Media

Analisis Situs Berita Online tempo.co

14 September 2017   10:51 Diperbarui: 14 September 2017   11:03 141 1 0

Tempo merupakan salah satu media massa skala nasional di Indonesia. Tempo memiliki platform media online dengan alamat website tempo.co. Dalam web tersebut, tempo.co sudah mengikuti aturan penulisan untuk web.

Tempo.co menuliskan berita secara singkat, sehingga tidak perlu menggunakan subjudul kecuali pada berita laporan investigasi. Selain itu, tempo.co juga menggunakan paragraf yang pendek pada setiap berita yang diterbitkan. Jumlah kata di setiap paragraf dalam berita tempo.co tidak lebih dari 100 kata. Jumlah kata yang tidak terlalu banyak pada setiap paragraf dapat membantu pembaca agar tidak terlalu lelah ketika membaca suatu berita. Selain paragraf yang pendek, adanya subjudul pada berita yang panjang, seperti dalam berita investigasi dapat menjadi jeda bagi pembaca agar tidak terlalu lelah ketika membaca berita tersebut..

Dalam laporan investigasi di web https://investigasi.tempo.co/, setiap satu judul berita bisa memuat 4-6 sub judul. Setiap judul dan subjudul yang dibuat oleh tempo.co sesuai dengan konten berita yang disampaikan. Judul dan subjudul yang dibuat oleh tempo ditulis menggunakan huruf tebal dan ukuran yang lebih besar. Penggunaan huruf tebal dan ukuran yang besar ini membantu mengarahkan mata pembaca dalam memindai berita sehingga pembaca bisa langsung mengetahui apa saja yang ada dalam berita tersebut.

Tempo menggunakan kalimat aktif dalam menuliskan berita. Tempo.co juga menyertakan link-link yang terkait dengan pemberitaan. Link-link tersebut ditulis menggunakan warna yang berbeda sehingga mudah untuk diketahui oleh pembaca yang akan membaca berita tersebut. Namun link yang disertakan dalam berita tersebut masih berupa link-link berita internal dari tempo. 

Belum ada link dengan berita dari media lain. Link-link yang masih bersifat internal ini dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pembaca pada web tempo.co. Namun, akan lebih baik jika menyertakan link dari web media lain, sehingga pembaca dapat memperoleh informasi dari media lain yang mungkin informasi tersebut belum diangkat oleh tempo.co.

Web tempo.co mudah untuk digunakan. Berita-berita dalam tempo.co dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori, seperti berita nasional, berita internasional, selebritis, teknologi, investigasi, dan berita yang berupa infografis, video, maupun foto-foto. Tempo.co juga menyediakan navigasi berupa kotak pencarian berita. Seseorang yang akan mencari berita dapat mengetikkan kata kunci dari berita yang ingin dicari tersebut pada kotak pencarian yang disediakan. Setelah itu akan muncul tampilan berita-berita yang terkait dengan kata kunci yang dicari.

Interaktivitas yang dilakukan oleh tempo.co berupa penyediaan kolom komentar di bawah berita yang diterbitkan. Namun dari 20 berita di berbagai kategori yang dibuka, tidak banyak komentar yang disampaikan, hanya ada beberapa komentar saja. Paling banyak komentar ada di berita intermezo yang masuk dalam kategori investigasi. 

Tempo.co juga memiliki platform berupa blog publik yang berguna bagi masyarakat untuk mengunggah berbagai informasi. Blog tersebut adalah indonesiana.tempo.co. Dalam indonesiana, pengguna bebas untuk menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan, ataupun menampilkan karya dalam bentuk tulisan, foto, audio, atau video sepanjang memenuhi ketentuan hukum dan norma yang berlaku.

Selain berita-berita berupa teks, tempo.co juga menyediakan berita dalam bentuk multimedia seperti video dan foto. Video dilengkapi dengan sedikit narasi di bawahnya.