Program Rumah Murah dan 3 Kelebihannya

15 Juni 2017 07:51:17 Diperbarui: 15 Juni 2017 07:57:29 Dibaca : 10 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Beberapa tahun ini program sejuta rumah Perumnas yang telah dicanangkan oleh pemerintah sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya program ini, tentu masyarakat kelas menengah ke bawah bisa memiliki hunian nyaman yang harganya terjangkau. Mengingat rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi semua keluarga, program ini menjadi solusi terbaik bagi mereka yang belum mempunyai rumah sendiri.

Program sejuta rumah ini, bahkan bisa dicicil dengan angsuran yang disesuaikan penghasilan masyarakat. Perumahan yang dibuat pun tidak mengecewakan, tapi fasilitasnya justru memadai dan mendukung aktivitas sehari-hari yang dilakukan penghuninya kelak. Rumah-rumah tersebut memang dirancang berkonsep mixed-used. Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika mempunyai rumah melalui program yang dicanakan pemerintah!

  • DP atau uang muka terjangkau

Seperti biasanya, jika membeli rumah secara diangsur, pasti harus membayar uang muka atau DP (down payment) antara 1% - 10%. Untuk meringankan masyarakat, pemerintah memberikan bantuan uang muka senilai Rp 4 juta bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, tidak ada kendala besar untuk mewujudkan memiliki hunian nyaman.

  • Angsurannya ringan

Dalam mensukseskan program rumah subsidi, pemerintah menjalin kerja sama dengan bank untuk mengatur angsuran ringan agar tidak memberatkan. Anda bisa menyicil rumah mulai dari Rp 800 ribu/bulan selama 15 tahun. Meski jangka waktunya lama, tapi besar cicilan yang pas di kantong membuat Anda bisa menempati rumah sendiri.

  • Material berkualitas dan lokasinya strategis

Program sejuta rumah Perumnas ini dikelola oleh BUMN, sehingga selalu ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Karena itulah material yang digunakan untuk membangun perumahan atau apartemen berkualitas tinggi. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa bangunan dan mengamati desain rumah.

Untuk syarat mendapatkan rumah KPR subsidi simak infonya disini.

Pemerintah juga mempunyai tujuan khusus dalam menjalankan program ini yaitu agar masyarakat mudah melakukan aktivitasnya. Maka, tak heran kalau perumahan murah tersebut dibangun pada lahan yang luas dan didaerah yang strategis. Ini berarti dekat dengan layanan umum seperti dekat dengan rumah sakit, area perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.


KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL jakarta

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana