Ekonomi

Garis Kemiskinan

11 September 2017   21:45 Diperbarui: 11 September 2017   21:46 282 0 0
Garis Kemiskinan
Sumber data: BRS kemiskinan Maret 2017

Ribut2 tentang garis kemiskinan (GK), apakah manusia bisa hidup dengan hanya membelanjakan 11 ribu - 12 ribu rupiah perhari? Kenyataannya, bisa..! bahkan 1 dari 10 orang Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Data Maret 2017 menunjukkan angka 10,64 persen. Itu jumlah yang banyak lho..

Jadi bayangkan kalo kita lagi jalan2 di pasar, 1 dari 10 orang di situ udah 5 tahun gak beli baju, pendidikannya rendah, kalo sakit dia gak berobat, tinggal menumpang di rumah yang gak layak, dan yang terpenting.. Makan dengan gizi seadanya, bahkan untuk kebutuhan energi sehari-hari aja masih kurang.

Jangan bayangkan kondisi Jakarta, apalagi membayangkannya pake kuota 200 ribu dan gadget harga 5 jt. Kemiskinan di Jakarta itu paling rendah se-Indonesia, hanya sekitar 3,77 persen. Intiplah kondisi di pulau terkaya di timur Indonesia, Papua dan Papua Parat. Di sana, 1 dari 4 penduduknya miskin. Jangankan utk beli pulsa, untuk bisa hidup sehat aja mereka kesulitan.

Sumber data: BRS kemiskinan Maret 2017
Sumber data: BRS kemiskinan Maret 2017

Jadi maunya gimana, GKnya direvisi supaya angka kemiskinan bisa lebih realistis? Bung..! Angka 12-10 persen itu aja sudah bertahan lebih dari 5 tahun lho.. Pemerintah masih kesulitan mengangkat perekonomian warganya untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar, sekedar untuk bisa beraktivitas..!

Iya, garis kemiskinan itu rupiah minimum yang dibutuhkan untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Kalo untuk memenuhi kebutuhan dasar dari seluruh warganya aja negara masih kesulitan, mau dikasih target apa lagi..? Wadeeww..

Udah deh.. Daripada ribut2 soal standar kemiskinan, mending kita fokus sm angka 10,64 persen itu. Mereka ada di sekitar kita lho.. Mereka butuh bantuan kita, mereka butuh pangan yang murah, mereka juga butuh fasilitas perumahan, pendidikan dan kesehatan yg berkualitas.

Hmm.. Apa lagi yang bisa kita lakukan selain ribut2 di medsos..?

...

[25/07/2017]