Mohon tunggu...
Muh Zainal
Muh Zainal Mohon Tunggu... Lainnya - Widyaiswara

Touring, Nulis dan Widyaiswara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran

5 Desember 2011   10:20 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:48 2958
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Lingkungan sebagai media pembelajaran

Pembelajaran yang efektif perlu di dukung oleh penggunaan media pembelajaran. Selain berfungsi sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar, media pembelajaran juga dapat menjadi alat bantu bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Untuk menigkatkan hasil belajar, maka media pembelajaran perlu dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, termasuk di dalamnya adalah media lingkungan sekitas sebagai media dan sekaligus sumber belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat para praktisi pendidikan menjadikan Lingkungan sebagai media dan sumber belajar para siswa dapat dioptimalkan dalam proses pengajaran untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa di sekolah. Sehingga siswa tidak hanya membayangkan satu obyek di pelajarinya, akan tetapi akan mengetahui wujud asli dari obyek yang dipelajari sehingga dapat lebih mengetahui dan memahami obyek tersebut. Menurut Arsyad (2002) prosedur belajar untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar ditempuh melalui beberapa cara antara lain survey, berkemah, karyawisata pendidikan,praktek lapangan,pelayanan pada masyarakat, manusia sumber. Dengan demikian secara umum media pembelajaan yang bersal dari lingkungan dapat berupa
lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan.

Pembelajaran yang menjadikan objek lingkungan sebagai media tentu membutuhkan perencanaan pembelajaran khusus, di mana terdapat beberapa hal yang perlu dipertibangkan termasuk kesesuaian tujuan pembelajaran yang akan di capai dengan lingkungan yang akan di survei atau dijadikan objek media pembelajaran. Disamping hal-hal tekhnis lainnya seperti jarak tempat objek yang akan di tuju, jumlah biaya yang digunakan, dan kemudahan menyiapkan akomodasi dan perlengkapan selama melaksanakan pembelajaran di lingkungan alam.

Misalnya pada pembelajaran yang menggunakan teknik karyawisata, maka terlebih dahulu ditetapkan jenis objek wisata yang akan digunakan. Dan jika memungkinkan, maka objek wisata terseut dapat memiliki beberapa jenis objek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Misalnya mempelajari tentang species kupu-kupu, maka siswa dapat diarahkan ke Bantimurung objek Wisata terbaik di sulawesi selatan yang memiliki koleksi kupu-kupu terbanyak di dunia. Biasanya pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menjadikan alam sebagai objek adalah pembelajaran Sains.

Agar penggunaan lingkungan sebagai media dan sumber belajar berhasil baik hendaknya dipersiapkan secara saksama melalui tiga tahapan kegiatan yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam setiap tahapan di atas hendaknya dilibatkan guru dan siswa sehingga semua kegiatan belajar dan pemanfaatan lingkungan belajar menjadi tanggung jawab para siswa itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun