Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran

05 Desember 2011 10:20:08 Dibaca :

Lingkungan sebagai media pembelajaran

Pembelajaran yang efektif perlu di dukung oleh penggunaan media pembelajaran. Selain berfungsi sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar, media pembelajaran juga dapat menjadi alat bantu bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Untuk menigkatkan hasil belajar, maka media pembelajaran perlu dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, termasuk di dalamnya adalah media lingkungan sekitas sebagai media dan sekaligus sumber belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat para praktisi pendidikan menjadikan Lingkungan sebagai media dan sumber belajar para siswa dapat dioptimalkan dalam proses pengajaran untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa di sekolah. Sehingga siswa tidak hanya membayangkan satu obyek di pelajarinya, akan tetapi akan mengetahui wujud asli dari obyek yang dipelajari sehingga dapat lebih mengetahui dan memahami obyek tersebut. Menurut Arsyad (2002) prosedur belajar untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar ditempuh melalui beberapa cara antara lain survey, berkemah, karyawisata pendidikan,praktek lapangan,pelayanan pada masyarakat, manusia sumber. Dengan demikian secara umum media pembelajaan yang bersal dari lingkungan dapat berupa
lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan.

Pembelajaran yang menjadikan objek lingkungan sebagai media tentu membutuhkan perencanaan pembelajaran khusus, di mana terdapat beberapa hal yang perlu dipertibangkan termasuk kesesuaian tujuan pembelajaran yang akan di capai dengan lingkungan yang akan di survei atau dijadikan objek media pembelajaran. Disamping hal-hal tekhnis lainnya seperti jarak tempat objek yang akan di tuju, jumlah biaya yang digunakan, dan kemudahan menyiapkan akomodasi dan perlengkapan selama melaksanakan pembelajaran di lingkungan alam.

Misalnya pada pembelajaran yang menggunakan teknik karyawisata, maka terlebih dahulu ditetapkan jenis objek wisata yang akan digunakan. Dan jika memungkinkan, maka objek wisata terseut dapat memiliki beberapa jenis objek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Misalnya mempelajari tentang species kupu-kupu, maka siswa dapat diarahkan ke Bantimurung objek Wisata terbaik di sulawesi selatan yang memiliki koleksi kupu-kupu terbanyak di dunia. Biasanya pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menjadikan alam sebagai objek adalah pembelajaran Sains.

Agar penggunaan lingkungan sebagai media dan sumber belajar berhasil baik hendaknya dipersiapkan secara saksama melalui tiga tahapan kegiatan yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam setiap tahapan di atas hendaknya dilibatkan guru dan siswa sehingga semua kegiatan belajar dan pemanfaatan lingkungan belajar menjadi tanggung jawab para siswa itu sendiri.

Muh Zainal

/uaksena

Black dan Red Maroon dua warna yang selalu ada disekitarku dan bahkan kadang menempel di badanku yang sudah mulai renta. Sebenarnya warna bagitu tak memiliki arti apa-apa, cuman terkadang dua warna ini membuat saya memandangnya lebih asyik. Sebenarnya aku dari segi usia sudah tua, lalu karena usia kemampuanku berteriak dengan suara lantang juga berkurang, hingga sekarang belajar berteriak melalui tulisan (ini juga saran dari teman). Akhirnya beginilah akhirnya.. menulis apa saja, meski kadang sulit dipahami tapi yang penting nulis aja.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?