikin kepala kleyengan adalah soal adaptasi dengan sampah. Gimana gak pusing, milahin sampah kok jadi kerjaan banget ini, dari yang bersihin botol minuman sebelum di buang sampai harus beli kantong khusus untuk buang sampah! 

Dan ternyata ngomongin sampah memang gak ada habisnya. Kisah-kisah unik tentang si sampah ini pun berguliran saya temui dan kisah ini sempet bikin saya kaget juga, selain harus hati-hati karena saya pernah alami sendiri ada juga kisah yang saya dengar dari temen-teman Jepang dan melalui berita televisi. 

1. Salah beli kantong plastik sampah

Kejadian yang bikin saya harus super hati-hati. Waktu itu saya pergi ke rumah mertua saya, dan kebetulan di deket rumahnya dibuka home center baru. Biasanya opening toko itu harga-harga barang akan sangat murah sebagai promosi awal. Melipirlah kesana. Sampai sana, sibuk tangan comat-comot sabun cuci, sampo, pembersih kamar mandi dan toilet paper. 

Setelah selesai menuju ke kasir, saya baru ingat kalau kantong sampah di rumah habis! Waduhh, melesatlah buru-buru ke rak bagian kantong-kantong sampah berbagai ukuran itu dan segera memasukkan ke dalam keranjang. Setelah pembayaran selesai saya temui suami yang nunggu di mobil. 

Sebelum jalan, saya tanya suami, 

"Pa lucu deh masak kantong plastik di sini warna dan gambarnya beda loh sama yang biasa saya beli di supermarket deket rumah? 

Lalu suami langsung liatin muka saya, HAH..mama, masaka, jangan-jangan kamu beli kantong sampah di sini??

Iya, sekalian tadi belanja saya beli soalnya stock sudah habis, lhoo emang kenapa? saya mulai deg-deg duar! 

Haduh kamu tuh ya, engga baca apa tulisan di kantong plastiknya apa? Buru-buru saya ambil kantong belanjaan dan periksa plastik sampah yang tadi dibeli. 

Daaannn...jeng jeng jeeenggg...saya salah beli!!! Lhoo pa, ini tulisannya kok Nagareyama ya (kota sebelah), terus boleh gak kita pakai di untuk di rumah nanti?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun