Augmented Reality Sebagai Alat peraga di Sekolah

31 Desember 2012 18:34:25 Dibaca :
Augmented Reality Sebagai Alat peraga di Sekolah
-

Pada tanggal 30 Juni 2011 saya telah memposting  tulisan berjudul Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran, tapi sayang mungkin terlalu rumit untuk dilaksanakan, oleh karena itu saya membuat suatu aplikasi untuk menyederhanakan sehingga AR lebih mudah untuk digunakan Pembelajaran. Untuk saat ini hampir semua sekolah memiliki PC dan In Focus sehingga Alat Peraga dengan menggunakan Augmented Reality lebih tepat dan menarik bila dibandingkan dengan guru menggambar langsung pada papan tulis ataupun menggunakan cahrta. Dengan Alat Peraga menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) ini diharapkan proses belajar dan mengajar menjadi lebih menarik dan pada akhirnya proses pembelajaran berhasil. Aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin cara pemakaiannya sehingga guru di pelosok desa pun bisa menggunakannya. Apabila guru mempunyai kemampuan untuk membuat objek 3D mereka bisa menambahkan objek 3D pada Augmented Reality ini sesuai dengan apa yang diinginkan, tapi saya menyadari tidak semua guru mengerti cara membuat objek 3D oleh karena itu saya buatkan objek 3D sebanyak kutrang lebih 421 objek 3D yang dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Setelah Selesai di download Instal terlebih dahulu aplikasinya, Kemudian jalankan aplikasinya Langkah1 : Import File 3D mengimpor objek 3D dari File dengan Format rar yang sudah di download, caranya klik Tab Impor File, kemudian klik tombol Import Object 3D 1356945453604587863 Pilih Kelompok Objek 3D ( format Rar) yang sudah di downlad kemudian klik Open 13569455851680777640File Rar tersebut akan langsung di ekstrak pada folder yang ditentukan sistem 1356945662960543053Langkah 2 : Mencetak Marker, klik Tab Marker Kemudian klik tombol Cetak 13569459801762829807Klik tombol Print, semuanya ada 17 halaman sebaiknya dicetak pada kertas agak tebal 1356946065476139228Setelah selesai mencetak, sebaiknya keluar dulu dari aplikasi dengan mengklik tombol keluar 1356946127127823739Langkah 3: Setting Ulang Marker. Jalankan lagi aplikasi, klik tab marker, kemudian klik tombol Setting Ulang Marker 13569463201421565987Maka akan muncul Tampilan dibawah ini 13569463741535684993Tekan Enter 13569464101387036162Klik Tombol OK 1356948276436427051 Hadapkan marker ke WebCam bila sudah terlihat marker tersebut dibatasi garis berwarna hijau dan merah, klik gambar marker tersebut 1356946631233111225klik kemudian berinama setiap marker dibawahnya ada angka dari 01-99, bila yang dihadapkan ke web cam gambar 01 maka beri nama 01.patt, bila 02  ketik 02.patt dst kemudian tekan tombol enter 1356946750557930574lakukan berulang-ulang sehingga semua marker selesai di seting ulang, bila sudah selesai keluar dengan cara klik tombol x di kanan atas 13569483031077377624Langkah 4 :  Mengisi Database Klik Tab Pengaturan 1356947065398544533

  1. Klik Tombol Tambah 3D sehingga tulisan pada Tombol berubah menjadi Simpan
  2. Isi Nama AR misalnya Kerangka
  3. Pilih marker yang akan digunakan, catatan untuk nama AR yang sama tidak diperbolehkan menggunakan marker yang sama
  4. Pilih Kelompok Objek 3D
  5. Pilih Nama Objek 3D yang akan ditampilkan
  6. Transalasi, Rotasi dan scala untuk sementara bisa diabaikan, bisa diatur kemudian bila AUgmented Reality akan diatur ulang

13569473811634822156Klik tombol Simpan 1356947429578123145Pilih satu opsi dari 3 Opsi yang tersedia Langkah 5 : Menjalankan File AR

  1. Klik Tab Jalankan AR
  2. Pilih nama AR yang akan dijalankan
  3. klik Tombol buka

135694850536121190113569485421132050917Klik Tombol OK 13569485721191684562Tunggu Proses rendering 13569486191230760419Tampilkan marker ke depan Web Cam, dan ternyata objek 3D nya terlalu besar untuk menubah menjadi lebih kecil Klik Tab Pengaturan Klik nama file yang akan diubah ukurannya klik tombol ubah Ubah angka pada skala 135694876815190251901356948798806177343maka hasilnya sebagai berikut 13569488331736311909 Catatan : Langkah 1 sampai 3 hanya dilakukan sekali Untuk lebih jelasnya silahkan lihat VIDEO TUTORIAL nya SEMOGA BERMANFAAT

Wawan Supriadi

/wawan_supriadi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

LAHIR DI SUMEDANG TANGGAL 20 NOVEMBER 1966 -. PERNAH JADI GURU DI SMP DAN SMK SEJAK TAHUN 1988 SAMPAI TAHUN 2013. PROGRAMMER DI RSU KABUPATEN SUMEDANG - SENANG MEMPELAJARI SOFTWARE 3D ANIMATION E-Mail wulansoft.computindo@gmail.com Website :http://rsudsumedang.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?