Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Sosbud Artikel Utama

Menghindari Tarif Taksi "Rentenir" Stasiun Yogyakarta

3 Juli 2018   09:17 Diperbarui: 3 Juli 2018   13:07 7816
Menumpang taksi reguler berargo dari Stasiun Yogyakarta pada Minggu (1/7/2018) siang (dok. pri).

"Sembilan puluh ribu", jawaban itu saya terima dari petugas konter/loket taksi di Stasiun Yogyakarta pada Minggu (1/7/2018) siang. Meski diucapkan dengan nada biasa, tapi mendengarnya saya buru-buru mengucap terima kasih dan berbalik badan.

***

Hari itu kereta api Fajar Utama yang saya tumpangi tiba di Stasiun Yogyakarta atau yang dikenal dengan Stasiun Tugu sekitar pukul 14.55 WIB. Setelah kereta api berhenti saya lalu berjalan menuju pintu keluar sisi barat.

Di sebuah kursi di depan kios-kios pada jalur menuju pintu keluar saya duduk sebentar dan membuka smartphone untuk memesan taksi online. Empat kali saya mencoba memesan lewat dua aplikasi taksi atau ojek online yang berbeda, tapi gagal mendapatkan driver. Cukup mengherankan karena di aplikasi terlihat banyak taksi online di sekitar stasiun.

Oleh karena gagal memesan taksi online saya mencoba menggunakan taksi konvensional. Maka berjalanlah saya menuju counter atau loket taksi Stasiun Yogyakarta. Penumpang yang turun di Stasiun Yogyakarta dan menuju pintu keluar barat pasti akan melewati loket taksi tersebut karena letaknya ada di dalam ruang tunggu dan hanya berjarak beberapa meter sebelum pintu keluar.

Tiba di depan meja loket saya segera bertanya ke seorang petugas yang melayani. Pertanyaan pertama saya dijawab bahwa taksi tidak menggunakan argo dan tarif ditentukan berdasarkan jarak dan tujuan. Setelah menyebutkan tujuan saya, petugas langsung menyebutkan "sembilan puluh ribu". Kunjungan saya di loket taksi itu pun saya akhiri. Tarif yang tidak masuk akal.

Pintu keluar barat Stasiun Yogyakarta (dok. pri).
Saya kembali ke tempat duduk sambil menyimpan penasaran bagaimana cara taksi tadi menghitung tarif. Ada rasa heran dari mana asalnya keluar tarif Rp90.000 untuk perjalanan dari stasiun ke kawasan UGM yang jika menggunakan taksi online tarifnya sekitar Rp20.000-Rp25.000.

Saya mencoba sekali lagi memesan taksi online melalui aplikasi. Tak mengapa nanti saya berjalan ke Jalan Pasarkembang yang biasa menjadi lokasi penjemputan transportasi online. Namun, upaya memesan taksi online kembali gagal. Permintaan saya di aplikasi tak menemukan driver yang menerima. Mungkin para pengendara taksi online sedang tidur siang semuanya.

Upaya memesan taksi online saya sudahi. Sementara taksi stasiun saya coret dari pilihan. Saya memutuskan memencet satu deret nomor pemesanan taksi konvensional. Tak lama saya menunggu, telepon saya diterima oleh seorang petugas. Saya sebutkan hendak memesan satu taksi untuk menjemput di Stasiun Yogyakarta. Jawaban yang saya terima agak mengejutkan, tapi juga melegakan.

Di ujung telepon petugas memberi tahu saya bahwa perusahaan taksinya memiliki pangkalan di dalam area Stasiun Yogyakarta. Saya juga diarahkan untuk menemukan lokasi pangkalan taksi tersebut. "Untuk taksi kami ada di sebelah al*amart. Bisa langsung ke pangkalannya, nanti ada petugas di bawah pohon mangga."

Taksi konvensional berargo dengan kode/nomor 373737 inilah yang saya naiki pada Minggu. Tarifnya lebih masuk akal dibanding taksi stasiun (dok. pri).
Saya kemudian keluar. Di depan pintu keluar pandangan saya arahkan ke minimarket yang dimaksud. Lokasi minimarket itu nyaris berhadapan dengan pintu keluar.