Mohon tunggu...
Waidjie S.
Waidjie S. Mohon Tunggu... -

Mengarang cerita fiksi di setitiktintawaidjie.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Novel| Bab 5 Babe

3 April 2017   10:56 Diperbarui: 4 April 2017   15:24 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Hari ini tanggal 12 April.

“Sebagai Hari Bawa Bekal Nasional,” ucap Kepala Sekolah pada pengumuman kemarin. “Paling banyak sampah dari botol air mineral, runner-up adalah kantong plastik.”

Untuk mengurangi sampah dari botol air mineral dan styrofoam, kantong plastik, SMA 13 menggalakkan reduksi sampah nonorganik. Kepala SMA 13 Taru berkata, “Kita harus terapkan zona sekolah sebagai tempat pertama yang mereduksi sampah. Anak-anak diharapkan bawa bekal mulai besok. Gunakan tempat atau rantang langsung dari rumah dan bisa digunakan berulang-ulang. Terapkan sekolah kita sebagai zerosampah nonorganik.”

Walaupun begitu sekolah tidak ada pelarangan untuk beli makanan di kantin. Dan kantin masih tetap berjalan sebagaimana sebelumnya.

“Ke depan mulai dari kita, sekolah, anak-anakku sekalian. Sedikit banyak perbuatan kita berpengaruh terhadap lingkungan. Kita juga salah satu masyarakat yang perlu menjaga lingkungan dan menjaga kesehatan anak-anak yaitu kalian.” Itu pidato pembuka hari bawa bekal nasional. Sekarang sekolah gencar berkampanye zero sampah nonorganik.

“Beberapa sekolah telah terapkan dari tingkat SD-SMP. Kita harus bergerak saat ini.”

Istirahat pertama Rara, Lolie dan Miranda janjian tidak pergi ke kantin barengan. Untuk pertama kali dalam urusan perut. Minggu lalu sepakat jika hari ini mereka membawa bekal dari rumah. Mereka mau coba praktekkan kampanye Babe.

Jelang istirahat pertama.

“Wah, bento!” seru Miranda sebelah Rara. “Asli bento Jepang gak sih?”

“Eng-gaklah. Ini hasil kreasi modifikasi dari mamaku, Mi. Mamaku beli buku bento (bekal) kurang dari 30 menit.”

“Hhm, sudah gede pakai bento-bentoan.”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun