Dongeng Pengantar Tidur

31 Januari 2014 09:04:48 Dibaca :

Pesona Menakjubkan: Irwan Thahir Manggala - Semua orang pasti pernah merasakan cerita donegng menjelang mengantar tidur. Saya punya beberapa buku cerita donegng pengantar tidur. Harga buku-buku cerita doengeng itu selain murah, praktis untuk menikmatinya. Sajian gambar seiring dengan tulisan pendek.

1. Timun Emas

2. Bawang Merah Bawang Putih

3. Kumpulan Kisah Abu Nawas

4. Malin Kundang Anak Durhaka

5. Kancil yang Cerdik dan Jenaka

6. Asal Mula Danau Toba

Masih ada buku lain yang bertema sama. Dua dari keenam buku dongeng itu belum kubaca, Malin Kundang Anak Durhaka dan Kumpulan Kisah Abu Nawas. Saya sudah membagikan cerita yang memberi nuansa pesan moral itu kepada anak-anak saya. Saya menceritakan sambil tetap memegang buku - sekalin memberi kesan kepada mereka agar tertanam minat dan gemar baca dan buku.

Daya Magis Cerita Dongeng

Kisah sepasang bersaudara Bawang Merah dan Bawang Putih sangat memberi contoh membangun sifat tamak, iri, mau menang sendiri. Pertemuan Bawang Putih dengan ikan kian memberi tumpukan rasa cemburu Bawang Merah. Perlakuan buruk dari Bawang Merah kian membuat posisi Bawang Putih merasa tersudut. Kesabaran Bawang Putih berbuah bonus istimewa dengan mendapat panengrean yang gagah - hingga dipasangkan sebagai permaisuri.

Begitu pula pesan singkat dari cerita Timun Emas. Timun Emas adalah seorang putri cantik yang berasal dari jelmaan buah timun - hasil perjanjian raksasa dengan seorang ibu di sebuah kampung. Isi perjanjian bila Timun Emas besar, akan dipersembahakn kepada raksasa sebagaian makanannya. Pada saat Timun Emas beranjak besar, si raksasa menuntut - sang ibu tidak tega melepasa anaknya kepada raksasa. Berbagai cara dan siasat, akhirnya Timun Emas bisa lolos dari raksasa. Dua cerita yang dibagikan kepada anak-anak sangat membantu pembekalan pesan moral.  

Pattunuang Asue 310114

Irwan Thahir Manggala

/wawabena

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Orang yang Sudah Mati Benar-benar Sudah di ALAM KUBUR . Semoga kita terhindar dari golongan orang yang SEMANGATNYA LAGI TERKUBUR.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?