Vincent Suriadinata
Vincent Suriadinata pelajar/mahasiswa

Aktif sebagai pengurus di Tim Kerja Misdinar Kevikepan Semarang dan Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan Keuskupan Agung Semarang. Kerabat Muda MSF. Taekwondoin & Hapkidoin!

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Bulan Kitab Suci Nasional 2013: “Keluarga Bersekutu dalam Sabda”

2 September 2013   21:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:28 1479 0 1

Bulan September dijadikan Gereja Katolik Indonesia sebagai bulan Kitab Suci Nasional. Pimpinan Gereja menganjurkan umat Katolik menjadi lebih akrab dengan Kitab Suci dengan berbagai cara, sehingga dengan demikian umat semakin tangguh dan mendalam imannya dalam menghadapi kerumitan dan kesulitan hidup dewasa ini.


Di setiap keuskupan dilakukan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan ini, mulai di lingkungan, wilayah, paroki, biara, maupun di kelompok-kelompok kategorial. Misalnya; lomba membaca Kitab Suci, pendalaman Kitab Suci di lingkungan, pameran buku, dan sebagainya. Terutama pada hari Minggu pertama bulan September, dirayakan hari Minggu Kitab Suci Nasional.


Dalam sub tema: "Keluarga Bersekutu dalam Sabda", segenap umat Katolik, baik anak-anak, para remaja, orang muda, maupun para orang tua, diajak untuk mengadakan sharing iman di tingkat kelompok guna membangun iman yang solid, matang, dan kreatif.  Melalui perjumpaan dengan tokoh-tokoh Kitab Suci, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, setiap umat diharapkan merefleksikan imannya dan menemukan cara yang memadai untuk menumbuhkan imannya dalam dunia yang sekuler, yang penuh dengan tantangan dan kesulitan.


Untuk itu, marilah di bulan Kitab Suci Nasional ini kita semakin memaknai isi dari Kitab Suci tersebut. Tidak hanya bagi umat Kristiani saja, tetapi bagi seluruh umat beragama untuk semakin mendalami Kitab Suci. Diharapkan hal ini tidak berhenti ketika bulan Kitab Suci Nasional sudah berakhir, melainkan menjadi suatu kebiasaan dalam hidup demi perkembangan dan pendewasaan iman.