Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Sudah Berapa Banyak "Cashback" Kamu Kumpulkan Selama Puasa?

24 Mei 2019   09:20 Diperbarui: 24 Mei 2019   09:45 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadan di Indonesia selalu disertai fenomena-fenomena. Pasar kaget, penjual dadakan, dan buka bersama alias "bukber" adalah sedikit contoh fenomena Ramadan yang selalu berulang dari tahun ke tahun. Tentu masih banyak lagi fenomena dan kebiasaan yang muncul setiap kali Ramadan tiba.

Tahun ini sebuah fenomena baru tampak dominan mewarnai Ramadan. Seiring tren transaksi pembayaran digital dengan uang elektronik seperti Go-Pay dan OVO, "cashback" menjadi kosakata yang sangat dikenal saat ini, terutama oleh kaum milenial.

Walau cashback juga populer dalam dunia belanja daring, tapi Go-Pay dan OVO telah membuat "cashback" menjadi fenomena tersendiri. Orang-orang sekarang menganggap "cashback" jauh lebih berharga dibanding diskon. Padahal, diskon dan "cashback" pada prinsipnya tak jauh berbeda, yaitu pengurangan jumlah atau harga yang harus dibayarkan.

Program "cashback" yang digelontorkan oleh Go-Pay dan OVO secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu berhasil mengubah "cashback" menjadi mantra yang sangat bertenaga. Hari ini kita menjumpai orang-orang lebih gembira melihat tulisan "cashback" dibanding "sale" atau "harga murah". Agak sulit dimengerti memang, tapi faktanya demikian.

dokpri
dokpri

Bagi banyak orang "cashback" telah menjadi salah satu faktor penentu ketika memutuskan: kapan sebaiknya belanja, di mana sebaiknya jajan, dan apa saja yang bisa dibeli. Semua itu kini melibatkan pertimbangan "cashback".

Tulisan "cashback" pada halaman muka aplikasi belanja daring dan pada kaca depan kedai makanan atau minuman mampu menyentuh dan bahkan memanipulasi relung psikologis konsumen. Sampai di sini, mesin konsumerisme tampaknya telah menemukan bahan bakar penggerak terbaiknya.

Kembali ke soal fenomena selama Ramadan. Bulan Ramadan kali ini seakan menjadi bulan "aji mumpung" bagi Go-Pay dan OVO untuk menguasai dan merebut pasar. Program "cashback" dari Go-Pay dan OVO tak mengenal jeda selama Ramadan dan dijumpai di banyak tempat dan daerah. Go-Pay sebenarnya sudah lebih dulu secara berkala mengumbar "cashback" lewat program "Gopaypayday".

Misi Go-Pay dan OVO bertemu dengan kebutuhan serta perilaku konsumen selama Ramadan. Hasilnya adalah apa yang disebut sebagai "demam cashback".

Tak dipungkiri saya termasuk yang merasakan efek dan keuntungan dari "demam cashback" selama Ramadan. Dari hari pertama Ramadan sampai hari ini sudah sebelas kali saya bertransaksi menggunakan dompet digital uang elektronik. Baik untuk berbelanja kebutuhan di supermarket, belanja di situs daring, membayar ongkos di bengkel, dan membeli makanan serta minuman berbuka puasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun